Ruangguru Blog

    Apa Saja Kegiatan Pelajar Indonesia di Luar Negeri?

    By Ruangguru writer · Oct 21, 2016

    Kuliah di luar negeri tentunya bukan hanya menuntut ilmu saja, kamu juga bisa mencari banyak pengalaman. Berbagai kegiatan juga bisa mendukung kamu untuk lebih berkembang. Banyak cerita yang bisa dibagi, dan bisa menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan.

    Berikut Ruangguru.com akan membahas salah satu kegiatan yang dilakukan pelajar di luar negeri, semoga akan memberi cerita yang menarik. Simak yuk!

    Mahasiswi di Bandara Mahasiswi di bandara (Sumber: sbs.com.au)

    Penjemputan Pelajar yang Baru Datang

    Hal yang satu ini bisa cukup berkesan bagi banyak pelajar.  Untuk mereka yang baru akan datang, bisa menghubungi PPI di negara tujuannya. Biasanya, senior-senior dari perkumpulan mahasiswa Indonesia akan datang menjemput. 

    Kegiatan pelajar Indonesia dengan Budaya Indonesia Kegiatan pelajar Indonesia dengan Budaya Indonesia (Sumber: tajuk.co)

    Mengenalkan Budaya Indonesia

    Pengenalan budaya kerap dilakukan oleh pelajar Indonesia. Kegiatan yang berlangsung biasanya dalam bentuk  pagelaran budaya. Acara diisi dengan penampilan pelajar menari tradisional, memakai pakaian adat, serta main musik tradisional. Kegiatan ini sangat disambut hangat oleh warga sekitar lho. Tujannya tidak lain untuk menyebarluaskan segala macam bentuk budaya dari Indonesia.

    Mahasiswi yang sedang ingin melakukan perjalanan Mahasiswi ingin melakukan perjalanan (Sumber: etudiant-voyager.fr)

    Jalan-Jalan

    Banyak pelajar dari Indonesia yang menggunakan waktu luangnya untuk hal yang satu ini. Siapa sih yang bisa menolak? Bersama teman-teman, saat liburan adalah waktu yang tepat untuk jalan-jalan. Mengelilingi tempat-tempat yang menarik, mengabadikan momen, serta mengenal lingkungan baru. Tidak lupa untuk menghilangkan penat  dan beban tugas-tugas sekolah.

    organisasi mahsiswa Organisasi Mahasiswa (sumber:suteki.co.id)

    Mengikuti Organisasi

    Bagi kamu yang menetap di luar negeri, pasti akan menemukan banyak pelajar dari seluruh penjuru dunia. Hal ini merupakan kesempatan untuk berkenalan dengan banyak individu. Bergabung dengan organisasi membuat kamu  menambah wawasan, mempunyai banyak teman, serta memperluas ruang lingkup pergaulan.

    Banyak organisasi yang bisa kamu ikuti, seperti PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia), organisasi kampus,  keagamaan, atau organisasi yang mewadahi hobi kamu.

    Kegiatan masak bersama Kegiatan masak Bersama

    Masak Bareng

    Sebagai pelajar yang merantau, untuk bisa bertahan hidup kamu pasti akan menghemat. Kegiatan yang satu ini, akan membantumu untuk lebih meminimalisir pengeluaran. Yup! Memasak, bisa menjadi pilihan kamu untuk menghabiskan waktu bersama beberapa teman. Selain bisa patungan untuk membeli bahan-bahan makanan, tentu bisa juga memasak makanan khas Indonesia untuk menghilangkan rindu.

    Remaja bermain sepak bola (Sumber:the18.com) Remaja bermain sepak bola (Sumber:the18.com)

    Mengikuti Lomba

    Himpunan mahasiswa Indonesia di luar negeri kerap mengadakan acara berbentuk lomba. Acara yang satu ini, diadakan untuk mempererat kebersamaan pelajar. Ada banyak jenis lomba olahraga, seperti sepak bola, bola basket, badminton, dan beberapa kegiatan lainnya.

    Parade festival parade festival (sumber:blogatmci)

    Mengunjungi Festival

    Setiap negara pasti punya kebudayaan yang berbeda-beda. Untuk lebih memahaminya, kamu bisa mengajak teman-temanmu mengunjungi festival kebudayaan di negara asal. Ada berbagai macam jenis kegiatan, dari yang sangat kental dengan budaya leluhur, sampai yang akan memberi kesan menyenangkan. Banyak hal yang bisa diabadikan dan juga menambah ceritamu untuk dibagikan ke teman dan keluarga.

    Mahasiswa menjadi volunteer Mahasiswa menjadi Volunteer (Sumbera:inages4-postadsuk-com)

    Menjadi Volunteer

    Mencari kesibukan untuk mengisi waktu seperti menjadi volunteer adalah pilihan yang bermanfaat.  Kamu bisa mencari berbagai macam jenis acara yang diadakan di negara tempatmu belajar. Bisa jadi, kegiatan ini menjadi ajang untuk kamu menambah teman, mencari link kerja, dan menambah pengalaman. Volunteer itu sangat diapresiasi lho di luar sana!

    Nah, demikianlah berbagai kegiatan pelajar di luar negeri selain belajar. Apakah kamu punya kegiatan lainnya yang bermanfaat saaat kamu punya waktu luang? Share di kolom komentar ya! Selamat berkahir pekan! (IH/TN)

    Share this:

    Tags: fun facts, Beasiswa

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!