[PBTS] Uci: Bekerja Serasa Bermain

Uci: “Di Ruangguru Antara Bekerja dan Bermain Itu Bedanya Tipis”

Halo! Kembali lagi untuk mengenal People Behind The Scene di Ruangguru. Penasaran siapa yang akan kita kenalin ke kamu kali ini?  Yuk kita kenalan!

People Behind The Scene Ruangguru.com: Uci

People Behind The Scene Ruangguru.com: Uci

Namanya Suci Lestari, atau yang lebih akrab dipanggil Uci. Uci merupakan lulusan dari Universitas Negeri Jakarta dengan jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, yang kini bekerja sebagai Educational Content Associate di Ruangguru.com. Uci yang lebih memilih membaca sastra lama karangan Pramoedya Ananta Toer dibanding teenlit ini, ingin berbagi cerita mengenai pengalaman serunya bekerja di Ruangguru.com. Yuk simak wawancara berikut!

RG: Apa saja pengalaman kamu sebelum di Ruangguru.com?

Uci: Sebelum bergabung di Ruangguru.com saya memiliki pengalaman sebagai

  1. Staf magang pada Pusdiklat Kementerian Kesehatan unit Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
  2. Internship staff Faculty of Science and Technology Sampoerna University pada 2014.
  3. Selain itu sejak tahun 2014-2015 saya aktif menjadi asisten dosen dan tim peneliti di prodi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, almamater saya.

RG: Apa pencapaian terbesar dalam hidup kamu?

Uci: Beberapa pencapaian terbesar yang saya miliki di antaranya adalah

  1. Top 4 English Debating Competition UNJ.
  2. Medali perak pada ajang I-ENVEX 2013, Malaysia.
  3. Medali perunggu pada ajang ITEX 2013, Malaysia.
  4. Runner up Mahasiswa Berprestasi FIP UNJ 2013.

Tapi bagi saya, pencapaian terbesar saya dalam hidup adalah ketika berhasil bangkit dari kegagalan. Saya merupakan orang yang selalu mempunyai rencana ke depannya, salah satu kegagalan terbesar bagi saya adalah ketika dua kali berturut-turut rencana saya tidak tercapai. Tetapi dibalik kegagalan itu mengantarkan saya pada bidang yang saya tekuni saat ini yaitu pendidikan. Tidak mudah untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. Saya membutuhkan waktu beberapa tahun. Setelah saya berhasil menemukan makna dibalik kegagalan tersebut, saya belajar dan bersyukur akan hal itu.

RG: Lalu apa alasan kamu memilih untuk bergabung di Ruangguru.com?

Uci: Alasan saya bergabung karena visi dan concern saya sejalan dengan Ruangguru.com yaitu di bidang pendidikan dan teknologi. Saya ingin menjadi bagian dari anak muda Indonesia yang peduli pada isu pendidikan dan berusaha memberikan solusi dengan intervensi teknologi.

RG: Apa posisi dan tanggung jawab kamu di Ruangguru.com?

Uci: Sebagai Educational Content Associate saya bertanggung jawab terhadap konten-konten soal untuk tes online di Ruangguru.com dan memastikan bahwa soal teringrasi dengan baik. Namun, tantangan di startup kita harus redefining our own jobdesc karena belum ada yang menjadi acuan untuk pengadaan soal jadi harus mengembangkan dari awal. Tapi saya yakin mau tantangan seperti apapun pasti akan ada jalan keluarnya. Itulah yang membuat saya semakin termotivasi supaya membuat sistem menjadi lebih efektif dan efisien.

RG: Apa tantangan bekerja di Ruangguru.com dan bagaimana cara menghadapinya?

Uci: Tantangan bekerja di Ruangguru.com adalah kondisi kerja yang serba dinamis dan dituntut untuk cepat. Selain itu, lingkungan kerja yang menuntut produktivitas tinggi dan efisiensi. Tantangan-tantangan tersebut mendorong saya untuk berpikir aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan pekerjaan.

RG: Apa pendapatmu mengenai perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini?

Uci: Untuk saat ini, pendidikan di Indonesia sudah mulai ada perubahan. Namun kondisinya, Indonesia merupakan negara kepulauan jadi kendala yang paling utama adalah akses dan pemerataan kualitas. Menurut saya, yang penting diutamakan dari pendidikan adalah kualitas gurunya bukan kurikulumnya. Karena mereka yang akan secara langsung menyampaikan materi pelajaran ke siswa makanya kualitasnya harus di update dan di upgrade.

RG: Menurut kamu, hal apa yang bisa dilakukan untuk berkontribusi dengan pendidikan Indonesia?

Uci: Dari pengalaman menjadi seorang yang concern di pendidikan, membuat perubahan itu tidak harus dilakukan ketika kita sudah berada di posisi tertentu atau mulai dari sesuai yang besar. Semua itu bisa dimulai dari hal kecil, seperti dengan ikut berperan di Ruangguru.com yang merupakan start up. Harapannya dengan adanya Ruangguru.com bisa membantu kontribusi secara aktif untuk pendidikan di Indonesia melalui jalur informal.

RG: Setelah bergabung, bagaimana kesan kamu dengan Ruangguru.com?

Uci: Sebagai fresh graduate, kesan saya setelah bergabung bersama Ruangguru.com adalah startup merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan diri secara profesional dengan cara menantang diri sendiri untuk menjadi kreatif, memperhatikan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

RG: Bagaimana lingkungan kerja di Ruangguru.com?

Serunya di Ruangguru.com, isinya anak muda semua jadi lebih nyaman dan lingkungan kerjanya santai tapi tetap dituntut untuk profesional. Disini, antara bekerja dengan bermain itu bedanya tipis. Positifnya itu bisa mengurangi stress level karena bekerja di startup selalu dituntut untuk cepat dan produktivitas tinggi.

RG: Apa harapan dan impian kamu untuk Ruangguru.com?

Uci: Harapan dan impian saya untuk Ruangguru.com adalah semoga Ruangguru.com dapat terus berkontribusi bagi pendidikan nasional melalui pembelajaran berbasis teknologi. Faktor geografis Indonesia yang berpulau-pulau bukan lagi kendala untuk mendapatkan akses belajar karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan bantuan teknologi.

RG: Terima kasih sudah berbagi cerita dan pengalaman kamu ya, Uci :)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.