Mengasah Essential Skills Bersama Ruangguru

Mengasah Essential Skills Bersama Ruangguru

essential-skills-6

Tanggal 20-21 Juni 2015 lalu, Ruangguru kembali mengadakan 2 days workshop. Kali ini workshop digelar di EV Hive, sebuah co-working space milik East Ventures yang berlokasi di Jl. Kyai Maja no. 39, Jakarta Selatan. Tujuan diselenggarakannya workshop adalah untuk meningkatkan kualitas personal peserta baik dalam mengembangkan proyek di komunitas maupun kualitas pribadi. Dengan menghadirkan instruktur-instruktur yang ahli dalam bidangnya, sesi-sesi workshop dikemas dan disampaikan dengan cara yang sama sekali berbeda, tidak seperti seminar dan workshop lain pada umumnya.

DAY 1    

Di hari pertama para peserta belajar mengenai bagaimana menggali dan memvalidasi ide dengan prinsip Design Thinking. Selain itu peserta juga dibekail dengan pengetahuan tentang Visual Presentation dan Business Model Canvas. Iman Usman, co-founder dan CEO Ruangguru, menjadi instruktur pada sesi pertama. Pada sesi ini para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, profesi dan daerah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan sebuah kasus yang sama. Di dalam masing-masing kelompok inilah para peserta belajar bagaimana mengaplikasikan prinsip Design Thinking, mulai dari tahap brainstorming sampai pada tahap pembuatan rapid prototype.

Di sesi kedua ada Pigar Mahdar, seorang konsultan senior di sebuah agensi komunikasi terkemuka, yang menjelaskan tentang Visual Presentation. Pigar menggambarkan bagaimana selama ini banyak sekali dari kita yang tidak menganggap penting tampilan dan segi estetik sebuah presentasi, padahal kita hampir bisa dipastikan akan melakukan presentasi pada banyak kesempatan, baik ketika di sekolah maupun saat sudah bekerja. Di sesi inilah Pigar membahas satu per satu elemen seperti teks, data, warna, gambar dan space yang baik untuk sebuah presentasi.

Sesi terakhir membahas tentang Business Model Canvas yang dipaparkan oleh Iman Usman. Setelah pemaparan materi, peserta kembali bekerja dalam kelompok untuk membuat Bussiness Model Canvas dari beberapa brand lokal dan internasional.

Day 2

Di hari kedua, para peserta workshop belajar meningkatkan kualitas personal dengan menguasai essential skills yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti project management, time management, financial management, membuat CV & Cover letter serta life planning.

Sesi project management, time management, financial management, dibawakan oleh Faldo Maldini yang pernah menjabat sebagai Ketua BEM UI 2012 & Presiden Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di United Kingdom. Selanjutnya, ada Iman Usman di sesi membuat CV dan cover letter. Dani seorang mahasiswa yang menjadi salah seorang peserta menjelaskan bagaimana banyak sekali tips mengenai pembuatan CV yang sebelumnya tidak ia ketahui. Sesi terakhir dari rangkaian workshop ini adalah life plan. Di sesi ini para peserta diminta untuk membuat perencanaan untuk tiga tahun ke depan.

Dengan mengikuti rangkaian workshop ini diharapkan para peserta dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari maupun di proyek atau bisnis yang akan mereka jalankan. Selama mengikuti workshop, respon dari para peserta sangat baik. Menurut Muhammad N., materi yang disampaikan banyak memberi informasi baru untuk pengembangan dirinya. Selain itu, para intruktur juga membawakan materi di setiap sesi dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Nadia, salah seorang peserta workshop lainnya, mengaku sangat puas dengan materi yang telah diberikan dan workshop secara keseluruhan.

You may also like...

1 Response

  1. Teuku Yuza Mulia says:

    Keren sih ini acaranya. Gue mau ikut gajadi krn sakit :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.