Ruangguru Blog

    Inilah Sosok Guru Terbaik di Dunia, Hanan Al Hroub

    By Ruangguru · Oct 7, 2016

    Menurutmu guru terbaik itu seperti apa sih sosoknya? Penyabar, berpikiran terbuka, santai, atau jarang memberi tugas? Nah, kamu perlu kenalan nih dengan seorang wanita yang dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia. Bayangkan betapa bangganya karena rekor dunia berhasil ia taklukkan.

    terbaik di dunia Foto: cdn.com

    Hanan Al Hroub, seorang guru Palestina yang berhasil menyabet penghargaan guru terbaik dalam ajang Global Teacher Prize. Penghargaan ini diadakan oleh  “James Varkey” International Foundation, yayasan sosial milik perusahaan pendidikan internasional, GEMS. Tujuannya adalah meningkatkan status profesi guru. Lebih dari 8 ribu orang lho yang memperebutkan pengharagaan ini! Kira-kira, apa yang membuatnya dinobatkan sebagai guru terbaik sedunia?

    Ternyata, ia dinilai berjasa mengajarkan prinsip anti kekerasan pada generasi muda Palestina. Wanita berusia 43 tahun ini tumbuh besar di kamp pengungsi Palestina dekat Betlehem. Kesehariannya dijalankan untuk menjadi pengajar bagi para pengungsi. Keputusan untuk mengajar diambilnya setelah anak didiknya melihat penembakan pulang sekolah. Dari sana, ia berpikir mencari jalan keluar agar guru dapat membantu anak-anak yang mengalami trauma. Tak heran jika ia ahli menangani anak-anak yang menderita trauma kekerasan.

    terbaik di dunia Foto: sputniknews.com

    Ia berhasil memenangkan babak akhir kompetisi ini melalui inovasi kreatif dalam metode pengajarannya. Hroub menggunakan teknik bermain melalui cara-cara sederhana sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan mengubah perilaku anak. Ia juga membangun kepercayaan bersama dengan para peserta didik, serta menanamkan nilai-nilai moral sebelum pengajaran dimulai.

    terbaik di dunia Foto: globalresearch.com

    Dalam pidato kemenangannya, ia menyampaikan bahwa sosok guru bisa mengubah dunia. Ia pun menambahkan "Saya bangga menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di atas panggung ini,". Guru yang memiliki slogan "No to violence" ini mengajar anak-anak mengenai non-kekerasan. Ia pun telah menulis buku berjudul 'We Play and Learn' , yang memusatkan perhatian pada pentinganya bermain, kepercayaan, rasa hormat, kejujuran, dan melek huruf.

    terbaik di dunia Foto: unrwa.org

    Psst, penghargaan ini ia raih di tengah-tengah kondisi Palestina dan Israel bersitegang. Uang senilai 1 juta dolar sebagai hadiah dari prestasinya tersebut pun dialokasikan untuk membantu para siswanya. Ia bersaing dengan 10 kandidat dari negara Pakistan, India, Inggris, Australia, Kenya, Finlandia, Jepang dan dua guru dari Amerika Serikat.

    Kalau kamu, siapa menurutmu guru terbaik versimu? Atau bagi kamu yang berprofesi sebagai guru, sudahkah kamu jadi guru terbaik? Selamat berinovasi! (TN)

    Share this:

    Tags: inspirasi, Internasional, Tokoh, Berita

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!