3 Prioritas Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

3 Prioritas Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Prioritas Menentukan Jurusan Kuliah

Foto: sunfoundation.or.id

Kegalauan sering muncul tatkala siswa kelas XII mendapat pertanyaan “Mau kuliah di mana?”. Belum juga ujian nasional, udah ditanyain mau kuliah di mana. :(

Banyak alasan yang mereka lontarkan ketika berbicara tentang kelanjutan studi. Padahal, tak jarang dari mereka yang masih menggalaukan pilihan jurusan menjelang pendaftaran SNMPTN/SBMPTN dengan berbagai pertimbangan. Sebenarnya, apa sih yang perlu diprioritaskan dalam memilih jurusan kuliah?

Daripada bingung, yuk prioritaskan 3 hal berikut dalam penentuan jurusan kuliah kamu!

1. Passion

Jurusan Sesuai Passion

Foto: www.kompasiana.com

Kamu adalah pribadi yang paling tahu kemampuan dan keinginanmu. Mengenali minat dan bakat akan sangat membantu dalam menentukan pilihan jurusan. Selain itu, kamu bisa mengasah bakat dan menjadikannya profesi di masa mendatang. Kuliah sesuai passion akan membuatmu enjoy dalam menjalani perkuliahan. Meskipun tugas kuliah menumpuk, kamu dapat menyelesaikannya dengan baik.

Namun, mengenali passion ternyata tidak mudah, lho! Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa mencari tahu sendiri atau bertanya pada guru bimbingan konseling untuk mendapat pengarahan tentang apa yang kamu minati.

2. Kampus Favorit

Jurusan sesuai kampus favorit

Foto: smalan.sch.id

Kuliah di kampus favorit adalah kebanggaan setiap siswa. Banyak siswa yang akhirnya mengabaikan passion hanya untuk mengejar kuliah di kampus favorit sehingga jurusan apa saja akan ditempuh asal dapat diterima di kampus idaman.

Memiliki mimpi untuk kuliah di kampus favorit itu baik, tapi kemampuan diri juga harus diukur. Jika hanya mengikuti gengsi, bisa saja timbul kekecewaan atas jurusan yang dijalani karena tidak sesuai dengan harapan. Akhirnya merasa salah jurusan dan berbuntut mengikuti ujian masuk kuliah pada tahun berikutnya. Sangat disayangkan, bukan?

3. Tujuan Kerja

Jurusan sesuai tujuan kerja

Foto: m.inilah.com

Tidak sedikit siswa yang melanjutkan studi pendidikan tinggi berdasarkan apa yang dicita-citakan dari awal. Jika kamu mengalaminya, biasanya menentukan jurusan menjadi lebih mudah karena kamu sudah tahu mau bekerja sebagai apa kelak. Sebagai contoh, seorang siswi ingin menjadi dokter, lalu ia berusaha agar bisa lolos ujian masuk fakultas kedokteran. Kemungkinan untuk lolos dalam penjaringan penerimaan mahasiswa baru pun akan semakin besar, karena ia sudah tahu tujuan dan cara mencapainya.

Bagaimana, sudah memilih mau menggunakan prioritas yang mana? Ketiga prioritas tersebut tidak ada yang salah kok. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa memadu-madankan ketiganya. Coba ukur kemampuanmu, ketahui passion-mu, carilah jurusan yang sesuai, kemudian gali informasi mengenai jurusan tersebut di kampus-kampus favorit, dan cocokkan apakah sudah sesuai dengan tujuan kerjamu nanti. Jangan lupa juga untuk gali informasi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan pilihanmu. Dengan begitu, diharapkan kemungkinan kamu merasa salah jurusan akan berkurang.

Good Luck! :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.