Ruangguru Blog

    Pembahasan Latihan Soal Berikut Akan Membuatmu Lebih Siap Hadapi UN Geografi 2017

    By Ruangguru · Apr 3, 2017

    Siapa yang suka dengan pelajaran Geografi? Well, pelajaran ini memang sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Bukan hanya sekadar studi tentang peta lho, smart buddies. Geografi mempelajari apa, mengapa, di mana, sebab, dan akibat atas apapun yang terjadi di muka bumi ini. Bagaimana bumi terbentuk, berbagai elemen air, tanah, udara, dan masih banyak lagi.

    Nah, menjelang UN yang sudah tinggal menghitung hari ini, coba simak dulu yuk latihan soal UN Geografi 2017 berikut. Semoga kamu jadi lebih siap :)

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    1. Peta persebaran pekerja di pertambangan:

    peta

    Peta di atas disajikan dengan ....

    A. simbol titik, data kualitatif
    B. simbol titik, data kuantitatif
    C. simbol area, data kualitatif
    D. simbol area, data kuantitatif
    E. simbol garis, data kualitatif

    Jawaban: B

    Pembahasan:

    Simbol pada peta:

    • simbol titik: menunjukan posisi suatu objek
    • simbol garis: mewakili objek yang linier
    • simbol area: menunjukkan luasan suatu objek

    Sedangkan data kuantitatif menunjukkan jumlah. Data kualitatif adalah data informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa simbol angka atau bilangan.menunjukkan

    geografi

    2. Komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin adalah laki-laki sebanyak 240 jiwa dan perempuan sebanyak 380 jiwa. Sex ratio penduduk daerah tersebut adalah ... jiwa.

    A. 36
    B. 60
    C. 63
    D. 93
    E. 99

    Jawaban: C

    Pembahasan:

    geografi1

    geografi

    3. Wilayah Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini, Timor Leste dan Malaysia. Hal ini termasuk konsep lokasi ....

    A. absolut
    B. relatif
    C. astronomis
    D. geomorfologi
    E. geologis

    Jawaban: B

    Pembahasan:

    1. Lokasi absolut: posisi suatu daerah berdasarkan garis astronomi
    2. Lokasi relatif: berdasarkan daerah sekitarnya
    3. Lokasi astronomis: berdasarkan garis astronomis yaitu garis lintang dan bujur (lokasi absolut)
    4. Lokasi geomorfologi: berdasarkan bentuk permukaan bumi
    5. Lokasi geologis: berdasarkan posisi lempeng

    geografi

    4. Perhatikan hal-hal di bawah ini:

    (1) Luas tanah
    (2) Vegetasi penutup
    (3) Jenis tumbuhan
    (4) Jenis tanah
    (5) Iklim

    Faktor-faktor yang mempengaruhi erosi adalah ....

    A. (1), (2), (3)
    B. (1), (2), (4)
    C. (1), (3), (5)
    D. (2), (4), (5)
    E. (3), (4), (5)

    Jawaban: D

    Pembahasan:

    Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat erosi yang terjadi di permukaan bumi, di antaranya sebagai berikut.

    Curah Hujan

    Intensitas hujan menunjukkan banyaknya jumlah dan volume curah hujan persatuan waktu. Biasanya dinyatakan dalam mm/jam atau cm/jam.

    Sifat-Sifat Tanah

    Tanah dengan tekstur kasar, seperti pasir akan tahan terhadap erosi karena butir-butir yang besar (kasar) tersebut memerlukan lebih banyak tenaga untuk mengangkut. Tekstur halus, seperti liat akan tahan terhadap erosi karena daya ikat yang kuat sehingga gumpalannya sukar dihancurkan. Tekstur tanah yang paling peka terhadap erosi adalah debu dan pasir sangat halus. Oleh karena itu, semakin tinggi kandungan debu dalam tanah, tanah menjadi semakin peka terhadap erosi. Kandungan bahan organik menentukan kepekaan tanah terhadap erosi karena bahan organik memengaruhi kemantapan struktur tarrah. Tanah yang mantap akan tahan terhadap erosi.

