Ruangguru Blog

    Ini Dia 5 Profesi Impian Generasi Milenial

    By Ruangguru · Jul 17, 2017

    Setelah lulus dari Universitas atau SMA, pasti Smart Buddies bermimpi untuk bisa bekerja dan menjadi mandiri. Tentunya, masing-masing dari kalian juga mempunyai passion dalam memilih profesi atau melakukan suatu pekerjaan. Nah, sebagai generasi yang disebut sebagai ‘milenial’, pola atau jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sangat berbeda dan lebih beragam dibandingkan dengan generasi sebelumnya lho.

    Di era kekinian seperti sekarang ini, profesi tidak hanya digunakan untuk mengisi dompet saja melainkan juga sebagai identitas diri. Bangga kan jika pekerjaan kamu ternyata lagi hits di kalangan anak muda. Nah, kali ini Ruangguru akan berbagi 5 profesi yang kini menjadi impian dari generasi milenial Indonesia. Apa saja? Simak berikut ini.

    1. Selebgram

    generasi milenial - Gita Savitri, salah satu selebgram Indonesia Gita Savitri, salah satu selebgram Indonesia (Sumber: instagram.com)

    Selebgram merupakan singkatan dari selebritis Instagram. Istilah ini ditujukan untuk para pengguna akun Instagram yang terkenal di situs tersebut. Well, dengan menjadi terkenal pastinya ada beberapa keuntungan yang didapatkan. Salah satu keuntungan dengan menjadi selebgram adalah kamu bisa mendapatkan banyak endorsement dari berbagai macam merek atau toko online. Lalu, bagaimana ya caranya supaya bisa menjadi selebgram?

    Biasanya seorang selebgram bisa mempunyai banyak followers dikarenakan foto atau video yang mereka unggah di akun mereka sangat menarik dan banyak disukai oleh para pengguna Instagram lainnya. Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi selebgram, mulailah dengan mengunggah foto menarik dengan ciri khas kamu sendiri ya.

    2. Youtuber

    generasi milenial - Fathia Izzati dan Agung Hapsah, contoh youtuber Indonesia Fathia Izzati dan Agung Hapsah, contoh youtuber Indonesia (Sumber: youtube.com)

    Profesi yang satu ini memang sedang hits ya saat ini. Seseorang dapat dikatakan disebut youtuber saat ia menggunakan Youtube sebagai media untuk berbagi video tentang dirinya atau hasil dari kreativitasnya. Menjadi seorang youtuber juga menjanjikan dari segi penghasilan lho. Biasanya seorang youtuber memperoleh uang dari iklan Google Adsense yang dilihat oleh para pengguna internet. Selain itu, kamu juga dijamin akan terkenal dan bisa juga menjadi influencer bagi banyak orang. Jadi, perhatikanlah konten yang kamu unggah ke akun Youtube kamu ya. Jangan sampai kamu memberikan contoh yang buruk dalam konten-konten videomu.

    3. Blogger

    generasi milenial - Raditya Dika sukses memulai karirnya dari menulis blog Raditya Dika sukses memulai karirnya dari menulis blog (Sumber: liputan6.com)

    Blogger merupakan sebuah istilah untuk menyatakan seseorang yang punya blog di internet. Nah, melalui blog-nya itulah, ia biasanya membagikan segala keseharian hidupnya atau juga hobi serta kreativitasnya melalui tulisan. Menjadi blogger juga bisa menghasilkan uang lho. Contohnya dengan menampilkan iklan di blog, dengan menjual produk di blog, menjual jasa lewat blog atau bahkan dengan membukukan blog kita. Kamu tahu Raditya Dika? Yap, sebelum menjadi penulis dan sutradara terkenal seperti sekarang ini, Radit merupakan seorang blogger lho.

    Dalam menulis sebuah blog, sebaiknya tentukan tema dari blog pribadi kamu. Kalian bisa menulis tentang fashion, travel, makanan, atau yang lainnya, tergantung pada hobi dan keunggulan kalian.

    4. Bikin Startup

    generasi milenial - Membuat startup menjadi pilihan untuk generasi milenial Membuat startup menjadi pilihan untuk generasi milenial (Sumber: shutterstock.com)

    Untuk kamu yang mempunyai modal dan cita-cita menjadi seorang pengusaha, profesi yang satu ini bisa menjadi pilihanmu. Dibanding bekerja dengan orang lain, lebih baik mulai kembangkan usahamu dan ciptakanlah lapangan kerja sendiri. Jenis startup yang banyak digemari oleh anak muda saat ini adalah kafe. Bisa itu sekedar tempat untuk ngopi atau nongkrong, hingga tempat yang menjual makanan sehat. Selain itu, startup yang berbasis online juga sangat diminati lho. Tertarik mencoba?

    5. Makeup Artist

    generasi milenial - Makeup artist Makeup artist (Sumber: ogleschool.edu)

    Kamu penggemar makeup? Nah, profesi yang satu ini mungkin cocok untuk kamu. Jika dulu mencari makeup artist hanya dari mulut ke mulut saja, sekarang kita bisa lebih mudah menemukan makeup artist hanya dengan meng-klik hashtag di Instagram. Untuk menjadi seorang makeup artist di era sekarang ini juga cukup mudah lho. Kamu bisa mengunggah hasil dari karya makeup-mu ke media sosial dan orang yang tertarik bisa langsung menghubungi. Untuk berkarir sebagai seorang makeup artist juga tidak diperlukan sekolah khusus, karena kamu bisa mempelajari teknik-teknik dasar makeup dari tutorial-tutorial yang sudah banyak beredar di internet. Tertarik untuk menjadikan hobimu sebagai pekerjaan?

    Bagaimana Smart Buddies? Apapun profesi yang kalian pilih untuk karir  ke depan, pastikan sesuai dengan passion dan hobi kalian ya. Jangan sampai profesi yang kalian pilih membuat stres dan tidak bahagia. Good luck! (SA/DR)

    Share this:

    Tags: fun facts, Profesi impian, Generasi milenial

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!