Ruangguru Blog

    Selain Ben & Jody, Ini Kisah Persahabatan yang Punya Karya Bersama!

    By Ruangguru writer · Aug 4, 2017

    Setiap orang pasti memiliki sahabat. Kamu juga kan, Smart Buddies? Bersama sahabat, ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama dan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, perannya juga dibutuhkan untuk saling mendukung dan menginspirasi. Nah, berikut ini adalah 5 kisah persahabatan yang berkolaborasi untuk menghasilkan suatu karya bersama. Penasaran siapa saja dan seperti apa kisah mereka? Yuk, disimak!

    1. J.R.R Tolkien & C.S. Lewis

    Kisah persahabatan - J.R.R Tolkien J.R.R Tolkien dan C.S Lewis (Sumber : cdn.evbuc.com)

    Apakah kamu pernah membaca buku atau menonton serial Lord of the Rings dan The Chronicles of Narnia? Ternyata, pengarang kedua serial tersebut bersahabat, lho! John Ronald Reuel Tolkien, pengarang Lord of the Rings dan Clive Staples Lewis, pengarang Narnia bertemu pertama kali pada tahun 1926 dalam suatu pertemuan di Fakultas Bahasa Inggris Merton College, London. Di pertemuan tersebut, keduanya menyadari bahwa mereka memiliki minat yang sama dalam hal bahasa, puisi, mitos, dan cerita.

    Kemudian, Tolkien dan Lewis sama-sama berkuliah di Oxford University dan membentuk klub sastra bernama Inklings. Pada tahun 1939 hingga 1949, Tolkien menulis Lord of the Rings. Lewis pun terinspirasi dan mengikuti jejak Tolkien. Ia pun mulai menulis Narnia pada tahun 1949 sampai 1954. Latar belakang cerita persahabatan Frodo, Sam, dan Aragon serta hubungan emosional kakak beradik Pevensies dengan Aslan ternyata terinspirasi dari persahabatan mereka sendiri. Tak disangka, karya mereka sama-sama menjadi best seller hingga saat ini. Bahkan kisah persahabatan kedua penulis legendaris ini akhirnya difilmkan dengan judul Tolkien & Lewis.

    2. Raisa & Isyana

    Kisah persahabatan - Raisya dan Isyana Raisa dan Isyana (Sumber: midspot.com)

    Akhir Maret yang lalu, kolaborasi Raisa dan Isyana dalam lagu Anganku, Anganmu membuat banyak orang terkejut. Bagaimana tidak, keduanya merupakan 2 penyanyi wanita papan atas di Indonesia dan sering dibanding-bandingkan sehingga banyak yang mengira mereka memiliki hubungan yang kurang baik.  Lagu tersebut pun seakan membantah anggapan tersebut. Apalagi tema yang mereka angkat adalah persahabatan perempuan yang saling mendukung satu sama lain. Dengan kolaborasi ini, Raisa dan Isyana  membuktikan bahwa saat ini berkolaborasi jauh lebih berharga untuk dilakukan daripada saling bersaing dengan cara yang tidak sehat.

    Perkenalan mereka bermula ketika Isyana sedang mulai naik daun. Saat itu, banyak yang menuding Isyana mencoba mengikuti Raisa yang sudah lebih dulu populer. Lalu suatu hari, Raisa menyapa Isyana lewat chat dan menyatakan kekaguman serta dukungan untuknya agar terus berkarya di dunia musik. Kedua sahabat ini mengungkapkan bahwa mereka memiliki kesamaan, yaitu sama-sama introvert sehingga merasa cocok satu sama lain. Hingga kini, Raisa dan Isyana masih terus bersahabat dan saling mendukung.

    3. Larry Page dan Sergey Brin

    kisah persahabatan - Larry Page dan Sergey Brin Larry Page dan Sergey Brin (Sumber: youtube.com)

    Siapa yang tidak tahu Google? Raksasa teknologi ini memiliki kisah menarik dalam pendiriannya, lho. Dahulu, inovasi dalam pencarian data ini digagas oleh sepasang sahabat sejati yakni Sergey Brin dan Lary Page. Mereka tidak menyangka pertemuan pada pagi hari Bulan Maret tahun 1995 itu akan membuahkan salah satu terobosan paling ikonik di sejarah. Pagi itu Brin bertemu Page, mahasiswa ilmu komputer lulusan Universitas Michigan yang hendak melanjutkan studi di Stanford. Brin diminta kawannya untuk mengantarkan Page dan beberapa kawannya berkeliling di sekitar kampus.