    Lereng

    Erosi akan meningkat apabila lereng semakin curam atau semakin panjang. Jika lereng semakin curam, kecepatan aliran permukaan meningkat sehingga kekuatan mengangkut meningkat pula. Lereng yang semakin panjang menyebabkan volume air yang mengalir menjadi semakin besar.

    Vegetasi

    Erosi dipengaruhi oleh penutupan lahan (vegetasi). Daerah di permukaan bumi dengan vegetasi yang rimbun sedikitnya akan terhindar dari terjadinya erosi. Hutan menjadi ekosistem alam yang paling efektif dalam mencegah terjadinya bahaya erosi. Sekitar 7096 dari suatu lahan di permukaan bumi harus tertutupi oleh vegetasi.

    Manusia

    Faktor lain yang dapat memicu terjadinya erosi, yaiti manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Kepekaan tanah terhadap erosi dapat diubah oleh manusia menjadi lebih baik atau buruk. Pembuatan teras-teras pada tanah berlereng curam menipakan pengaruh baik manusia karena dapat mengurangi erosi

    geografi

    5. Keadaan Laut Jawa sama dengan laut di Selat Malaka dan Teluk Siam, yaitu termasuk laut yang berbentuk....

    A. Palung
    B. Punggung
    C. Transgresi
    D. Ingresi
    E. Basin

    Jawaban: C

    Pembahasan:

    Laut Jawa sama dengan laut di Selat Malaka dan Teluk Siam merupakan laut yang tidak dalam yang termasuk dangkalan Sunda yang terbentuk karena es di kutub mencair.

    Secara geologi, Paparan Sunda adalah landas kontinen perpanjangan lempeng benua Eurasia di Asia Tenggara. Massa daratan utama antara lain Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarya. Area ini meliputi kawasan seluas 1,85 juta km2. Kedalaman laut dangkal yang membenam paparan ini jarang sekali melebihi 50 meter, dan kebanyakan hanya sedalam kurang dari 20 meter, hal ini mengakibatkan kuatnya erosi dasar laut akibat gelombang laut. Tebing curam bawah laut memisahkan Paparan Sunda dari kepulauan Filipina, Sulawesi, dan Kepulauan Sunda Kecil.

    Pembagian laut menurut terjadinya:

    1. Laut Transgresi atau Laut Meluas, yaitu laut yang terjadi karena perubahan permukaan air laut positif, baik yang disebabkan oleh kenaikan permukaan air laut itu sendiri atau oleh turunnya daratan perlahan-lahan, sehingga sebagian dari daratan digenangi air. Laut jenis ini pada umumnya terjadi pada akhir zaman glacial. Contoh: Laut Utara dan Laut Jawa.
    2. Laut Ingresi atau Laut Tanah Turun, laut ini terjadi karena turunnya tanah sebagai akibat tekanan vertikal (gaya endogen) yang menimbulkan patahan. Contoh : laut Karibia, Laut Jepang, dan Laut Tengah.
    3. Laut Regresi atau Laut Menyempit, laut ini terjadi karena laut mengalami proses penyempitan akibat adanya endapan2 di laut yang dibawa sungai sehingga laut tersebut mengalami pendangkalan. Contohnya : Selat Malaka.

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Kamu lupa beberapa materi tertentu? Tenang saja, kamu bisa mempelajari materi-materi persiapan UN melalui video belajar dari RuangVideo.

    Psst, sehabis Geografi, masih ada mata pelajaran UN lainnya lho yang akan dibahas di blog Ruangguru. Stay tuned, smart buddies! (TN)

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Lihat soal UN Bahasa Inggris 2017 di sini.

    Lihat soal UN Bahasa Indonesia 2017 di sini.

    Lihat soal UN Matematika SMA (IPS)  2017 di sini.

    Share this:

    Tags: ujian nasional, Studi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!