Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ngopi

Ngopi Yuk: Suka Minum Kopi? Ayo Perhatikan 5 Hal Ini!

“Ngopi yuk!”

Ajakan minum kopi memang menggoda, baik ketika kamu sudah mulai suntuk dengan tugas-tugas, untuk sekedar hang-out bersama teman satu geng, atau bahkan modus mengajak jalan gebetan :p. Budaya minum kopi memang cukup kuat di Indonesia, apalagi mengingat negara kita ini adalah salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia, lho!

Namun, kadar kafein dan asam yang dihasilkan biji kopi membuatnya memiliki efek samping yang bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Mulai dari sakit perut, jantung berdegup lebih kencang, hingga perasaan cemas. Sebenarnya hal ini tidak bisa digeneralisir, karena memang setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda.

Nah, ini dia 4 hal yang kamu perlu tahu sebelum mengonsumsi kopi dan efek yang bisa ditimbulkan oleh kopi.

Check them out!

1. Kopi dan Daya Tahan Tubuh

Kamu pasti sering nih mengonsumsi kopi ketika musim ujian sudah dekat untuk “persiapan” belajar sampai malam alias begadang. Tetapi, ada juga lho yang sudah meminum kopi pun, dia tetap bisa tertidur cepat. Ini dikarenakan oleh berbedanya reaksi tubuh setiap orang terhadap kafein dan hal ini normal kok.

2. Ngopi di pagi hari?

morning coffee?

morning coffee?

Menurut berbagai penelitian, ternyata tubuh kita mempunyai kafein “alami” lho, yaitu hormon kortisol. Hormon ini membuat kita lebih “melek”, dan biasanya diproduksi tubuh sekitar pukul 08.00-09.00 pagi, sehingga meminum kopi saat itu membuat tubuhmu akan tidak efektif dalam menyerap manfaat kafein kopi tersebut. Ini juga menjadi alasan biasanya jam “coffee break” dimulai pukul 10 pagi.

3. Keseringan minum kopi? Hati-hati jantung dan ginjalmu!

Bila kamu memiliki masalah dengan jantung, sistem pencernaan, asam lambung, atau di bagian ginjal, maka ada baiknya asupan kopi kita dibatasi ya! Hal ini dikarenakan kafein membuat detak jantung semakin kencang. Selain itu, konsumsi kafein yang berlebihan dalam jangka waktu panjang bisa berpengaruh pada ginjal, bahkan menyebabkan gagal ginjal.

4. Kopi Meningkatkan Resiko Diabetes?

Kamu pasti penasaran, kok bisa sih kopi bikin diabetes? Well, jika kamu penyuka kopi yang manis dan ditambahi susu dan krim, tentunya kadar gula dalam darah juga bisa naik. Apalagi dalam kopi instan, biasanya kadar gula dan susunya lebih tinggi dibandingkan kopi hitam biasa. Kuncinya adalah minum secukupnya.

5. Netralkan Kafein dengan Air Mineral dan Vitamin C

makan banyak buah

makan banyak buah

Jika kamu merasa tidak enak badan atau tetap terjaga padahal kamu ingin tidur setelah meminum kopi, segera minum air mineral dan makan buah yang banyak mengandung vitamin C, karena kafein dipercaya akan dapat dinetralkan lagi oleh air mineral dan vitamin C.

Mulai sekarang, yuk menjadi penikmat kopi yang cerdas! Kenali tipe kopi yang sesuai dengan selera juga kemampuan pencernaan tubuhmu ya.

By the way, apa sih jenis racikan kopi kesukaanmu? Share yuk di kolom komentar! 😀

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.