Ruangguru Blog

    Meskipun Tidak Ada dalam Daftar SBMPTN, Institut Seni Indonesia itu Negeri Lho!

    By Ruangguru · Jul 13, 2016

    Halo teman-teman yang masih berpetualang mencari kampus! Ruangguru.com ingin memberi informasi mengenai salah satu universitas negeri di Indonesia yang tidak diduga. Kenapa? Kebanyakan orang tidak tahu bahwa kampus ini adalah negeri karena tidak ada di list SBMPTN. Eits, tidak ada di list SBMPTN bukan berarti tidak bagus ya. Justru kampus ini unik sekali. Kira-kira kampus apa ya? Simak yuk!

    Institut Seni Indonesia Foto: brightside.com

    Institut Seni IndonesiaYogyakarta Foto: likewith.me

    Institut Seni Indonesia Foto: likewith.me

    Wah, keren sekali ya hasil-hasil karya di atas. Ingin belajar membuatnya? Kamu wajib baca artikel ini.

    Ada yang tahu Institut Seni Indonesia atau dikenal dengan ISI? Well, pecinta seni biasanya tahu nih. Kampus ini merupakan lembaga pendidikan tinggi seni negeri yang statusnya perguruan tinggi penuh. Kampus yang merupakan perguruan tinggi seni terbesar dan terbaik di Indonesia ini dibentuk atas Keputusan Presiden RI No: 39.1984 pada 30 Mei 1984. Kemudian, pada 23 Juli 1984 diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto.

    Institut Seni Indonesia Yogyakarta Foto: merdeka

    Meskipun usianya sebagai institut tergolong muda, namun beberapa perguruan yang merupakan komponen pembentuknya sudah lama berkiprah dalam perkembangan seni tanah air. Juga, banyak menghasilkan seniman dan profesional yang tersebar di berbagai fungsi, profesi dan keahlian baik dalam maupun luar negeri. Kampus seni ini dibentuk berdasarkan gabungan dari Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia "ASRI", Akademi Musik Indonesia "AMI" dan Akademi Seni Tari Indonesia "ASTI".

    Institut Seni Indonesia Yogyakarta Foto: isi.ac.id

    ISI Yogyakarta merupakan salah satu dari empat perguruan tinggi negeri yang ada di kota pelajar ini. PTN lain diantaranya:

    • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    • Universitas Gadjah Mada
    • Universitas Negeri Yogyakarta

    Apa saja yang ditawarkan-107

    MONSTERS (1)

    Sedangkan untuk program pascasarjana yaitu:

    • Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni
    • Magister Penciptaan & Pengkajian Seni
    • Magister Tata Kelola Seni

    Apa saja yang ditawarkan-108

    ISI Yogyakarta bersama beberapa kampus negeri lain diberi kewenangan khusus untuk membuat tes mandiri dengan nama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Kampus ini lebih mengedepankan seleksi minat dan bakat melalui tes praktek. Pendaftaran tes PMB dapat dilakukan secara online di http://pmb.isi.ac.id/. Tes PMB meliputi tes praktik dan wawancara, langsung di kampusnya ya. 

    Institut Seni Indonesia

    Tes praktiknya ini berbeda-beda tergantung pada jurusan. Untuk jurusan Seni Musik misalnya, kamu diminta untuk memainkan satu alat musik pilihan sambil membaca partitur. Kamu juga akan menghadapi tes solfegio untuk mengecek buta nada. Kalau desain interior, biasanya menggambar perspektif sebuah ruang. Bisa ruang makan, tidur, aula, dan macam-macam yang setiap tahunnya berbeda. Bebas menggunakan cat air, pensil warna, dan sebagainya. Contoh lainnya, yaitu jurusan televisi. Umumnya, ujian praktiknya adalah menggambar storyboard rancangan adegan, atau membuat video dokumenter sederhana. Kamu bisa meliput suasana seitar kampus, tapi tanpa diedit ya. Kemudian, ada pula tes apresiasi karya video yang akan diputarkan oleh panitia. 

    Institut Seni Indonesia Foto: yaoduly.com

    Nah, sebelum menjalani serangkaian ujian praktik tersebut, kamu harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Jika selama ini kamu merasa skill melukismu kurang, seringlah berlatih. Pertajam kemampuan bermain musikmu dengan rajin mempraktikannya. Kalau perlu, gunakan jasa guru privat agar kamu dapat diarahkan dengan lebih fokus. Apabila kamu kesulitan mencari guru privat di bidang seni, coba kunjungi situs ruangguru.com deh. Di sana tersedia banyak pilihan guru yang berkualifikasi untuk membimbing kamu dengan baik.

    Apa saja yang ditawarkan-109

    Institut Seni Indonesia Foto: pinterest

    Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kaya budaya memiliki Taman Budaya, Sekolah Menengah Kejuruan Kesenian, Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) Kesenian, serta banyak sanggar seni. Dengan begitu, ISI Yogyakarta tidak hanya memperoleh manfaat dari lingkungan seni budaya yang kaya. Tapi juga memiliki peran serta dalam mengembangkan dan membina kehidupan seni di Indonesia.

    Di kampus ini, mahasiswa fokus dididik untuk menjadi seniman, atau pekerja seni seperti desainer, editor, kurator, fotografer, dan lainnya. Namun bukan berarti lulusan ISI tidak bisa bekerja di profesi lain lho.

    Institut Seni Indonesia

    Institut Seni Indonesia Sumber: harga.web.id

    Ingin mendalami kecintaanmu pada dunia seni dan juga kuliah di perguruan tinggi negeri? Kampus ini bisa jadi rekomendasi yang menarik lho! Selamat mencoba dan semoga berhasil! :)

    Share this:

    Tags: Profil Kampus, Rekomendasi, study tips

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!