CEO Ruangguru Iman Usman (Photo by DailySocial)

CEO Ruangguru Iman Usman (Photo by DailySocial)

Ruangguru sebagai perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi terus berusaha mencari cara untuk berkembang dengan menghadirkan berbagai inovasi strategi dan produk baru. Semua itu dilakukan untuk memberikan layanan terbaik bagi siswa sekolah di Indonesia. Setelah sukses berkembang pesat dengan 2 produknya, pencarian guru privat dan penyediaan kelas untuk belajar berkelompok (kelas.ruangguru.com), kali ini satu lagi produk baru siap diluncurkan. Akan diluncurkan sebuah online test platform untuk siswa SMP dan SMA di Indonesia: tes.ruangguru.com. Inovasi produk ini diwujudkan dengan dukungan DBS, melalui kampanye SPARK.

Kegelisahan bahwa siswa sekolah tidak mempersiapkan diri dengan efektif dan efisien untuk mengikuti berbagai ujian, menginspirasi tim Ruangguru.com untuk membuat produk ini. Biasanya, siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan membeli buku kumpulan soal, atau mengikuti try out dari berbagai lembaga. Metode tersebut memang membantu siswa untuk mengenal berbagai tipe soal dan gambaran pelaksanaan ujian, namun masih belum memberikan evaluasi performa siswa dalam mengerjakan soal. Hasil menjawab soal-soal di buku hanya benar/salah, dengan kunci jawaban seringkali kurang komprehensif. Di sisi lain, hasil try out tidak benar-benar akan membantu siswa dalam hal materi, karena biasanya selalu ada saat mendekati waktu ujian sehingga siswa tidak mempunyai banyak waktu untuk memperbaiki performanya apabila tidak mencapai target.

Inovasi platform tes.ruangguru.com akan memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam mempersiapkan ujian dengan mengikuti online test. Senjata utama platform ini adalah adanya sistem evaluasi yang sangat personal sesuai performa pengerjaan tes yang dilakukan siswa, seperti analisis waktu pengerjaan, serta kelebihan dan kekurangan siswa dalam mengerjakan suatu materi, bahkan submateri. Siswa pun akan mendapatkan masukan untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi ujian. Selain itu, akan diberikan rekomendasi guru terbaik dari Ruangguru.com untuk belajar privat dengan lebih maksimal. Semua itu dapat diakses langsung setelah selesai mengerjakan suatu paket soal.

Pengembangan dengan sistem gamification (sistem dalam game untuk meningkatkan partisipasi user) juga tentu akan membuat produk ini lebih menarik dibanding metode persiapan ujian yang lazim digunakan saat ini. Siswa akan dapat melihat leaderboard (sistem peringkat) yang dapat diakses secara keseluruhan, kolektif antar sekolah, maupun berkelompok (per sekolah, misalnya). Sistem peringkat ini sudah tentu bukan hanya untuk memperlihatkan peringkat saja. Bagi siswa yang mengerjakan soal dengan baik sesuai standar tertentu yang ditetapkan, akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dalam mengikuti ujian, atau menikmati layanan Ruangguru.com lainnya dengan diskon tertentu. Semua layanan dalam produk ini disediakan secara gratis untuk siapa saja, dimana saja.

Selain siswa, nantinya guru pun bisa menikmati layanan ini dengan perannya sendiri, yaitu dengan melakukan customization soal-soal, memantau pengerjaan siswa, dan mendapatkan data lengkap dari hasil pengerjaan soal-soal dari siswa di kelasnya. Hal ini akan sangat membantu juga bagi guru dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan siswanya, sehingga bisa memberikan pelajaran dengan lebih akurat, sesuai kebutuhan siswa.

Platform tes.ruangguru.com akan segera diluncurkan versi beta-nya pada bulan Juli, dan ditargetkan untuk meluncur secara penuh di bulan Agustus., tim Ruangguru.com berharap platform ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dan dapat mengembangkan kerja sama dengan pemerintah di masa depan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, layanan ini bisa diwujudan dan segera diluncurkan dengan adanya dukungan dari DBS, dengan kampanyenya yang bertajuk “SPARK: Igniting Possibilities, Sparkling Joy”. SPARK adalah inspirasi, aspirasi, maupun ide untuk mewujudkan sesuatu yang positif. Kampanye ini adalah salah satu bentuk komitmen DBS untuk mewujudkan ide dan aspirasi positif yang dimiliki oleh masyarakat. Sebagai contoh, aspirasi kami untuk membuat tes.ruangguru.com ini berhasil diwujudkan dan dikembangkan dengan dukungan DBS. Kamu juga bisa mendaftarkan SPARK-mu, di go.dbs.com/spark, hingga akhir Juni ini. Ayo bergabung untuk mewujudkan aspirasimu bersama DBS!

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi terbaru terkait pengembangan produk ini, silakan subscribe di tes.ruangguru.com.