Perhatikan 7 Tips Belanja Online Ini Agar Tidak Tertipu! | Blog Ruangguru

Perhatikan 7 Tips Belanja Online Ini Agar Tidak Tertipu!

Hai Smart Buddies, di era digital dengan teknologi yang canggih saat ini segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah. Kamu merasakannya juga kan? Terutama dalam hal berbelanja, banyak situs jual beli yang hadir. Banyak dari penjual di sana juga menawarkan harga yang lebih murah dari pasarannya. Dengan maraknya situs jual beli online yang hadir, pembeli harus lebih cermat dalam mengambil keputusan, agar terhindar dari tindakan penipuan online. Nah, kali ini Ruangguru merangkum beberapa tips belanja online dengan aman dan menghindari penipuan online. Penasaran? Yuk kita cermati tips-tips di bawah ini.

1.  Meningkatkan kewaspadaan

Tertipu online- Waspada belanja online

Waspada belanja online (Sumber: xohop.com)

Sebelum mulai membeli produk di situs online, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang produk yang akan dibeli. Kamu bisa membandingkan produk di satu situs dengan situs lainnya. Melakukan riset terlebih dahulu merupakan salah satu cara termudah untuk menghindari penipuan online juga loh. Kamu bisa mengetahui kisaran harga yang wajar, kualitas barang yang akan kamu beli, bahkan situs-situs yang orang lain gunakan untuk membeli barang tersebut. Jadi, harus waspada sejak awal yah.

2. Pilihlah situs yang telah terpercaya

Tips belanja online-Memilih situs yang tepat

Memilih situs yang tepat (Sumber: ronif.com)

Dengan beragam pilihan situs jual-beli, Smart Buddies pasti merasa bingung harus memilih yang mana. Terlebih, situs-situs tersebut menyediakan berbagai pilihan dan penawaran yang menarik. Oleh karena itu, Smart Buddies harus pintar memilih situs yang dapat dipercaya. Saat inin banyak juga situs jual beli yang memberikan sistem keamanan lebih untuk pembeli, uang baru akan diteruskan ke penjual jika kamu sebagai pembeli sudah memberikan konfirmasi terima barang. Dengan demikian, uang kamu lebih aman karena jika kamu tidak menerima barang dalam beberapa hari makan uang akan dikembalikan.

Kamu bisa sambil bertanya ke orang-orang terdekat juga kok menanyakan situs jual beli yang sering mereka gunakan. Selain itu, kamu juga bisa melihat tanggapan orang-orang yang telah menggunakan situs jual-beli ini di blog-blog dengan mesin pencari Google.

3. Lihat review (testimoni) dari pembeli sebelumnya

Setelah Smart Buddies memilih situs yang terpercaya, mungkin kamu bingung dengan banyaknya toko di dalam situs tersebut. Harus pilih yang mana yah? Sebaiknya lihat dulu review dari para pembeli sebelumnya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui apakah toko tersebut terpercaya atau tidak. Jangan lupa juga ya, perhatikan seberapa banyak review positif yang ada.  Jika berisi banyak tanggapan positif, kamu bisa lebih tenang dalam melakukan pembelian tanpa perlu khawatir tertipu.

4. Jangan cepat membeli produk dengan harga murah

tertipu online - jangan tergiur harga murah

Jangan tergiur harga murah (Sumber: 2.bp.blogspot.com)

Harga yang murah memang membuat semua orang tergiur. Akan tetapi, jika harga produk tersebut malah terlalu murah dan tidak wajar, harus dicurigai loh. Karena, penjual pasti tidak mau rugi. Dengan harga yang murah, kualitas bahan produk yang digunakan pasti di bawah standar atau bisa jadi produk tersebut palsu.

5. Perhatikan cara pembelanjaannya

Tips Belanja online- tahapan saat belanja online

Tahapan saat belanja online (Sumber: assets.jalantikus.com)

Setiap situs pembelanjaan pasti memiliki cara yang berbeda dalam transaksinya. Mulai dari cara pemesanan, pembayaran, pengiriman hingga penerimaan produk pasti berbeda.  Oleh karena itu, perhatikan baik-baik cara transaksi tersebut dengan benar. Jika terdapat sistem yang aneh, segera hentikan proses pembelanjaan. Lebih baik mencegah lho daripada terlanjur menjadi korban.

Bagaimana Smart Buddies, apakah kamu sudah siap berbelanja online? Semoga bisa membantu yah buat menghindari penipuan online. Kalau kamu punya tips lain, bisa loh ikutan sharing disini. Biar tidak ada lagi yang terkena online scam. Selamat mencoba! (NN/DR)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.