NO MORE SKS! Inilah 7 Cara Belajar Agar Sukses Ujian Tanpa Perlu Begadang | Blog Ruangguru

NO MORE SKS! Inilah 7 Cara Belajar Agar Sukses Ujian Tanpa Perlu Begadang

Siapa di antara kalian yang masih suka menggunakan cara belajar Sistem Kebut Semalam (SKS) ketika ujian menjelang? Well, untuk beberapa orang yang mengaku tipe procrastinator, cara ini dianggap ampuh. Namun, jika ditelusuri lebih dalam, ternyata SKS justru merugikanmu lho. Saat hari H, kamu tidak akan memulai ujian dengan otak yang fresh karena kelelahan dipaksa berpikir semalaman. Hal ini turut memengaruhi kesehatanmu, bukan?

Mengantuk saat di kelas akibat begadang

Mengantuk saat di kelas akibat begadang. (Sumber: hubspot.com)

Ingin ujianmu sukses dengan nilai membanggakan? Ruangguru beberkan 7 cara belajar agar sukses ujian tanpa perlu begadang semalam suntuk. Simak terus ya!

1. Mendengarkan guru/dosen

Memerhatikan saat guru/dosen menjelaskan

Memerhatikan saat guru/dosen menjelaskan. (Sumber: cdn.com)

Kalau mau menghindari SKS, dilarang keras bersikap cuek. Kamu wajib memerhatikan ketika guru/dosen sedang memberi penjelasan dalam kelas. Psst, biasanya yang dipaparkan secara lisan tidak ada di buku lho, dan keluar ketika ujian. Pernah nggak mendengar guru/dosenmu mengatakan “Materi ini pernah bapak/ibu sampaikan secara langsung di kelas minggu lalu,”. Oleh sebab itu, kamu pun sebaiknya mencatat poin-poin penting, kemudian membuat rangkuman khusus. Nantinya, rangkuman ini tentu lebih mudah dibawa ke mana-mana daripada buku tebal, kan? Pun ketika mencatat rangkuman, kamu berarti menuliskan kembali, bukan? Cara ini juga akan membuat materi lebih “nempel” di otak lho.

2. Baca ulang

Membaca ulang ringkasan

Membaca ulang ringkasan. (Sumber: cloudfront.com)

Setelah itu, luangkan waktu sekitar 10-15 menit sehari untuk membaca ulang rangkuman yang telah kamu tuliskan. Kamu harus melakukannya secara rutin. Mungkin di awal kamu agak sulit memulai kebiasaan ini. Namun, perlahan pasti bisa kok, smart buddies. Dengan cara ini, kamu berarti sudah menyicil belajar materi setiap harinya. Tentu lebih ampuh dibanding memaksakan otak untuk bekerja semalam suntuk.

3. Aktif

Aktif dalam kelas.

Aktif dalam kelas. (Sumber: healthyteennetwork.com)

Keaktifan kamu di kelas juga sangat berpengaruh. Maksudnya bukan “cari muka” di depan guru/dosen lho ya. Jika ada guru/dosen yang bertanya di kelas guna me-review materi yang telah disampaikan, cobalah untuk menjawab. Setidaknya, kalau kamu sudah membaca atau merangkum sebelumnya pasti ada yang nyangkut di otak (walau sedikit).

Aktif dalam diskusi kelompok

Aktif dalam diskusi kelompok. (Sumber: ccrscenter.com)

Selain itu, turut ambil bagian saat diskusi kelompok. Saat diskusi maka akan terjadi brainstorm. Kamu bisa bertukar pikiran, ide, gagasan, dan pengetahuan dengan teman-temanmu. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami materi pelajaran yang menjadi topik diskusi. Bahkan, karena dibahas secara mendalam dan kamu berkontribusi nyata di dalamnya, materi tersebut akan terpatri dengan indah dalam ingatan. Uhuy~

4. Tanya-jawab

Minta tolong ibu untuk sesi tanya-jawab

Minta tolong ibu untuk sesi tanya-jawab. (Sumber: healthyteennetwork.com)

Manfaatkan hasil catatanmu (rangkuman) menjadi bahan tanya-jawab. Minta tolong kepada orang tua, kakak, atau teman-temanmu untuk membuat pertanyaan. Pada sesi ini, kamu akan berusaha mengingat-ingat materi pelajaran agar dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Setelah selesai, semua pertanyaan dan jawaban itu akan terekam dengan baik di otakmu. Well, siapa tahu salah satu dari pertanyaan yang dilontarkan akan keluar saat ujian, kan?

5. Mnemonic (Jembatan keledai)

Ketika belajar, coba gunakan jembatan keledai. Metode ini akan mempermudahmu dalam mengingat materi yang sifatnya hafalan. Selain itu, kreativitasmu pun dijamin terasah. Penggunaan jembatan keledai ini berdasarkan asumsi bahwa otak manusia terdiri dari dua jenis, yaitu alami dan buatan. Ingatan alami merupakan bakat sejak lahir dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan buatan, dibentuk dengan belajar dan dapat dilatih.

Membuat jembatan keledai

Membuat jembatan keledai. (Sumber: fluentu.com)

Metode ini bisa digunakan untuk mengingat daftar yang panjang dan sulit diingat dengan ingatan alami. Beberapa di antaranya, tabel unsur periodik Kimia, rumus Matematika, taksonomi, dan sebagainya. Caranya, singkat poin-poin materi yang akan dihafalkan dengan mengambil satu huruf atau suku kata terdepan. Contoh:

Materi Alkali Tanah:

Be – Mg – Ca – Sr – Ba – Ra

Maka, jembatan keledainya adalah: BEmo MoGok CAri SeRep BAn RAdial

Atau, BEbek ManGan CAcing SeRet BAnget RAsane.

