Kerjakan Soal IELTS dengan Cara Cerdas Berikut Agar Skormu Tinggi | Blog Ruangguru

Kerjakan Soal IELTS dengan Cara Cerdas Berikut Agar Skormu Tinggi

Jika ingin melanjutkan pendidikan di negara-negara seperti Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat, mengikuti ujian IELTS adalah suatu keharusan. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, IELTS adalah salah satu bentuk English proficiency test wajib karena bahasa ibu kita bukanlah bahsa Inggris. Jadi, mereka harus memastikan bahwa kita punya kemampuan yang memadai untuk bisa berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Apalagi, dalam konteks akademik, smart buddies.

Ruangguru.com akan berbagi tips sukses agar kamu bisa meraih skor IELTS yang tinggi. Simak ya!

soal IELTS

Tes ini terdiri dari 40 soal yang dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing bagian, ada 10 pertanyaan yang dikerjakan dalam waktu 30 menit. Penambahan waktu 10 menit untuk memindahkan jawaban ke lembar jawab. Ingat, jawaban yang valid adalah yang ada pada lembar jawabmu ya.

Di bagian pertama dan kedua adalah percakapan situasi sehari-hari. Sedangkan, bagian ketiga dan keempat adalah situasi akademis. Ada percakapan antara dua orang, ada pula yang berupa monolog. Aksen yang digunakan beragam sekali, tergantung negaranya. Ada aksen Inggris, Amerika, Australia, dan Selandia Baru.

Tipe soal ada 6, di antaranya:

  • Pilihan ganda (multiple choice)
  • Mencocokkan (matching)
  • Memberi label pada bagan (plan/map/diagram labeling)
  • Mengisi formulir/pesan/table/bagan/ringkasan (form/note/table/flow chart/summary completion)
  • Melengkapi kalimat (sentence completion)
  • Menjawab pertanyaan singkat (short-answer question)
soal IELTS

Foto: wickedradio.com

Tips:

Kamu tentu harus banyak-banyak latihan mendengar agar terbiasa dengan aksen Inggris. Percakapan hanya diputar sekali dan jangan harap ada pengulangan. Jadi, dengarkan dan perhatikan dengan saksama. Catat hal-hal penting jika memang kamu rasa perlu. Kamu diperbolehkan mencoret lembar soal kok. Strateginya, sebelum percakapan diputar, bacalah pertanyaan pada lembar soal. Dengan begitu, kamu akan mendapat gambaran jawaban yang dicari selama rekaman percakapan diputar. Kalau memang ada soal yang terlewat, segera lupakan dan tulis jawaban yang kira-kira benar. Tenang, tidak ada pengurangan poin kalau jawabanmu salah. Segera pindah ke soal berikutnya ya.

Sebelum ujian, ada beberapa persiapan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan mendengarmu. Pertama, dengarkan radio online dari seluruh dunia, terutama yang berbahasa Inggris. Lumayan lho, kamu jadi banyak mendapat informasi baru sekaligus referensi lagu dari negara lain. Dari lagu pun kamu bisa melatih kemampuan mendengarmu, kan? Kemudian, coba mulai sekarang tonton apapun yang berbahasa Inggris tanpa mengandalkan subtitle. Kamu bisa tonton dari channel TV asing, Youtube, DVD, film online. Jangan hanya menonton film, tapi juga talkshow, berita dan sebagainya. Bahasa yang digunakan tentu berbeda-beda, dari non formal hingga sangat formal. Selain beberapa cara tersebut, kamu juga bisa rajin berbicara dengan native speaker.

soal IELTS

Tes reading terdiri dari 40 pertanyaan. Waktu yang diberikan adalah 60 menit. Untuk versi Academic, ada 3 artikel ilmiah cukup panjang yang berasal dari buku, jurnal, majalah, serta surat kabar. Terkadang, kamu juga akan mendapati diagram atau ilustrasi pada bacaan yang bisa jadi bahan pertanyaan.

