Agar Tidak Menyesal di Hari Tua, Jalankan 10 Nasihat Ini di Masa Remaja Kamu! | Blog Ruangguru

Agar Tidak Menyesal di Hari Tua, Jalankan 10 Nasihat Ini di Masa Remaja Kamu!

Smart buddies, masa remaja merupakan masa yang menyenangkan. Kamu memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan berbagai hal yang kamu inginkan. Di masa tersebut kamu akan merasakan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan. Namun, jangan lupa bahwa kamu harus menjalani masa remajamu dengan penuh tanggung jawab. Pasalnya, setiap hal yang kamu jalani dalam hidupmu saat ini akan memiliki dampak terhadap masa depan. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari. Untuk menghindarinya, coba deh baca 10 hal yang para orang dewasa berharap sudah mengetahuinya sejak mereka remaja dulu. Simak berikut ini.

Menabung sejak dini

masa remaja - anak kecil menabung di celengan

Menabung sejak dini. (Sumber: couponconnections.com)

Ketika kamu diberi uang jajan oleh orang tuamu, jangan lupa sisihkan sebagian untuk ditabung, ya. Memang belanja baju online atau membeli gadget baru merupakan hal yang sangat menarik. Namun, di saat kamu dewasa nanti kamu akan merasakan betapa berharganya tabungan yang telah kamu simpan sejak remaja. Kamu bisa menggunakan uang yang kamu miliki untuk hal-hal yang bermanfaat saat dewasa nanti.

Asah kemampuan bersosialisasi

masa remaja - orang mengobrol

Bersosialisasi untuk mengasah kemampuan interpersonal. (Sumber: iecabroad.com)

Di dunia pekerjaan kelak, kecerdasan bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan seseorang. Kamu dituntut untuk memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Oleh sebab itu, kamu harus mulai mengasah kemampuan bersosialisasi sejak remaja. Ikuti kegiatan-kegiatan yang memungkinkanmu berinteraksi dengan banyak orang. Misalnya, OSIS, organisasi kepemudaan, panitia acara sekolah, dan lain-lain.

Olahraga

masa remaja - orang bersepeda

Berolahraga secara rutin. (Sumber: emaze.com)

Smart buddies, rajin berolahraga merupakan sebuah investasi untuk tubuhmu, lho. Jika kamu rutin berolahraga sejak remaja, kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang sehat. Lakukan olahraga apapun yang kamu sukai, bulu tangkis, basket, zumba, lari, renang, dan lain-lain.

Berhubungan baik dengan orang tua

masa remaja - keluarga mengobrol

Komunikasikan berbagai hal dengan orang tua. (Sumber: daily-dew.com)

Di masa remaja, mungkin ada (bahkan banyak) di antara kamu yang sering mengalami perbedaan pendapat dengan orang tua. Memiliki sudut pandang yang berbeda dengan orang tuamu bukan hal yang buruk, kok. Namun jangan sampai hal tersebut membuat hubungan kamu dengan orang tuamu jadi renggang. Selalu komunikasikan segala hal dengan baik. Kamu juga tetap harus menuruti kedua orang tuamu. Bagaimana pun, mereka tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Dukungan dari mereka akan selalu kamu butuhkan dalam hidupmu.

Jalan-jalan

masa remaja - anak kecil pergi jalan-jalan

Pergi jalan-jalan. (Sumber: nymetroparents.com)

Pergi ke sebuah tempat baru akan memberikan banyak pelajaran. Sering kali di sebuah perjalanan, kamu akan dihadapkan dengan masalah yang harus diselesaikan dengan cepat. Hal tersebut akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Nilai plus lainnya, kamu jadi bisa banyak berfoto dan meng-upload foto tersebut ke akun media sosialmu. Jalan-jalan tidak harus ke tempat yang jauh kok, smart buddies. Kamu bisa berkunjung ke daerah sekitar tempat tinggalmu dan menemukan banyak hal baru di sana.

