Jaga Semangat Ujian Nasional Hingga Akhir!

Memasuki Hari Kedua UN, Yuk Jaga Terus Semangatmu Sampai Akhir!

Ujian Nasional

Foto: pexels.com

Wah, berlalu juga ya, hari pertama Ujian Nasional untuk SMA, MA, dan SMK! Mana suaranya? 😀

Memasuki hari kedua, jangan sampai teman-teman lengah karena masih beberapa hari tersisa hingga rangkaian Ujian Nasional berakhir sempurna. Nah, kami punya tips nih mengenai cara menjaga semangatmu ini. Yuk, disimak!

1. Tetap fokus dengan tujuan

Jangan terlalu senang dulu jika kamu telah melewati hari pertama. Abaikan semua godaan, baik permainan maupun bayangan-bayangan indah mengenai liburan. Tetap fokus dengan tujuan Ujian Nasional ini agar nilai bagus bisa diraih dan lulus dengan memuaskan! Justru malah lebih lega kan jika berlibur sebagai selebrasi setelah mengetahui pencapaian yang kamu raih? 😀

2. Lakukan refreshing

Meskipun tetap harus fokus, refreshing sedikit tidak dilarang, kok. Teman-teman bisa mendengarkan musik, membaca buku, atau jalan-jalan sebentar sepulang dari sekolah. Mengganti suasana sekilas bisa membantumu untuk bisa berpikir lebih jernih dan tidak mumet. Eits, jangan lama-lama, ya! Kalau kamu kelelahan karena refreshing, nanti malah jadi tidak konsentrasi ketika mengerjakan soal keesokan harinya.

3. Jaga kebugaran dengan olahraga ringan

Di pagi hari setelah bangun tidur, jangan lupa lakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh supaya tetap segar bugar dan tidak lemas. Olahraga seperti jogging ringan, push up, dan sit up bisa kamu coba agar tubuh menjadi lebih bertenaga dan membantu kerja otak menuju titik optimalnya. Namun, jangan lupa pemanasan agar tidak kram dan pusing, ya!

4. Penuhi asupan gizi dengan sarapan setiap hari

Setelah berolahraga, pastikan kamu sarapan pagi dengan makanan yang bergizi. Sarapan bermanfaat untuk melengkapi kegiatan olahraga dalam meningkatkan konsentrasi dan menjadi sumber energi. Secukupnya saja ya, kalau terlalu banyak nanti bisa ngantuk!

5. Kerjakan latihan soal ringan

Di sela waktu luang, teman-teman juga bisa mengerjakan latihan soal untuk membantu mengingat kembali sekaligus mempersiapkan diri untuk ujian aslinya. Namun, yang ringan-ringan saja, ya, supaya kamu tidak jadi stres. Konsultasi singkat dengan guru privat atau tutor di bimbingan belajar juga bisa kamu lakukan jika dirasa perlu.

6. Perbanyak doa dan ibadah

Last but not least, doa dan ibadah menjadi yang terpenting. Selain berusaha, berdoa dan meminta petunjuk Tuhan adalah cara yang paling manjur untuk membantu menenangkan diri sekaligus melancarkan Ujian Nasional kamu. Jangan lupa meminta restu dari orangtua dan selalu pamit sebelum berangkat, ya. :)

Enam langkah tersebut bisa kamu coba selama masa Ujian Nasional berlangsung. Terus berusaha semaksimal mungkin dan jangan menyerah, it will be worth it in the end. Semangat! 😀

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.