11 tipe soal akan kamu temui di reading section ini, yaitu:

  • Pilihan ganda (multiple choice)
  • Isian True/False/Not Given terhadap informasi pada bacaan
  • Isian True/False/Not Given terhadap pandangan penulis pada bacaan
  • Mencocokkan informasi pada bacaan (matching information)
  • Mencocokkan judul/heading (matching headings)
  • Mencocokkan kalimat (matching sentence endings)
  • Mencocokkan bacaan (matching features)
  • Melengkapi kalimat
  • Mengisi formulir/pesan/tabel/bagan/ringkasan (form/note/table/flow chart/summary completion)
  • Memberi label pada bagan (plan/map/diagram labeling)
  • Menjawab pertanyaan singkat (short-answer questions)
soal IELTS

Foto: mediashower.com

Tips:

Biasakan membaca bacaan yang bersifat akademik seperti buku ilmu pengetahuan, jurnal, majalah, dan surat kabar. Kalau dalam membaca ada yang tidak kamu pahami, segera cari artinya dalam Bahasa Indonesia, juga Bahasa Inggris di kamus dan catat! Dengan demikian, perbendaharaan kosakata sulitmu akan semakin kaya, dan berguna untuk segala section. Banyak-banyak latihan membaca skimming dan scanning sehingga dapat menjawab pertanyaan secara cepat nan tepat.

soal IELTS

Nah, untuk writing test, sebelumnya Ruangguru.com sudah pernah mengulas di sini. Kamu bisa lihat penjelasan, tips, beserta dengan contoh soalnya.

soal IELTS

Foto: studentadvisor.com

Tips:

Buatlah mind map atau bullet point yang berisikan hal-hal apa saja yang hendak kamu tulis. Kamu akan jadi lebih mudah memulai kalimat utama, dan alurnya lebih terarah. Perhitungkan waktu ya, jangan sampai keasikan hingga lupa waktumu hampir habis.

soal IELTS

Pada tes speaking, kamu akan berhadapan dengan seorang examiner di satu ruangan. Segala jawabanmu akan direkam, untuk kemudian dinilai pada bagian ini. Ada tiga pertanyaan dalam kurun waktu 11-14 menit. Bagian pertama, pertanyaannya seputar dirimu sendiri, keluarga, latar belakang, hobi dan sebagainya. Di bagian kedua, kamu akan diberi satu buah topik dan waktu satu menit untuk mempersiapkan diri, lalu dua menit untuk bicara. Ketiga, kamu akan diajak berdiskusi oleh examiner tentang topik yang diberikan di bagian kedua. Hal yang dinilai adalah lancar atau tidak, kesinambungan dalam bicara (fluency and coherence), kosakata yang digunakan, penggunaan tata bahasa (grammatical range and accuracy) dan pengucapan (pronounciation). So, pastikan jawabanmu sesuai dengan apa yang ditanyakan, bahkan jangan sampai keluar dari pertanyaan.

soal IELTS

Foto: huffpost.com

Tips:

Di bagian kedua, gunakan satu menit berharga yang diberikan untuk merencanakan inti jawaban dengan bullet points. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan ide ketika menjawab pertanyaan selama 2 menit. Santai saja dalam berbicara dengan examiner. Tidak perlu terlalu direncanakan, ikuti setiap pertanyaan dengan baik. Anggap saja seperti sedang bercakap-cakap biasa. Fokuskan pandangan dan perhatianmu padanya. Dalam menjawab yes/no question, jelaskan sedikit alasan dari jawabanmu. Tentu akan terdengar lebih baik, ketimbang hanya yes/no. Ingat, yang diuji adalah kemampuan berkomunikasimu, bukan pengetahuan umum. Atur dan hubungkan antara ide dan kalimat secara tepat, bicara yang jelas dengan kecepatan normal, dan gunakan struktur kosakata yang benar.

Prediksi

Sebelum melaksanakan ujian IELTS, ambillah tes prediksi setidaknya 3-4 minggu sebelumnya. Tujuannya adalah mengetahui sejauh mana hasil belajarmu. Cukup akurat lho, sekitar 70 hingga 80 pesen. Jika nilai tes prediksi mencapai 6.5-7.0, artinya kamu perlu lebih giat lagi. Di tes sungguhan, mungkin nilaimu masih di 6.0-6.5. Nah, tentu bisa dijadikan acuan untuk tahu apa yang masih harus diperbaiki dan dipelajari lebih dalam lagi.

Harus diingat!

Sebelum mulai menjalankan ujian, jangan lupa untuk perbanyak mengerjakan  latihan soal IELTS ya. Percuma saja tips di atas kamu jalankan kalau tidak pernah berlatih. Kamu bisa menggunakan jasa guru privat IELTS agar kamu bisa lebih fokus belajar. Jangan lupa jaga kesehatan ya!

Cheers and good luck, smart buddies! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.