Ruangguru Blog

    Anak Milenial? Kenalan Sama Android Oreo Dulu!

    By Ruangguru writer · Aug 24, 2017

    Teman-teman, siapa di sini yang pakai ponsel Android? Pastinya banyak kan? Bahkan, sebagai pengguna, bisa jadi kamu hapal dengan beragam fiturnya dan terus mengikuti perkembangan Android. Mulai dari sistem Cupcake hingga Nougat, ada kecanggihan yang berbeda-beda dan pastinya semakin mempermudah hari-harimu. Namun, Google tidak puas sampai di situ saja. Beberapa hari lalu, perusahaan teknologi raksasa ini kembali mengeluarkan seri Android 8.0 terbarunya yang diberi nama Android Oreo.

    Wah, namanya cukup unik ya? Akan tetapi jika diingat lagi, semua nama sistem Android yang diinisiasi Google memang selalu menggunakan nama-nama camilan. Kira-kira apa alasannya? Ternyata sederhana saja. Misalnya, teknisi yang mengembangkan Android 4.4 KitKat kerap menyukai cokelat batangan ini sebagai snack tengah malamnya. Sedangkan, nama Oreo pun diambil karena makanan manis ini telah dikenal banyak orang hampir di seluruh dunia. Penasaran apa saja fiturnya? Yuk, lihat kelebihannya!

    1. Background Limit

     Android Oreo - Background limit Android Oreo

    Background limit Android Oreo (Sumber: storage.google.com)

    Kamu sering kesal karena ponselmu mudah kehabisan baterai? Jangan cemas, Android Oreo menawarkan solusinya. Fitur ini dapat membatasi aktivitas aplikasi yang jarang digunakan pada di ponsel pintarmu. Hasilnya, daya tahan smartphone pun menjadi lebih tahan lama.

    2. Channel
    Android Oreo - Pilih notifikasi keinginan mu Pilih notifikasi keinginanmu (Sumber: i.ytmg.com)

    Seringkali kamu terganggu dengan notifikasi dari aplikasi-aplikasi tertentu. Setuju? Melalui fitur Android terbaru ini, kamu bisa mengatasinya, lho! Kini, notifikasi dapat dikelompokkan dari setiap aplikasi ke dalam kategori tertentu. Nah, kategori ini disebut ‘channels’ yang dapat memudahkanmu untuk mengatur ataupun memblokir notifikasi dari aplikasi yang mengganggu.

    3. Picture in Picture

    Fitur canggih selanjutnya, adalah Picture in Picture (PiP). Tepat sekali untuk kamu yang senang nonton video di ponsel, tapi juga ingin melakukan aktivitas di aplikasi lainnya. Kamu bisa jadi lebih produktif, kan? Akan tetapi, sebenarnya fitur ini sudah hadir sejak peluncuran Android 7.0 Nougat. Namun, sayangnya hanya bisa digunakan oleh pengguna Android TV. Nah, sekarang sudah dikembangkan untuk smartphone dan juga tablet.

    4. Emoji Baru
    Android Oreo - Emoji terbaru di Android Oreo Emoji terbaru di Android Oreo (Sumber: Pbs.twimg.com)

    Generasi milienial pasti suka chatting! Google pun tahu akan kegemaranmu menggunakan bermacam-macam emoji saat menggunakan aplikasi online chat. Oleh karena itu, diluncurkanlah 60 emoji baru yang hanya tersedia di Android Oreo dan akan membuat chatting kamu jadi lebih seru! Beberapa contoh emojinya antara lain: wanita berjilbab, tirex, ibu menyusui, zombie, dracula, dan landak. Lucu ya? 

    5. Google Play Protect
    Android Oreo - Download semakin aman Download semakin aman (Sumber: howtogeek.com)

    Ingin mengunduh aplikasi atau games tapi takut akan membahayakan ponsel? Jangan takut! Android Oreo bisa memastikan kamu dapat mengunduh dengan aman. Pasalnya, Google telah meningkatkan keamanannya pada toko aplikasi digital, yakni Play Store. Aplikasi yang mampu merusak kemampuan ponsel pun akan terdeteksi dan terhapus secara otomatis. Lebih hebatnya lagi, Google Play Protect dapat memindai lebih dari 50 miliar aplikasi dalam sehari. Wah, hebat!

    Nah, gimana menurutmu mengenai fitur-fitur seru tersebut? Selain dapat membantumu, Android Oreo juga sangat aplikatif. Pasti kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya, bukan? Bila kamu tahu fitur lainnya, berikan tanggapan di kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke temanmu ya! (NN/RE)

    Share this:

    Tags: fun facts

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!