Jangan dengarkan kata orang lain

masa remaja - anak kecil menutup telinga

Jangan dengarkan hal-hal negatif. (Sumber: coolconversationlive.com)

Di dunia ini, wajar apabila ada orang yang tidak suka dengan kamu. Bisa jadi ada orang-orang yang sengaja mengatakan hal buruk kepadamu untuk membuatmu sedih dan merasa rendah diri. Jangan dengarkan mereka, smart buddies. Kamu harus percaya akan kemampuan yang kamu miliki dan bahwa kamu bisa meraih cita-citamu. Fokuslah kepada orang-orang yang mendukungmu dalam melakukan hal-hal baik.

Jangan berusaha untuk terlihat ‘keren’

masa remaja - dua orang merokok

Keren dalam artian negatif. (Sumber: haikudeck.com)

Definisi keren saat ini sangatlah beragam. Jangan sampai kamu berusaha untuk terlihat keren secara negatif. Misalnya, dengan merokok atau menggunakan narkoba. Bagi sebagian orang mungkin hal tersebut keren, tapi itu adalah keren dalam definisi yang negatif. Kamu tentu harus berusaha untuk keren dalam hal-hal yang baik. Contohnya dengan ikut program pertukaran pelajar, juara perlombaan, dan lain-lain.

Mencoba berbagai aktivitas bermanfaat

masa remaja - bermain arung jeram

Mencoba beragam hal baru. (Sumber: teenageractivityholidays.com)

Banyak orang dewasa yang masih bingung mengenai hal yang ingin dilakukannya dalam hidup ini. Jangan sampai kamu nantinya seperti itu. Kamu harus mencoba berbagai hal jika ingin menemukan passion-mu. Jika kamu tertarik fotografi, coba bergabung dalam komunitas fotografi. Apabila ternyata kamu merasa kurang cocok, kamu bisa mencoba kegiatan lain, misalnya melukis atau menari. Semakin banyak kamu mencoba menggeluti suatu bidang, kamu akan semakin cepat menemukan passion-mu.

Jangan mudah menyerah

masa remaja - dua orang melompat di pantai

Tetap bersemangat meski hidup tidak berjalan sesuai rencana. (Sumber: deepfun.com)

Ada banyak hal dalam hidup ini yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Apabila selama ini kamu selalu sukses, jangan langsung merasa terpuruk saat tiba-tiba kamu gagal. Merasa sedih dan kecewa tentu hal yan lumrah, tapi kamu harus segera bangkit lagi. Kamu harus bisa menerima bahwa terkadang kamu tidak bisa mendapatkan hal yang sangat kamu inginkan. Namun, bukan berarti hidupmu sia-sia. Teruslah berusaha karena sebuah hasil tidak pernah mengkhianati usaha.

Berpikir sebelum berbicara (termasuk di media sosial)

masa remaja - wanita berpikir

Berpikir sebelum berbicara. (Sumber: livewell360.com)

Tentu kamu pernah dengar pepatah ‘mulutmu harimaumu’, kan? Kamu harus selalu berhati-hati dalam berbicara. Jangan sampai kamu menyakiti orang lain atau termakan omonganmu sendiri di kemudian hari. Hal ini berlaku juga untuk segala hal yang kamu unggah ke media sosial. Pasalnya, semua yang kamu unggah ke akun media sosialmu akan terekam selama-lamanya, smart buddies. Bukan hal yang tidak mungkin apabila saat kamu melamar kerja nanti, orang yang merekrutmu akan mengecek akun media sosial milikmu. Tentunya kamu tidak mau mereka menilai dirimu sebagai pribadi yang buruk hanya karena hal-hal yang kamu unggah di media sosial. Pastikan kamu selalu berbicara hal-hal yang baik dan positif.

Nah, itu dia 10 saran atau nasihat yang menurut para orang dewasa harus diketahui oleh remaja. Jika kamu menjalani kesepuluh nasihat tersebut, mudah-mudahan kamu tidak akan menyesal di masa dewasamu nanti. Yuk jadi remaja yang sukses dan membanggakan! Apakah kamu punya nasihat lain yang kira-kira bermanfaat untuk remaja? Bagikan di kolom komentar, ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

You may also like...

3 Responses

  1. Cindy says:

    Mantap 👍👍

  2. Debbie says:

    1. Diatas semuanya, dahulukan Tuhan & jangan lupa berdoa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.