Kamu Introvert atau Ekstrovert? Inilah Beberapa Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadianmu! | Blog Ruangguru

Kamu Introvert atau Ekstrovert? Inilah Beberapa Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadianmu!

Smart buddies, apakah kamu pernah mengikuti tes kepribadian? Jika ya, mungkin kamu sudah mengetahui tipe kepribadianmu seperti apa. Kamu juga tentunya sudah tahu apakah kamu seseorang yang cenderung introvert atau ekstrovert.

Sebetulnya, apa yang dimaksud dengan introvert dan ekstrovert?Keduanya merupakan tipe kepribadian yang umum dimiliki oleh manusia. Nah, berdasarkan kepribadian tersebut seseorang akan memiliki pandangan dan cara yang berbeda dalam berinteraksi, mengambil keputusan, dan merespon kejadian-kejadian sosial di sekitarnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila pekerjaan yang cocok untukmu bisa ditentukan melalui kepribadian yang kamu miliki. Simak selengkapnya, yuk.

introvert

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Ia cenderung menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Karakteristik lainnya dari seorang introvert adalah ia selalu berpikir matang-matang sebelum berbicara, kurang merasa nyaman berada di acara-acara sosial atau di tengah keramaian, dan lebih menyukai one on one interaction. Banyak orang salah mengartikan bahwa seorang introvert pastilah pemalu. Ternyata tidak juga, lho. Orang-orang yang introvert terlihat lebih pemalu karena selalu berpikir sebelum berbicara dibanding orang-orang ekstrovert yang senang mengutarakan pendapat secara spontan.

Berdasarkan karakteristik yang mereka miliki, para introvert akan lebih nyaman jika bekerja dalam kondisi yang tenang dan memiliki sedikit frekuensi untuk berinteraksi dengan orang lain. Berikut ini adalah contoh-contoh pekerjaan yang cocok jika kamu adalah seorang introvert.

Akuntan

introvert dan ekstrovert

Akuntan. (Sumber: wisegeek.com)

Jika kamu introvert yang menyukai Matematika, akuntan bisa jadi pekerjaan yang membuatmu nyaman. Dengan menjadi seorang akuntan, kamu akan lebih banyak berurusan dengan angka dibanding dengan orang. Kamu bertugas mengecek laporan keuangan suatu perusahaan dengan sangat teliti. Ada masa-masa tertentu nantinya di mana kamu akan sangat disibukkan dengan pekerjaanmu sehingga kamu bisa menghindar dari banyak bersosialisasi dengan orang lain.

Programmer komputer

introvert dan ekstrovert

Programmer komputer. (Sumber: news.digipen.edu)

Bagi kamu yang tertarik dengan teknologi, sebagai seorang introvert kamu bisa memilih bekerja sebagai programmer komputer. Dijamin, selama bekerja kamu akan sibuk di belakang komputer menulis kode-kode pemrograman. Tugasmu adalah memastikan suatu aplikasi bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Di era teknologi seperti sekarang ini, tentu profesi programmer komputer banyak dicari.

Desainer grafis

introvert dan ekstrovert

Desainer grafis. (Sumber: allianceabroad.com)

Kreativitas dan bakat menggambar yang kamu miliki sebagai introvert dapat kamu salurkan ke pekerjaanmu sebagai desainer grafis. Hari-harimu akan kamu jalani di depan komputer sambil mendesain gambar-gambar untuk klienmu. Di awal proyek, kamu mau tidak mau harus berinteraksi terlebih dahulu dengan klien yang kamu miliki agar hasil kerjamu baik. Namun, setelah itu kamu bisa bebas menyediri untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Penerjemah

introvert dan ekstrovert

Penerjemah. (Sumber: divergingpath.com)

Pekerjaan sebagai seorang penerjemah mungkin belum cukup populer di Indonesia. Namun, ke depannya akan semakin banyak dibutuhkan profesi penerjemah akibat globalisasi. Jika kamu seorang introvert yang suka sastra dan belajar bahasa, kamu bisa menjadi seorang penerjemah. Kamu akan menerjemahkan dokumen dari suatu bahasa ke bahasa lain. Kamu juga bisa membuat subtitle untuk suatu film layar lebar, lho.

