Minat Membaca Siswa Rendah? Inilah 10 Strategi yang Harus Guru Lakukan | Blog Ruangguru

Minat Membaca Siswa Rendah? Inilah 10 Strategi yang Harus Guru Lakukan

Membaca mempunyai banyak sekali manfaat, di antaranya mendapatkan informasi, juga memperluas wawasan. Sayangnya, minat membaca pelajar masa kini terbilang cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, bapak/ibu guru wajib memotivasi para siswa untuk gemar membaca sejak dini. Menumbuhkan minat membaca memang susah-susah gampang. Namun jika bapak/ibu melakukan cara yang tepat, maka semua bisa ditangani. Berikut Ruangguru.com berikan 10 cara menyenangkan untuk meningkatkan minat membaca pada siswa.

#1. Buku yang tepat

minat membaca - kumpulan buku

Kumpulan buku novel. (Sumber: natgen.com)

Mulai sekarang, coba sudahi menyuguhkan buku-buku yang ‘harus’ dibaca siswa. Mengapa? Cara tersebut tidak lagi efektif, malah menjemukan. Rendahnya minat membaca bisa dikarenakan siswa belum menemukan buku yang tepat. Jika sudah ada jenis buku yang menarik, perlahan-lahan akan timbul minat membaca. Sebagai guru, bapak/ibu bertugas membantu siswa menemukan topik buku yang disukai. Mulai dari mencari tahu hobi, acara televisi apa yang mereka suka, kemudian temukanlah buku yang kira-kira punya tema dan karakter serupa. Cara ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun sangat efektif.

#2. Manfaatkan apa yang ada di sekitar

Majalah dengan artikel-artikel pendek dan didominasi gambar bisa membantu. Graphic novel dan audiobooks juga bisa jadi pilihan yang ciamik. Sodorkan siswa buku komik, bungkus snack yang ada permainan di baliknya, resep, menu makanan, dan sebagainya. Tanpa disadari, siswa akan membaca setiap kata yang ada pada barang-barang tersebut. Memang bacaannya masih ringan, namun pelan-pelan mereka akan menikmati serunya membaca.

#3. Ciptakan suasana

Kalau sudah suka dan terbiasa, membaca bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Namun untuk pemula, dibutuhkan space yang mumpuni, seperti tersedianya kursi yang nyaman, pencahayaan cukup, dan buku yang variatif. Di dalam kelas misalnya, coba isi dengan banyak buku-buku menarik. Jika dikelilingi buku, perlahan siswa akan tertarik untuk menyentuh bukunya, kemudian membuka, melihat gambar, dan mulai membaca halaman demi halaman.

minat membaca - perpustakaan yang nyaman

Kondisi perpustakaan yang nyaman. (Sumber: fashionschoolguide.com)

Selain di kelas, dalam hal ini sekolah harus punya fasilitas perpustakaan yang membuat siswa nyaman dan betah berlama-lama. Pemilihan lokasi perpustakaan pun sebaiknya jauh dari hiruk pikuk. Koleksi buku harus diperbaharui terus setiap minggu/bulan, disesuaikan dengan anggaran dari pihak sekolah. Penyediaan buku-buku baru yang berkenaan langsung dengan kehidupan sehari-hari siswa akan menarik minat. Hal ini pun akan membuat siswa jadi ketagihan untuk membaca. Selain itu, menciptakan taman baca juga bisa jadi ide seru lho!

#4.  Menempel slogan

minat membaca - motivasi gemar membaca

Motivasi untuk gemar membaca. (Sumber: vidyasury.com)

Membuat slogan yang berisi pesan edukatif dan penuh motivasi dengan gaya bahasa anak muda. Slogan ini terdapat di setiap lokasi yang sering dikunjungi siswa. Jika siswa sering melihat pesan-pesan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat baca mereka.

#5. Sharing

minat membaca - guru sharing mengenai buku

Guru sharing mengenai buku yang dibaca. (Sumber: magicyears.com)

Jadilah role model bagi para siswa. Setelah selesai membaca sebuah buku, cobalah sharing kepada mereka. Ceritakan pada mereka bahwa bapak/ibu merasakan pengaruh positif setelah membaca buku tersebut. Buatlah siswa penasaran, sehingga muncul keinginan untuk mengetahui buku tersebut lebih lanjut. Eits, bukan berarti tidak diperkenankan memberi review buruk lho ya. Sah-sah saja, namun jangan sampai mengendurkan minat baca siswa.

#6. Cara membaca

Bimbing siswa untuk mengetahui siasat agar membaca jadi lebih menyenangkan.

#7. Mengadakan field trip

Sesekali, coba adakan field trip mengunjungi toko buku dan perpustakaan terbaik. Dengan dikelilingi ribuan buku, menyentuh setiap halamannya, menghirup aroma buku, akan memberikan sensasi yang berbeda. Selain itu, siswa dihadapkan dengan lingkungan baru, yang tidak melulu di sekolah.

#8. Undang penulis

minat membaca - J.K Rowling

J.K Rowling, penulis buku Harry Potter. (Sumber: metro.us)

Jika memungkinkan, coba undang penulis buku favorit untuk hadir di kelas dan sharing pada siswa. Biasanya jika seorang penulis baru saja meluncurkan buku, akan ada seminar dan bedah buku setelahnya. Bisa juga dengan mengajak siswa kunjungan ke acara bedah buku. Dengan melihat penulisnya langsung, siswa akan lebih semangat karena ada rasa kagum dan bangga bisa bertemu dengan seorang penulis tersohor.

#9. Manfaatkan untuk berkreativitas

Selesai membaca, bukan berarti usai sampai di situ. Ajak siswa untuk berkreativitas dari hasil buku yang dibacanya. Misalnya, menggunakan aksesoris dan kostum yang menjadi ciri khas tokoh pada buku. 

#10. Holiday Project

Coba beri project menarik ketika liburan tiba, namun jangan sampai menyulitkan ya. Buat liburan siswa jadi lebih menyenangkan, tapi tetap produktif. Setiap siswa diberikan kartu BINGO yang isinya adalah instruksi yang harus dikerjakan setiap harinya. Sebagai contohnya, coba lihat ini:

minat membaca - kartu BINGO

Contoh kartu BINGO. (Sumber: scholastic.com)

Nah, masing-masing kotak berisikan tantangan seputar membaca. Misalnya, membaca buku di luar ruangan, membaca cerpen, membacakan cerita pada anak-anak dengan suara lantang, dan sebagainya. Nah, tantangan ini harus selesai dipenuhi setelah kembali masuk sekolah nanti. Jangan lupa beri hari untuk beristirahat ya. Ingat, hal ini bertujuan agar minat membaca siswa meningkat, bukan justru membuah siswa jengah.

Itulah kesepuluh cara menyenangkan yang bisa bapak/ibu guru lakukan untuk meningkatkan minat membaca siswa. Jangan lupa untuk selalu mengedukasi siswa mengenai pentingnya membaca. Selamat mencoba ya!

Apabila bapak/ibu punya metode lain yang tak kalah ampuh dan menyenangkan, share di kolom komentar yuk! Psst, jika cara-cara di atas berhasil, ceritakan pada kami dan bagikan artikel ini ke orang banyak ya! Happy teaching! :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Kaka Ai says:

    Terima kasih, Pak Guru atas tulisannya. Tampaknya bisa diaplikasikan nieh untuk rumah-rumah baca di pelosok.

    Bravo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.