Istilah Bahasa Indonesia Ini Bisa Ditemukan Juga dalam Bahasa Inggris, Lho! | Blog Ruangguru

Istilah Bahasa Indonesia Ini Bisa Ditemukan Juga dalam Bahasa Inggris, Lho!

Smart buddies, pernah dengar tentang etimologi? Etimologi adalah ilmu yang membahas asal-muasal kata. Istilah dalam berbagai bahasa di dunia biasanya berasal dari satu sumber yang sama, seperti bahasa Latin. Kata yang berasal dari bahasa lain sendiri disebut kata serapan.

Bahasa Indonesia umumnya terdiri dari banyak kata serapan, entah dari Bahasa Belanda, Jepang, atau Inggris. Tapi ada juga, lho, istilah bahasa Indonesia yang sama persis dengan bahasa Inggris, baik dari bentuk atau maknanya. Lima di antaranya adalah:

istilah bahasa indonesia - Ruangguru

istilah bahasa indonesia - Data

Data. (Sumber: csc.com)

Data adalah sebuah keterangan atau bahan informasi. Sebenarnya, data adalah bentuk jamak dari datum, sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti “(barang) yang diberikan”. Dalam bahasa Inggris, kata data memiliki hubungan dengan date (tanggal). Walaupun arti keduanya jauh, tapi kedua kata itu memiliki akar yang sama dalam bahasa Latin, yaitu datus (memberi).

istilah bahasa indonesia - Ruangguru

Smart buddies masih sering mendengarkan radio? Saat ini, orang mengenal radio sebagai alat untuk mendengarkan siaran-siaran dalam bentuk suara.

istilah bahasa indonesia - radio

Radio. (Sumber: radiox.co.uk)

Tapi sebenarnya, radio berasal dari istilah dalam bahasa Latin, yaitu radius yang berarti sorotan. Lalu pada akhir abad ke-19, Alexander Graham Bell menggunakan radio untuk menamai salah satu alatnya, radiophone, yang juga merupakan nenek moyangnya telepon. Semenjak saat itu, radio lebih dikenal sebagai bentuk pengiriman suara melalui udara.

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Siapa yang tidak tahu jenis olahraga ini? Golf adalah kegiatan olah raga di mana pemain-pemainnya memukul sebuah bola kecil ke dalam lubang di tanah menggunakan sebatang tongkat. Golf sudah ada lama sekali, lho, smart buddies, bahkan sejak Romawi Kuno. Waktu itu orang-orang menyebutnya sebagai paganica.

istilah bahasa indonesia - golf

Golf. (Sumber: ottawatourism.ca)

Namun etimologi golf sendiri berasal dari bahasa Belanda yang digunakan antara tahun 1100-1500-an. Asal katanya adalah colf atau colve, yang berarti tongkat pemukul. Ketika diserap oleh bahasa Skotlandia, kata itu berubah menjadi gouf, dan kini menjadi golf seperti yang kita ketahui.

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Ini, nih, favorit semua orang. Anak zaman sekarang mana yang belum kenal internet? Rasanya, kalau sehari saja kita kehilangan koneksi internet, dunia mungkin bisa kiamat. Padahal orang-orang zaman dulu bisa hidup tanpa internet, TV, atau radio selama bertahun-tahun, lho.

istilah bahasa indonesia - jaringan internet

Internet. (Sumber: fallingwallsfragments.com)

Internet adalah kependekan dari inter-network, yang berarti antar-jaringan. Istilah ini awalnya digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk menyebut jaringan antar komputer. Istilah inter-network sendiri mulai beredar sekitar tahun 1960-1970an, ketika teknologi komputer mulai berkembang. Saat ini, sudah banyak bermunculan istilah baru yang berkaitan dengan internet, seperti netizen dan netiquette. Kamu tahu, kan, apa arti istilah itu?

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Gratis! Kata kesukaan semua orang. Mendengar atau membaca kata ini dapat tiba-tiba mencerahkan hari dan meriangkan hati. Terlebih kalau kata itu didahului dengan ‘makanan’ dan dibaca oleh mereka yang tinggal di kost-kost-an, hehe.

istilah bahasa indonesia - gratis

Gratis. (Sumber: thalitareload.info)

Kata gratis sendiri sudah ada sejak pertengahan abad 15, lho, smart buddies. Bahkan, sampai sekarang makna maupun bentuk katanya belum berubah. Gratis berarti secara cuma-cuma atau tanpa imbalan. Kata ini baru mulai dikaitkan dengan harga sekitar tahun 1540an. Sebelumnya, gratis memiliki hubungan dengan rasa syukur atau grace, karena istilah itu berasal dari sumber yang sama, yaitu istilah gratia dalam bahasa Latin.

Selain dari lima di atas, ada banyak juga, lho, istilah dalam Bahasa Indonesia yang bisa ditemukan dalam bahasa lain, seperti karaoke dalam bahasa Jepang, atau idem dalam bahasa Belanda.

Gimana, smart buddies ada yang tahu istilah lainnya? Bagikan di kolom komentar yuk! (KI/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

14 Responses

  1. elv says:

    kayaknya ya.. menurut saya sih itu ‘kata yang di ADOPSI ke indonesia’ dan utk hook ts ini ga masuk..

  2. ismi amalia says:

    Mungkin lebih tepatnya itu kata2 asing yg kini sudah umum di indonesia

  3. Rieza says:

    Kata2 yang sudah menjadi serapan bahasa Indonesia, dalam kamus besar bahasa indonesia pun sdh ada

  4. sepertinya sih memang karena kata tersebut sudah tidak asing di indonesia,
    entah siapa editornya haha

  5. Citra says:

    Banyak kata yang biasa digunakan di indonesia itu dari bahasa inggris cuma kadang di bolak balik atau di edit sedemikian rpa biar viral . sah aja sih
    betul kah /.

    • Ruangguru says:

      Hi Citra,

      Asal tetap memerhatikan kesinambungan kalimatnya, boleh-boleh saja.
      Tapi kalau untuk kebutuhan akademis/formal, lebih baik pakai Bahasa Indonesia semua ya.

  6. Rifantio says:

    Baru tau yang Gratis. Tapi selain itu biasa aja sih

  7. Egi says:

    “Anti” juga min

  8. Unknown says:

    Anda melupakan kata “mesin” atau “motor” atau “semen/cement.

  9. Biy says:

    Golf kalo di indo itu golof wkwkwk😂

  10. Nevin says:

    Beberapa kata dalam bahasa indonesia berasal dari bahasa belanda sebenarnya, bahkan bahasa daerah seperti bahasa jawa juga ada yg berasal dari bahasa belanda. Ini dikarenakan penjajahan belanda selama 350 tahun yang membawa pengaruh dalam bahasa sehari-hari yg pada saat itu kebanyakan menggunakan bahasa belanda.

  11. AceRexter says:

    Sebenarnya gratis bukan dari bahasa inggris, tapi merupakan bahasa Belanda yanv di adopsi ke dalam bahasa Indonesia

    • Ruangguru says:

      Hi Ace,

      Artikel di atas tidak menyebutkan kata ‘gratis’ berasal dari bahasa Inggris.
      Akan tetapi, hanya memberikan informasi bahwa kata gratis di bahasa Indonesia juga ada di dalam bahasa Inggris :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.