Kenal Lebih Dalam dengan Fakultas Ekonomi Yuk! | Blog Ruangguru

Kenal Lebih Dalam dengan Fakultas Ekonomi Yuk!

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Oikos adalah rumah tangga dan nomos berarti ilmu. Jadi, ekonomi adalah sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia. Terlebih pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.

Ekonomi

Foto: kenan-flagler

Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik untuk dikulik. Mengapa? Masalah perekonomian acap kali menjadi perbincangan utama dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu lingkup nasional maupun dunia internasional. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaan-perusahaan melirik lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang mendalam. Hal ini membuat fakultas ini menjadi serbuan para calon mahasiswa. Terbukti dengan banyaknya pendaftar yang memiliki basic sains (IPA) namun mendaftar di bidang yang memiliki basic sosial ini. Tak heran jika beberapa institut teknologi di Indonesia yang sebelumnya hanya memiliki jurusan IPA, kini juga membuka program Ekonomi. Salah satunya, Institut Teknologi Bandung dengan Program Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Mungkin banyak di antara kamu yang sesaat lagi mengikuti SBMPTN dan memilih Fakultas Ekonomi, namun masih kurang paham seperti apa jurusan ini. Yuk, kenalan lebih jauh!

Fakultas Ekonomi adalah semi IPA dan IPS

Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh para alumni SMA jurusan IPA dan IPS. Penyebabnya, di fakultas ini, kamu tidak akan belajar sosial secara penuh namun juga belajar pelajaran eksak seperti matematika. Bahkan untuk akuntansi, kamu harus memiliki kemampuan di bidang matematika yang baik karena akan menghadapi pembukuan dengan penuh hitung-hitungan. Fakultas ini juga mempelajari tentang berbagai pemodelan dan persamaan sosial secara matematis.

Ekonomi

Foto: cfd-broker

Jurusan Ekonomi itu Applicable

Ketika memilih jurusan, pasti kamu akan memperhitungkan prospek ke depan dari jurusan tersebut. Hal ini adalah salah satu yang membuat fakultas ini sangat populer dikalangan pelajar. Jika kalian lihat dari semua perusahaan yang ada saat ini, pasti mayoritas memiliki divisi yang berkaitan dengan bidang ini seperti Marketing, Business Analyst, Keuangan, dan lain-lain. Ini menandakan bahwa Fakultas Ekonomi sangat applicable atau dapat dipakai di perusahaan manapun sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus semakin besar. Bahkan di era teknologi seperti saat ini, sangat diperlukan untuk digital marketing dengan mengolaborasikan antara ilmu ekonomi dengan teknologi.

Pilih Manajemen, Akuntansi, atau Ilmu Ekonomi?

Fakutas Ekonomi secara umum dibagi menjadi 3 program studi yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Dari ketiga program studi tersebut, ada beberapa perbedaan mendasar. Manajemen lebih mempelajari bagaimana mengelola sebuah perusahaan atau institusi dari berbagai aspek yang berhubungan dengan perekonomiannya. Seperti pemasaran, keuangan, operation, dan sumber daya manusia. Manajemen tidak hanya bagaimana mengelola hal-hal yang berkaitan dengan profit atau uang lho. Termasuk juga hal lainnya seperti mengelola yayasan, pemerintah, atau organisasi kepemudaan. Sedangkan Akuntansi akan lebih belajar tentang pencatatan, auditing, jurnal, dan sistem di dalamnya. Akuntansi sangat berguna dalam perusahaan untuk menentukan strategi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Kalau Ilmu Ekonomi, kamu akan mempelajari tentang ekonomi secara murni seperti melakukan pemodelan sosial untuk menghitung fenomena-fenomena sosial.

Kalau kamu ingin menekuni bidang ini, harus ulet dan mau bekerja keras. Kamu tidak akan hanya belajar perihal kebijakan fiskal dan moneter ya. Pelajaran yang lebih penting yaitu pengaplikasian prinsip-prinsip ekonomi dalam kasus nyata. Jadi selama kuliah nanti, kamu dituntut agar mampu berpikir logis serta lihai menganalisis.

Apa sekarang kamu sudah semakin mengenal Fakultas Ekonomi?

*Artikel ini ditulis berdasarkan hasil bincang-bincang dengan Rangga Husnaprawira, Ignasius Ryan Hasim, dan Laura Grace Gabriela pada program Ask Me Anything episode Ekonomi yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 11 Mei pukul 20.00.

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

2 Responses

  1. cara negosiasi bisnis says:

    terima kasih admin informasinya,
    jadi bangga lulusan ekonomi

  2. ninja negosiasi says:

    sangat bangga bisa menjadi lulusan ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.