Ruangguru Blog

    Ini Dia 7 Kebiasaan Para Guru Sukses!

    By Ruangguru writer · Jul 14, 2017

    Profesi guru sebagai pendidik memegang peranan penting terhadap perkembangan murid-muridnya. Di sekolah, selain mengajar, Bapak/Ibu guru juga menjadi orang tua dari para muridnya. Setiap guru pasti berkeinginan untuk menjadi guru yang baik dan sukses. Kali ini, Ruangguru memberikan tips 7 kebiasaan para guru sukses. Mari kita simak!

    1. Menggunakan berbagai metode mengajar

    Murid akan cepat bosan jika Bapak/Ibu guru mengajar dengan gaya monoton. Sehingga, sangat penting untuk mencoba berbagai metode mengajar yang disesuaikan dengan tiap materi pembelajaran. Apalagi, setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Jika guru hanya menggunakan satu jenis metode mengajar, siswa yang tidak cocok bisa terus-menerus mengalami kesulitan dalam memahami materi. Untuk lebih lengkapnya Bapak/Ibu guru juga dapat melihat referensi dari artikel ini.

    2. Membangun kedekatan dengan tiap murid

    Guru sukses - dekat dengan murid Dekat dengan murid adalah salah satu kebiasaan para guru sukses (Sumber: nachhlife-factory.com)

    Hubungan antara guru dan murid sangat penting untuk dibangun. Sekarang bukan lagi zamannya ada gap yang besar dan kaku antara guru dan murid. Bapak/Ibu guru dapat mengikuti perkembangan-perkembangan yang sedang terjadi di kalangan murid sehingga bisa nyambung saat berdiskusi dengan mereka. Jika murid merasa nyaman dan merasa dekat dengan Bapak/Ibu guru, mereka akan merasa lebih santai dan senang saat belajar.

    3. Memiliki tujuan yang jelas

    Seorang guru harus memiliki tujuan yang jelas dalam mengajar. Akan berbeda hasilnya jika seorang  guru mengajar hanya sebagai pekerjaan dan mencari penghasilan dengan guru yang memang memiliki visi untuk mengajar penerus bangsa ini. Sikap guru yang tidak memiliki tujuan itu akan berimbas juga pada hasil pembelajaran siswa yang tidak terarah. Tentukanlah rencana pembelajaran yang jelas dan sampaikanlah kepada para murid agar mereka pun mengetahui apa saja yang akan dipelajari.

    4. Tidak pernah lelah untuk terus belajar

    Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dengan pesat. Bapak/Ibu guru pun harus terus belajar untuk mengembangkan pengetahuan seiring perkembangan zaman. Apalagi saat ini informasi sangat mudah untuk diperoleh murid. Jangan sampai Bapak/Ibu guru yang malah ketinggalan informasi. Demikian pula halnya dengan pemanfaatan teknologi terkini, gunakanlah sebagai penunjang kegiatan pembelajaran murid.

    5. Jadilah seperti penyiram tanaman

    Guru sukses - murid aktif (Sumber: businesscatalyst.com)

    Jadilah seorang guru yang dalam mengajar murid seperti menyiram tanaman, bukannya menuang air di dalam gelas. Tanaman memiliki potensi untuk tumbuh sendiri sedangkan gelas hanya bisa terisi jika ada yang mengisi. Artinya, jadikanlah murid sebagai subjek pembelajaran, bukan hanya sebagai objek. Dengan demikian, murid akan terbiasa menjadi pembelajar yang aktif, kreatif, dan mandiri.

    6. Terus bersemangat

    Apakah Bapak/Ibu guru pernah menghadapi situasi saat para murid tidak bersemangat di waktu belajar? Jangan buru-buru menyalahkan mereka, tetapi coba cari tahu dulu mengapa hal tersebut terjadi. Jangan-jangan hal itu karena Bapak/Ibu sendiri tidak tampak bersemangat saat mengajar. Suasana hati guru sangat berpengaruh saat di dalam kelas. Oleh karena itu, menunjukkan rasa semangat dan antusias saat mengajar adalah suatu keharusan.

    7. Meminta feedback dari murid

    Guru sukses (Sumber: huffingtonpost.com)

    Hal ini penting dilakukan setiap akhir semester. Mintalah kritik, saran, dan pendapat mereka mengenai cara Bapak/Ibu guru mengajar. Dengan begitu, Bapak/Ibu guru dapat terus memperbaiki teknik mengajar agar semakin membaik.

    Begitulah kebiasaan-kebiasaan para guru sukses yang dapat dicoba. Kalau Bapak/Ibu guru tahu kebiasaan sukses lainnya, silakan share di kolom komentar, ya! (NF/DR)

    Share this:

    Tags: fun facts, guru

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!