Mengatasi Berbagai Ketakutan Saat Berada di Lingkungan Baru (Part 2)

Mengatasi Berbagai Ketakutan Saat Berada di Lingkungan Baru (Part 2)

Ketika masuk kehidupan kuliah, semuanya jelas berubah lho. Dimulai dari materi pelajaran, pergaulan, pakaian, sampai cara belajar.

lingkungan baru

Akan banyak sekali hal baru yang kamu peroleh ketika kuliah. Misalnya istilah IPK, SKS, SP, KRS, dan masih banyak lagi. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya di sini, jangan harap dosen akan menagih tugas yang tidak kamu kumpulkan. Satu-satunya yang bertanggung jawab atas nilaimu di kampus adalah dirimu sendiri. Clueless? Here’s some tips for you.

  • Baca buku panduan yang biasanya disediakan untuk para mahasiswa baru. Kalau di panduan masih kurang jelas, coba tanyakan pada dosen, staf, juga senior yang kamu kenal.
  • Dikarenakan sistemnya self-centered, kamu harus rajin cari materi tambahan sendiri. Pastikan sebelum masuk kelas, baca-baca terlebih dulu agar ada bayangan mengenai materi yang akan dipelajari. Jangan lupa, setelah kelas, review sedikit agar kamu lebih paham.
  • Selama berada di kelas, catat hal-hal penting yang disampaikan oleh dosen. Ini penting banget karena belum tentu kamu masih ingat apa yang dipelajari dua jam ke depan, kan? Kalau kamu tipe orang yang mudah bosan, catatlah dengan spidol dan pulpen berwarna.

lingkungan baru

Jadwal kuliah tentu akan berbeda dengan sekolah. Bisa saja ada kelas pagi, siang kosong, lalu kembali kelas pukul 7 malam. Gimana caranya biar nggak mati gaya selama menunggu?

  • Bawa laptop, WiFi-an deh di spot kampus yang cozy. Kalau belum punya laptop, main-main ke lab komputer atau perpustakaan yang biasanya menyediakan komputer. Selain WiFi, kamu juga bisa baca bermacam-macam jenis buku yang ada di perpustakaan.
lingkungan baru

Foto: centre.edu

  • Kalau bosan melanda, coba main ke kost atau rumah teman di sekitar kampus.
  • Kamu sah-sah saja kok nongkrong bersama teman, asal jangan jadi boros ya. Kamu bisa coba nongkrong in a good way misalnya ke sekre organisasi kampus, sambil kenalan dengan orang-orang baru.

lingkungan baru

Bagi kamu yang sudah terbiasa moving class saat sekolah, harusnya tidak kaget lagi. Di kampus, beda mata kuliah, beda pula ruangannya. Namun kebingungan mungkin saja terjadi pada kamu karena merasa masih asing di kampus baru.

lingkungan baru

Foto: altcon.ru

  • Pada umumnya, mahasiswa baru diberikan denah. Jika tidak, kamu bisa coba lihat di website kampus, simpan, lalu print. Tidak perlu malu bawa denah itu ke mana-mana sampai kamu merasa sudah cukup familiar dengan lokasi-lokasi di kampus.
  • Datang lebih awal agar kamu punya waktu lebih untuk mencari ruangan.

lingkungan baru

lingkungan baru

Foto: steadyhealth.com

Di dunia perkuliahan kamu akan (bahkan harus) punya kelompok belajar. Nah, pola belajar yang cukup ‘bebas’, ini membuat kamu harus jadi pribadi yang cekatan. Dengan adanya kelompok, belajar dan nugas jadi lebih semangat. Kamu dan teman-teman bisa saling membantu dan mengingatkan dalam mengerjakan tugas. Tidak perlu ramai-ramai, cukup 4-6 orang saja. Seimbangkan isi orang-orang di dalamnya ya. Ada yang pintar, rajin, malas, dan macam-macam lagi.

Demikian sedikit tips dalam menghadapi lingkungan baru di dunia perkuliahan. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di link berikut ini ya. Tunggu tips beradaptasi di tempat baru part ketiga ya!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.