    Pada awalnya, keduanya sering berselisih pendapat, namun dari perselisihan tersebut keduanya justru semakin dekat. Mereka pun semakin dekat setelah mendapat beasiswa yang sama dari Yayasan National Science Foundation. Setahun berikutnya, kelahiran Google mulai terinisiasi. Page yang saat itu sedang mengerjakan disertasinya mengajak Brin mengobrol. Page menceritakan ambisinya untuk memudahkan pencarian data. Mereka pun sepakat untuk membuat mesin pencari yang sekarang dikenal sebagai Google. Keduanya hingga sekarang masih menjadi sahabat sekaligus rekan bisnis yang inspiratif.

    4. Chicco Jerikho dan Rio Dewanto

    kisah persahabatan - Chicko Jeriko dan Rio Dewanto Chicko Jeriko dan Rio Dewanto (Sumber: media.mbigroup.co.id)

    Chicco Jerikho dan Rio Dewanto merupakan dua aktor ternama yang telah mewarnai dunia perfilman Indonesia. Bagi mereka, bermain film tidak hanya menambah pengalaman, tapi juga terbukti dapat menambah sahabat. Keduanya menjalin persahabatan setelah bermain dalam film Filosofi Kopi yang menceritakan persahabatan dan perjalanan hidup Ben (Chicco) dan Jody (Rio). Dalam film itu, Ben yang merupakan pecinta kopi bekerja sama dengan Jody untuk membangun kedai Filosofi Kopi untuk menggantikan toko kopi ayahnya. Ben yang ambisius dan berkomitmen dalam dunia perkopian harus dapat bekerja sama dengan Jody yang seorang pebisnis yang rasional.

    Ternyata, kisah persahabatan dalam film tersebut bersemi ke dunia nyata. Chicco dan Rio menjadi semakin dekat setelah film tersebut dan bahkan memutuskan untuk menjadikan kedai Filosofi Kopi itu nyata. Keduanya membuka kedai pertamanya di kawasan Melawai, Jakarta Selatan dan membuka kedai keduanya di Yogyakarta pasca film Filosofi Kopi tayang. Siapa yang setuju kalau persahabatan mereka benar-benar inspiratif?

    5. Ben Affleck dan Matt Damon

    Kisah persahabatan - Ben Affleck dan Matt Damon Ben Affleck dan Matt Damon (Sumber: etonline.com)

    Sepasang sahabat ini telah saling mengenal selama 35 tahun. Berasal dari daerah yang sama, Boston, Amerika Serikat, keduanya sudah mengenal sejak kecil. Mereka mulai berteman sejak Damon berumur 10 dan Affleck berumur 8 tahun. Rumah mereka hanya berjarak dua blok dan ibu mereka pun berteman akrab. Keduanya mengenyam pendidikan di sekolah yang sama hingga tingkat menengah atas. Mereka pun memiliki passion pada hal yang sama yaitu membuat dan bermain peran dalam film.

    Tahun 1997 menjadi tahun bersejarah bagi Affleck dan Damon. Pasalnya, film yang ditulis mereka, Good Will Hunting, meraih kesuksesan besar dan mendapatkan penghargaan Oscar. Selain itu Good Will Hunting juga mendapatkan 226 juta Dollar di box office. Keduanya pun menjadi terkenal sebagai rekan kerja dalam dunia perfilman hingga sekarang.

    Bagaimana, Smart Buddies? Kisah persahabatan mereka sangat menginspirasi, bukan? Selain menumbuhkan persahabatan yang langgeng, mereka juga dapat membuahkan karya yang bermanfaat. Wah, seru ya bisa menjalin persahabatan seperti itu. Kamu juga bisa, lho! Yuk, bergabung di Ruangguru Digital Bootcamp (RGDB) untuk menemukan teman baru dan bersama-sama masuk PTN yang diinginkan! (NF/SP/RE)

    Share this:

    Tags: inspirasi, Friendship, karya, kegiatan produktif, study tips

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!