Buat Liburanmu Lebih Seru dengan 5 Kerajinan Tangan Berikut Ini! | Blog Ruangguru

Buat Liburanmu Lebih Seru dengan 5 Kerajinan Tangan Berikut Ini!

Hai, smart buddies! Meskipun harus di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa mendapat liburan seru lho. Yuk, coba belajar hal baru! Eits, bukan belajar akademik seperti di sekolah kok. Simpan bukumu sejenak, mari melakukan aktivitas tangan! Ingat dengan pelajaran prakarya yang menyenangkan dulu? Nah, kamu bisa menciptakan keseruan itu lagi lho. Berikut 5 kerajinan tangan yang patut dicoba selama liburan ini. Check them out

1. Scrapbooking

Ingin menjadikan cetakan foto kamu lebih ciamik? Kamu bisa mencoba scrapbooking nih, smart buddies. Gunakan gunting, lem, pita, dan berbagai pernak-pernik supaya makin fancy dan artsy. Padu padankan juga dengan kancing, selotape, hingga benang yang kamu miliki. Eits, tidak harus beli baru, lho. Barang-barang bekasmu pun bisa kamu olah agar menjadi berguna kembali.

kerajinan tangan - Hasil scrapbooking foto

Hasil scrapbooking foto. (Sumber: pinterest.com)

Secara umum, scrapbooking merupakan metode menyajikan memorabilia dalam bentuk buku, kotak, ataupun kartu. Pada objek foto, scrapbooking biasanya digunakan untuk menambahkan catatan penting yang berhubungan dengan cerita foto. Cara ini bisa juga untuk mempercantik buku agenda kamu di semester depan lho.

kerajinan tangan - Berbagai alat untuk melancarkan scrapbooking kamu

Berbagai alat untuk melancarkan scrapbooking kamu. (Sumber: wikimedia.org)

2. Paper quilling

Secara harafiah, kerajinan ini dasarnya memang menggulung kertas. Gulungan-gulungan tersebut dibentuk sesuai kebutuhan. Dapat berupa petal bunga, bentuk tetesan air, bahkan berbentuk kotak. Selanjutnya, semua bentuk itu digabungkan untuk membentuk objek yang diinginkan.

kerajinan tangan - Kreasi paperquilling

Kreasi paperquilling. (Sumber: youtube.com)

Biasanya toko-toko kerajinan menyediakan kertas berukuran kecil khusus untuk paperquilling. Bila ingin lebih berhemat kamu bisa membuat sendiri dari kertas A4 warna ataupun spectra kok. Kamu hanya perlu memotong secara manual dengan penggaris dan cutter. Pen quilling juga akan mempermudahmu dalam menggulung kertas. Gunakan lem kertas untuk menggabungkan antar gulungan kertas.

kerajinan tangan - Pen quillling mempermudah pekerjaan menggulung kertas

Pen quillling mempermudah pekerjaan menggulung kertas. (Sumber: aliexpress.com)

3. Embroidery

Ingin mempercantik koleksi pakaian-pakaian lama kamu? Atau ingin memberi aksen baru pada berbagai kemeja polosmu? Yuk, terapkan teknik embroidery atau menyulam!

kerajinan tangan - Menyulam benang pada pakaian motif polos

Menyulam benang pada pakaian motif polos. (Sumber: flaxandtwine.com)

Jarum yang digunakan untuk menyulam adalah jenis jarum jahit tangan yang memiliki lubang pada ujungnya. Sementara, untuk mengatur tegangan pada kain digunakan alat bernama span ring yang biasanya terbuat dari kayu ataupun bahan plastik. Jangan lupa siapkan benang warna-warni sesuai kreasi yang ingin kamu wujudkan.

4. Crocheting & knitting

Siapa bilang aktivitas merajut hanya identik dengan aktivitas nenek-nenek? Menurut studi Dr Rosebud Roberts dari Mayo Clinic di AS, partisipan yang memiliki ketertarikan pada seni, kerajinan tangan, dan aktivitas sosial memiliki resiko lebih rendah mengidap mild cognitive impairment (MCI). Suatu keadaan transisi antara pengurangan fungsi kognitif akibat penuaan dan penyakit dimensia.

kerajinan tangan - Amigurumi Totoro dari hasil crocheting

Amigurumi Totoro dari hasil crocheting. (Sumber: ravelry.com)

Dalam Bahasa Indonesia, kedua kata ini biasa diterjemahkan dengan kata merajut. Sama-sama aktivitas menjalin benang hingga memiliki fungsi tertentu, crocheting hanya membutuhkan 1 jarum biasa disebut hakpen dan knitting harus menggunakan 2 jarum bernama breien. Perbedaan selanjutnya terlihat pada hasil rajutannya. Pakaian yang dibuat dengan teknik crocheting memiliki susunan yang lebih renggang sehingga cocok untuk pakaian daerah tropis.

kerajinan tangan - Teknik crocheting

Teknik crocheting. (Sumber: wikihow.com)

Modal yang dibutuhkan selanjutnya adalah benang. Kamu dapat memilih benang sesuai kebutuhan barang apa yang ingin dibuat. Benang katun biasa dibuat untuk unwearable things (barang yang tidak dikenakan) seperti tas dan bros, sementara untuk membuat pakaian biasa dipilih benang rayon.

5. Beading

Suka dengan aksesoris-aksesoris lucu? Dibanding beli dalam bentuk jadi, bagaimana kalau membuat desain kalung bahkan gelang versimu sendiri? Bahkan kamu berpeluang menciptakan tren baru lho. Tertarik mencoba?

kerajinan tangan - Berkarya dengan manik-manik

Berkarya dengan manik-manik. (Sumber: pandahall.com)

Intinya, beading adalah merangkai manik-manik dengan memakai kabel atau tali hingga terbentuk aksesoris. Pada tahap lebih lanjut, macam-macam jenis tang (pliers) digunakan sesuai kebutuhan.

kerajinan tangan - Bermacam tang yang digunakan untuk kerajinan beading

Bermacam tang yang digunakan untuk kerajinan beading. (Sumber: thrfun.com)

Setelah menyimak ulasan di atas, apakah kamu tertarik mencobanya selama liburan ini? Untuk membantumu belajar, kamu juga bisa lho menemukan guru berbagai kerajinan tangan di RuangLes. Psst, bisa kegiatan ini bisa juga membuatmu tambahan uang jajan lho. Coba mulai tawarkan barangmu dari lingkaran paling dekat, keluarga, saudara, teman-teman, bahkan tetanggamu. Berani coba, smart buddies? (NM/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.