Masih Bingung Sama Jenis Racikan Kopi? Masuk Sini Yuk!

Masih Bingung Sama Jenis Racikan Kopi? Masuk Sini Yuk!

Halo Smart Buddies!

Beberapa tahun terakhir, kopi semakin digemari oleh banyak orang. Pengaruh gaya hidup dan semakin populernya coffee shop turut mempengaruhi hal ini. Dalam tulisan sebelumnya, kami sudah membahas beberapa jenis biji kopi yang terkenal di dunia. Kali ini, yuk kita kenali lebih dalam jenis minuman kopi yang cukup banyak ragamnya! Berikut diantaranya :

1. Espresso

Jenis Kopi - Espresso

Espresso. Photo by coffeeexperts.eu

Espresso adalah dasar dari jenis minuman kopi lainnya. Espresso dibuat dengan memberikan tekanan tertentu guna menguras habis sari kopi dari biji untuk menghasilkan air kopi yang hitam dan pekat. Teksturnya sangat kental, dan rasanya juga pahit. Penyajiannya hanya berupa seduhan kopi tanpa tambahan susu, krim, dan bahan lainnya.

2. Latte

Jenis Kopi - Latte

Latte. Photo by hipwee

Latte berasal dari bahasa Italia yang berarti susu. Berbahan dasar espresso, Latte dicampur dengan susu dengan komposisi perbandingan susu dengan kopinya sebanyak 3:1, sehingga rasa susunya sangat kentara. Di bagian atas, diberikan pula busa susu yang tipis. Kopi latte memiliki banyak varian dengan berbagai rasa seperti vanilla, caramel, hazelnut, dll.

3. Capuccino

Jenis Kopi - Capuccino

Capuccino. Photo by yellashakti.

Kopi jenis capuccino terdiri dari campuran kopi, susu, dan serpihan cokelat. Komposisinya berupa masing-masing sepertiga bagian untuk kopi, susu, dan busa susu. Tekstur susu memegang peranan penting dalam hal rasa, karena memberikan kesan manis dan halus dalam meminumnya.

4. Mochaccino

Jenis Kopi - Mochaccino

Mochaccino. Photo by eldibisnis.com

Mochaccino adalah jenis kopi yang terdiri dari campuran kopi, susu, dan cokelat. Cokelat yang menjadi campurannya dapat berupa bubuk cokelat maupun sirup cokelat. Dalam mochaccino, tektur dan aroma kopi dan cokelat membaur dengan unik, sehingga memberikan kesan tersendiri dalam mencicipinya. Ohya, nama Mocha sendiri berasal dari sebuah varietas kopi di Yaman yang bernama sama.

5. Americano

Jenis Kopi - Americano

Americano. Photo bycoffeeofday.

Americano adalah kopi espresso yang dicampur dengan air panas, yang menyebabkan kekentalannya berkurang. Rasa pahit yang dikandung espresso juga berkurang karena pencampuran ini. Variasi juga sering dilakukan dengan mencampurkannya dengan air dingin.

6. White Coffee

Jenis Kopi - White Coffee

White Coffee. Photo by papparich

Untuk membuat white coffee, biji kopi melalui proses pembekuan hingga -40 derajat Celcius. Hal ini dilakukan agar asam gastricnya berkurang hingga 80%. Walaupun kandungan asam gastricnya berkurang, namun kandungan kafeinnya tetap utuh. Oleh karena itu, orang sering memilih white coffee untuk menghindari resiko penyakit lambung dan jantung.

7. Frappuccino

Jenis Kopi - Frappuccino

Frappuccino. Photo by Starbucks

Frappuccino adalah jenis kopi yang paling mudah dibuat. Biasanya dibuat dengan hanya mencampur kopi instan, gula, dan air yang sudah dikocok hingga berbusa. Air dingin, susu, dan es batu akan menambah kenikmatannya.

Nah, itulah dia beberapa jenis minuman kopi yang paling populer. Kamu suka yang mana? Biar enak, belajar bikin sendiri yuk di sini.

Sumber : Tokopedia aplikasi-android

You may also like...

1 Response

  1. jual bubuk cappucino says:

    artikel yang sangat menarik dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.