Pentingnya Orang Tua Mempertimbangkan Pesan Guru Privat untuk Anak | Blog Ruangguru

Pentingnya Orang Tua Mempertimbangkan Pesan Guru Privat untuk Anak

guru privat

Belajar bersama guru privat. (Sumber: greatschools.org)

Dewasa ini kemampuan akademik siswa merupakan tolak ukur yang penting dalam kehidupannya. Persaingan semakin ketat untuk bisa diterima di sekolah dan universitas yang baik. Bahkan, akan lebih baik jika seorang siswa memiliki sederet prestasi lainnya disamping prestasi akademik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memfasilitasi kegiatan belajar dan berkembangnya seorang anak adalah dengan mempekerjakan guru privat. Apa saja keunggulan dari guru privat? Simak selengkapnya di artikel ini.

Waktu belajar yang fleksibel

guru privat

Siswa dapat mengatur jam belajar sendiri. (Sumber: flickr.com)

Berbeda dari kursus lainnya, mendatangkan guru privat memungkinkan siswa untuk mengatur jadwal belajarnya sendiri. Ia bisa menentukan hari di mana pelajaran di sekolah tidak terlalu berat untuk belajar privat di rumah. Jam belajarnya pun dapat disesuaikan. Jadi, seorang siswa tidak perlu terburu-buru pulang dari sekolah agar bisa sampai di tempat kursus tepat waktu.

Pendekatan lebih personal

Dengan sistem belajar privat, guru dapat melakukan pendekatan yang lebih personal pada siswanya. Cara mengajar, kecepatan menjelaskan, dan hal-hal lainnya akan bisa disesuaikan dengan preferensi siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.

Orang tua dapat memantau secara langsung

Jika siswa belajar di tempat kursus, orang tua akan sulit untuk mengawasi apakah anaknya benar-benar belajar dengan baik. Lain halnya dengan belajar privat. Orang tua bisa memantau kegiatan belajar anak-anaknya secara langsung. Dengan begitu, uang yang dikeluarkan oleh orang tua dalam memfasilitasi kegiatan belajar anak-anaknya tidak sia-sia.

Suasana belajar lebih nyaman

guru privat

Suasana belajar yang nyaman. (Sumber: ehardhat.com)

Selain waktu belajarnya fleksibel, tempat belajar privat juga tidak terpaku pada sebuah ruangan tertutup. Siswa dapat belajar di taman, di ruang tamu, atau tempat-tempat lain yang dirasa kondusif. Tempat belajar yang tidak membosankan akan membuat siswa lebih nyaman dalam belajar. Ia akan lebih betah berlama-lama belajar.

Guru lebih fokus pada siswa

Biasanya kegiatan belajar privat terjadi antara seorang siswa dan satu orang guru. Oleh sebab itu, guru menjadi sangat fokus dalam memperhatikan kemajuan siswanya. Perhatian akan ditujukan secara penuh kepada satu siswa saja. Hal ini memungkinkan hasil dari proses belajar yang lebih baik.

Siswa lebih leluasa bertanya

guru privat

Siswa bebas mengajukan pertanyaan. (Sumber: speech4hearing.com)

Kadang kala siswa malu untuk bertanya kepada guru saat berada di dalam kelas besar. Bisa juga mereka ingin bertanya tetapi tidak mendapatkan giliran. Dengan belajar secara privat, siswa akan lebih percaya diri dan leluasa untuk bertanya. Sebagai hasilnya, siswa jadi benar-benar memahami suatu pelajaran.

Belajar hingga tuntas dan benar-benar paham

Siswa dapat mempelajari suatu materi hingga tuntas bersama guru privatnya. Sejak awal belajar, guru dapat langsung fokus pada matri yang kurang dipahami oleh siswa. Ia tidak perlu mengulang lagi semua yang sudah dipelajari sebelumnya di sekolah. Guru pun jadi memiliki lebih banyak waktu untuk menjelaskan hal-hal yang masih belum dimengerti dengan baik oleh siswa.

Itu dia tujuh hal yang membuat pesan guru privat menjadi penting. Kini mencari guru privat yang berkualitas tidak lagi sulit. Temukan guru privat yang sesuai kriteria Anda di www.ruangguru.com. Proses pemesanan dan pembayarannya sangat mudah, lho. Cari tahu selengkapnya di artikel ini. Selamat belajar! (AZN/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.