Intinya, buatlah singkatan yang unik dan mudah diingat.

6. Bersahabat dengan soal

Bagaimana caranya agar terus mengingat materi tanpa harus bolak-balik baca buku? Jawabannya adalah banyak latihan soal. Membayangkan soal, langsung bikin ngantuk dan pusing ya?

Eits, siapa bilang mengerjakan latihan soal itu membosankan? Hmm, kamu ketinggalan zaman nih nampaknya. Kini, latihan soal bisa kamu kerjakan layaknya bermain game. Tidak percaya? Coba kerjakan di RuangLatihan by Ruangguru deh. Bisa diakses di HP lho melalui Aplikasi Ruangguru. #BelajarJadiMudah karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

NO SKS - Ruanglatihan

Kamu bisa menantang dirimu dengan berbagai topik dan tingkat kesulitan. Latihan soalnya sambil berkeliling Indonesia lho, dari Danau Toba sampai Gunung Jayawijaya. Nah, sambil keliling Indonesia, kamu bisa sambil mengumpulkan poin dan monster. Selain itu, tersedia pembahasan soal yang komprehensif dan analisis hasil latihan. Seru banget, kan? Yuk, download di bit.ly/rgappandroid atau bit.ly/rgappios sekarang. GRATIS!

7. Kriteria penilaian

Guru memberi penilaian

Guru memberi penilaian. (Sumber: hubspot.com)

Setiap guru/dosen punya syarat dan kriteria tersendiri dalam memberikan penilaian. Kalau ingin nilai ujianmu sempurna, maka kamu wajib tahu kriteria yang diterapkan oleh guru/dosen tersebut. Jangan lupa perhatikan presensi, jadwal pengumpulan tugas, hingga bobot nilai. Misalnya presensi 20%, UTS 30%, dan UAS 60%. Dari sini kamu pun tahu bagian mana saja yang harus kamu kejar agar mendapat nilai sempurna di mata kuliah tersebut.

Itulah ketujuh kiat yang bisa kamu lakukan agar sukses ujian dengan nilai gemilang. Jangan lupa selalu melakukan evaluasi seusai ujian dan diskusikan dengan teman atau guru/dosen. Dari sanalah kamu bisa tahu di mana letak kesalahanmu. Kalau sudah tahu, jangan diulangi lagi ya.

Nah, dari ketujuh cara belajar di atas, mana saja yang sudah pernah kamu lakukan? Menurutmu, manakah yang paling efektif? Punya cara belajar sukses ala dirimu sendiri? Share di kolom komentar ya! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

13 Responses

  1. Nurul Fhaika says:

    Klu menurut sy cara belajar paling efektif itu dengan cara mengulang2 pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah. Jadi,setiap malam kita harus ngereviww semua oeljaran sehingga mudah diingat dan diserap

    • Ziyantifani says:

      Kalau menurut saya cara itu kurang ampuh , karena hal itu merupakan STM (SHORT TERM MEMORY) .,. Mungkin kakak visual kinetik ya , soalnya cara belajarnya gitu

    • Romano says:

      Kalau saya sebagai anak yang sangat lemah daya hapalnya, memilih setiap hari dibaca, saya tidak punya pikiran untuk dihafal karena setiap ingin dihafal malah tidak hafal, kalau dibaca setiap hari rasanya audah ngeuasai sendiri

  2. Dewi says:

    Kalau saya di baca ulang, tanya jawab dan menghafalkan dikit dikit

  3. Eleonora M.G says:

    Intinya teruslah belajar dan sesuaikan dengan tipe belajarmu apakah termasuk visual, auditori atau kinestik, pilih waktu belajar yang nyaman bagimu untuk belajar, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tapi masih banyak lagi dan diatas sudah termasuk benar. Thanks artikelnya.

  4. Arik R says:

    Yang paling penting adalah PAHAM materinya. Jangan hanya menghapal saja tapi tidak mengerti materinya karena jika sudah paham akan lebih mudah menghapalnya.

  5. Ebisl says:

    Sangat bermanfaat, terimakasih LINE! ❤️

  6. ayu lisda marpaung says:

    sangat bermanfaat bgt terimakasih line

  7. Rizka Putri says:

    kalau aku bljrnya harus pake soal 😂

  8. Ryzka says:

    Kalau gw sih bisanya belajar dengan cara mengulang atau mempelajari kembali apa yang ibu guru sampeikan disekolah jadi pada saat mau melaksanakan ujian tidak terlalu berat lagi buat menghapalnya kan udah sering diulang2

  9. Aditya10 says:

    -Review
    -Mnemonic
    -Aplikasi soal rutin dan variatif
    Singkat tapi ampuh👍

  10. angela rosa says:

    cara blajae mah emang beda beda, sesuai kesenengan juga. kalo suka nnyanyi coba nyanyiin inti mapelnya, kalo suka nulis coba inti mapelnya dibikin jadi cerita, kalo suka gambar coba inti mapelnya dibuat animasi

    yang penting lagi waktu belajar, mata gak bolwh ngantuk dan harus niat…ingatlah, bahwa niat memgawali semuanya

  11. menye says:

    cara blajar mah emang beda beda, sesuai kesenengan juga. kalo suka nnyanyi coba nyanyiin inti mapelnya, kalo suka nulis coba inti mapelnya dibikin jadi cerita, kalo suka gambar coba inti mapelnya dibuat animasi

    yang penting lagi waktu belajar, mata gak bolwh ngantuk dan harus niat…ingatlah, bahwa niat memgawali semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.