Manajer media sosial

introvert dan ekstrovert

Manajer media sosial. (Sumber: sites.google.com)

Meski tidak menyukai berada di tengah keramaian, bukan berarti seorang introvert itu anti sosial, lho. Beberapa di antara mereka bisa berinteraksi lebih baik melalui media lain. Salah satunya media sosial. Sebagai manajer media sosial, kamu akan berinteraksi secara virtual dengan para followers. Kamu juga merancang, mengatur, dan mempublikasikan konten-konten promosi dari tempat kamu bekerja. Seru, kan?

introvert1

Orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung lebih terbuka terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka suka beraktivitas sosial, mudah bosan jika menghabiskan waktu sendirian, dan suka bercerita. Meskipun mereka senang bercerita, tidak berarti mereka bukan pendengar yang baik, lho. Bahkan mereka sebetulnya mampu membuat orang lain yang sedang bercerita atau curhat kepada mereka merasa nyaman.

Seorang ekstrovert merasa nyaman jika bekerja dengan banyak orang, apalagi jika ia bekerja dalam tim. Ini dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang ekstrovert.

Event planner

introvert dan ekstrovert

Event planner. (Sumber: classiceventsinc.com)

Mengurus sebuah acara tentunya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Kamu harus mampu berkoordinasi dengan banyak orang agar sebuah acara bisa berjalan sesuai rencana. Kepribadian ekstrovert yang kamu miliki akan membantumu bertahan di pekerjaan ini. Menjadi seorang event planner pastinya melelahkan, tapi kamu akan merasa puas jika acaramu sukses dan dipuji banyak orang.

Guru

introvert dan ekstrovert

Guru. (Sumber: usnews.com)

Profesi guru memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan sangat banyak orang setiap harinya. Kamu akan bertatap muka dan berkomunikasi dengan para peserta didikmu. Tidak hanya banyak bercerita di depan kelas, seorang guru juga akan mendengarkan keluhan para siswanya. Jika kamu belum cukup percaya diri untuk menjadi guru di sekolah, kamu bisa mencoba menjadi guru privat terlebih dahulu.

Tenaga penjualan

introvert dan ekstrovert

Tenaga penjualan. (Sumber: jenningswire.com)

Bekerja di bidang penjualan tidak melulu berarti kamu harus berdagang suatu produk ke pembeli. Penjualan juga berarti kamu perlu mengetahui karakteristik dari target pasar yang kamu miliki. Oleh sebab itu, kamu harus sering berinteraksi dengan banyak orang untuk mengetahui produk seperti apa yang menarik bagi mereka. Pekerjaanmu nantinya tidak akan melulu di dalam ruangan, kamu akan sering pergi keluar kantor. Dijamin, kamu tidak akan pernah bosan.

Psikolog

introvert dan ekstrovert

Psikolog. (Sumber: goodtherapy.org)

Seorang psikolog tentunya harus bisa membuat orang lain nyaman ketika menceritakan perasaan dan permasalahannya. Oleh sebab itu, orang-orang dengan kepribadian ekstrovert akan cocok jika berprofesi sebagai psikolog. Pekerjaan psikolog tidak selalu berhubungan dengan pasien, lho. Apabila kamu bekerja di perusahaan, kamu akan berinteraksi dengan para pegawai. Kamu harus memahami kebutuhan mereka, mencarikan solusi atas permasalahan mereka, dan membantu mereka mengembangkan karir.

Aktor atau aktris

introvert dan ekstrovert

Aktris dan aktor. (Sumber: money.cnn.com)

Pernah bermimpi jadi selebriti? Bagi kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert, profesi ini termasuk salah satu pekerjaan yang cocok untukmu. Aktor dan aktris tidak selalu harus berperan di sinetron, mereka juga bisa berperan di film layar lebar dan teater. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan kamu harus berani melakukan adegan-adegan yang tidak biasa.

Itu dia pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Semua pekerjaan sebetulnya baik dan kamu tentu bisa sukses di bidang apa pun yang kamu minati. Namun, faktor kenyamanan juga bisa mempengaruhi kesuksesanmu. Semoga bermanfaat ya, smart buddies. Ceritakan pekerjaan impianmu yuk di kolom komentar. Bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu, ya. (AZN/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.