Selain PTN, 6 Perguruan Tinggi Kedinasan Ini Layak Kamu Jadikan Pilihan Berkuliah | Blog Ruangguru

Selain PTN, 6 Perguruan Tinggi Kedinasan Ini Layak Kamu Jadikan Pilihan Berkuliah

Siswa-siswi kelas 12 SMA pasti sering sekali dilanda kegalauan tentang lanjut kuliah ke mana setelah lulus. Kebanyakan memilih di perguruan tinggi negeri atau swasta. Tetapi, kira-kira smart buddies tahu nggak sih tentang Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)? PTK ini patut menjadi pertimbangan lho. Mari kita bahas tentang keunggulan yang kamu rasakan jika memilih kuliah di PTK.

Perguruan Tinggi Kedinasan/Sekolah Tinggi Kedinasan adalah Perguruan Tinggi yang menawarkan kuliah gratis. Memiliki ikatan dinas dengan instansi/perusahaan maupun pemerintah.

Keunggulan Perguruan Tinggi Kedinasan

Biaya kuliah gratis

Kuliah di PTK tidak memerlukan biaya semester. Mengapa? Bagi kamu yang berhasil masuk ke PTK artinya kamu sudah tidak perlu khawatir biaya. Semua biaya akan dibiayai oleh Pemerintah. Tapi jangan salah lho, tidak mudah juga untuk masuk ke PTK. Kuota yang disediakan sangat terbatas apabila dibandingkan dengan PTN.

Prospek kerja ikatan dinas

Apabila kamu kuliah di PTK akan ada ikatan dinas. Sehingga, kamu akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Bagi yang ingin menjadi Pegawai Negeri, peluang kamu akan terbuka lebar. Ini juga menjadi alasan PTK perlu menjadi pertimbangan pilihan kuliah untukmu.

Mendapat uang saku

Selain mendapatkan biaya kuliah gratis, kamu akan mendapatkan uang saku. Keperluan kamu saat kuliah akan terjamin dengan pemberian uang saku ini. Secara tidak langsung bisa meringankan beban orang tua juga kan, smart buddies?

PTK Terbaik di Indonesia

  • PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Perguruan Tinggi Kedinasan - STAN

STAN. (Sumber: stan.ac.id)

Politeknik Keuangan Negara STAN dahulu bernama STAN. PKN STAN di bawah naungan Kementerian Keuangan. Lokasi Kampus Utama PKN STAN terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Info Pendaftaran Tanggal 9-31 Maret (http://www.panselnas.id)
Tes Masuk Tes Tertulis (Potensi Akademik dan Bahasa Inggris), Tes Kesehatan dan Kebugaran, Tes Kompetensi Dasar
Program Studi Kebendaharaan Negara (Diploma I), Kepabeanan dan Cukai (Diploma I, Diploma III), Pajak (Diploma I dan Diploma III), Akuntansi (Diploma III dan Diploma IV), Manajemen Aset (Diploma III), dan Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai (Diploma III)
  • STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik mulai didirikan pada tahun 1958 dahulu bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS). Lokasi STIS di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta. STIS berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS).

Info Pendaftaran Tanggal 9-31 Maret (http://www.panselnas.id)
Tes Masuk Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar, Tes Psikotes, Tes Kesehatan
Program Studi Statistik (Diploma III, dan Diploma IV), dan Komputasi Statistik (Diploma IV)
  • STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
Perguruan Tinggi Kedinasan - Mengikuti pelatihan bela diri.

Mengikuti pelatihan bela diri. (Sumber: blogspot.com)

Sekolah Tinggi Sandi Negara mulai membuka pendidikan pada tahun 2002. STSN merupakan Sekolah Tinggi Persandian satu-satunya di Indonesia. Lokasinya di Jl. Raya H. Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng Bogor, Jawa Barat.

Info Pendaftaran Tanggal 9-31 Maret (http://www.panselnas.id)
Tes Masuk Tes Potensi Akademik, Tes Psikologi, Tes Tertulis CT dan MI, Tes Kebugaran dan Kesehatan.
Program Studi Manajemen Persandian Diploma IV dan Teknik Persandian (Teknik Rancang Bangun dan Teknik Kripto) Diploma IV
  • Sekolah Akademi Militer (AKMIL)
Perguruan Tinggi Kedinasan - AKMIL

AKMIL. (Sumber: flickr.com)

AKMIL adalah sekolah pendidikan militer TNI Angkatan Darat. Telah berdiri pada 31 Oktober 1945. Lokasi AKMIL berada di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Info Pendaftaran 1 Februari – 21 April 2017 (http://rekrutmen-tni.mil.id)
Tes Masuk Tes Kesehatan, Tes Jasmani, Tes Mental Ideologi, dan Tes Psikologi
Program Studi Tamtama, Bintara AD, Taruna Akmil
  • Sekolah Akademi Kepolisian (AKPOL)
Perguruan Tinggi Kedinasan - AKPOL

AKPOL. (Sumber: harga.web.id)

Sekolah Akademi Kepolisian merupakan lembaga pendidikan kepolisian yang berada dibawah naungan Kalemdikpol. Merupakan sarana lembaga pendidikan untuk mencetak perwira polri. Lokasi AKPOL di Jl. Sultan Agung No. 131 Candi Baru Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Info Pendaftaran 14 Maret – 15 April 2017 (http://www.penerimaan.polri.co.id)
Tes Masuk Setiap Tes masuk antar Program Studi AKPOL berbeda, secara umum terdiri dari: Tes Kesehatan, Tes Psikologi, Tes Jasmani, Tes Tertulis
Program Studi Taruna AKPOL, Bintara, Tamtama, Bintara TI, Bintara Musik
  • IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah Kementerian Dalam Negeri. IPDN berdiri pada tahun 1990. Lokasi IPDN terletak di Jatinangor, Jawa Barat, Indonesia.

Info Pendaftaran 9-31 Maret 2017 (http://www.panselnas.id)
Tes Masuk Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kesehatan, Tes Psikologi
Program Studi Fakultas Manajemen Pemerintahan (Sumber Daya Manusia, Studi Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Kebijakan Pemerintahan) dan Fakultas Politik Pemerintahan (Studi Kebijakan Pemerintahan dan Studi Politik Pemerintahan) Diploma IV

Bagaimana? Sekarang jadi lebih tahu kan tentang PTK? Kamu wajib coba untuk cari tahu PTK mana yang sesuai dengan keinginan kamu. Kendala yang sering dialami biasanya seleksi super ketat ditambah dengan saingan yang sangat banyak dari seluruh daerah di Indonesia. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan niat belajar yang kuat, rajin olahraga untuk tes kesehatan, dan berdoa. Ingat ya, smart buddies! Pendaftaran online sudah dibuka, jangan sampai kamu kelewatan. Good luck! (DNI/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Ruka says:

    Orang tua bijak,menantu pajak….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.