Membuat Pelajaran Matematika Jadi Menyenangkan dengan Lagu Hip Hop | Blog Ruangguru

Membuat Pelajaran Matematika Jadi Menyenangkan dengan Lagu Hip Hop

Bagi beberapa (bahkan banyak) siswa, Matematika masih menjadi salah satu mata pelajaran yang menyeramkan, memusingkan, tapi juga menantang. Penuh dengan hitung-hitungan dan rumus sering kali jadi pencetus utamanya. Terlebih lagi, biasanya pengajar Matematika itu dikenal “killer” dan metode pengajarannya membosankan. Kalau siswa terus-menerus dirundung rasa takut, bagaimana bisa mereka belajar dengan efektif?

Pelajaran Matematika - Siswa merasa bosan dalam belajar

Siswa merasa bosan dalam belajar. (Sumber: scienceabc.com)

Nah, ada salah seorang guru Matematika bernama Kurt Minnaar yang punya metode mengajar unik. Caranya mengajar mungkin akan menginspirasi bapak/ibu guru. Selama beberapa tahun ke belakang, ia mengajar jenjang SMA di Eben Donges High School, Cape Town, Afrika Selatan. Bukan mendikte atau hanya menjelaskan di depan kelas, melainkan dengan musik hip hop. Menurutnya, metodenya ini akan membuat para siswa merasa lebih rileks dan tidak cepat bosan. Dengan demikian, siswa pun jadi lebih mudah dalam memahami pelajaran Matematika.

Pelajaran Matematika - Kurt Minnaar

Kurt Minnaar. (Sumber: oggiscuola.com)

Metodenya ini terinspirasi dari pengalamannya sendiri ketika berada di bangku sekolah. Saat itu, Minnaar merupakan siswa yang agak hiperaktif dan mengalami kesulitan belajar karena kurikulum yang monoton. Ia mudah merasa bosan, apalagi saat pelajaran yang agak rumit seperti eksak. Kemudian, ketika beranjak dewasa, ia menyadari bahwa sistem pendidikan tradisional belum tentu bisa diterapkan bagi seluruh anak. “Metode mengajar tradisional hanya mengajarkan membaca, menulis dan belajar mandiri,” ujarnya.

Ketika menjadi guru, ia terkejut mengetahui bahwa ada siswanya yang kelas 8 tidak paham pelajaran kelas 4. Jadi, Mannaar pun berinisiatif mencari cara untuk membuat siswa paham akan pengajarannya. Mulailah ia menerapkan metode pengajaran baru yang lebih sesuai untuk anak-anak seperti dirinya. “Dengan metode buatan saya ini, siswa bisa lebih kreatif, aktif bahkan membantu siswa yang disleksia,” tambah Minnaar.

Pelajaran Matematika - Minnaar mengajar siswanya di kelas

Minnaar mengajar siswanya di kelas. (Sumber: youtube.com)

Well, sebelum menjadi pengajar, guru yang berusia 33 tahun ini merupakan seorang seniman dan koreografi dengan spesialisasi musik hip-hop. Tidak heran, ia sangat menguasai warna musik yang demikian. Dengan musik hip hop, siswa pun sering diajaknya untuk turut menyanyi dan menari dalam kelas. Bahkan, ia mengklaim bahwa siswa jadi senang bermusik sepertinya.

Pelajaran Matematika - Mengajar dengan cara unik di kelas

Mengajar dengan cara unik di kelas. (Sumber: facebook.com)

Melalui bantuan dari beberapa rekan musisi, guru yang khas dengan tampilan rambut keriting panjang ini menciptakan macam-macam lagu yang judulnya pun sangat Matematika. Beberapa di antaranya yaitu “Cre-eight”, “Trick-onometry”, serta “Van Guard”. Dengan durasi rata-rata 60 detik, lirik lagunya berisi tabel perkalian angka 7 dan angka 6. Nantinya, ia berencana akan menelurkan album yang berisi lagu bernuansa full angka Matematika.

Pelajaran Matematika - kurt minnaar

Kurt Minnaar. (Sumber: youtube.com)

“Menurutku ini adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Tidak semua orang bisa memahami sesuatu dengan cara yang sama. Aku senang karena para murid ternyata menyukai apa yang aku ajarkan,”

Hmm, nampaknya cara ini bisa jadi inspirasi untuk bapak/ibu guru. Pasalnya, penerapan dari metode ini terbilang berhasil dilihat dari tingginya antusias siswa mengikuti kelas. Kini, Minnar menjadi guru idola berkat cara mengajarnya yang fun dan tampilannya yang tidak menyeramkan. Ditambah, nilai para siswa pun turut meningkat.

Pelajaran Matematika - Maannar menjelaskan mengenai metode uniknya

Maannar menjelaskan mengenai metode uniknya. (Sumber: netwerk24.com)

Melihat hasil yang signifikan pada mata pelajaran Matematika, ia ingin membuat lebih banyak materi dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kita tunggu saja lagu barunya untuk mata pelajaran lain ya. Cheers! (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Veronika says:

    Mantapppppp,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.