Ruangguru Blog

    Persiapkan Hal Berikut Dalam Menghadapi Tahun Pertama Kuliah (Part 2)

    By Ruangguru · May 12, 2016

    Banyak mahasiswa baru menyatakan bahwa kehidupan perkuliahan tidak seperti apa yang mereka pikirkan. Ada hal yang ternyata tidak sebaik, semudah, maupun seburuk yang dibayangkan sebelumnya.

    menghadapi tahun pertama kuliah

    Sebelumnya, Ruangguru.com sudah membahas perihal outfit dan cara bersosialisasi. Melanjutkan dari pembahasan sebelumnya, kali ini akan membahas tentang study guide dan berbagai aktivitas selama kuliah. Seperti apa ya? Keep scrolling ya. :)

    menghadapi tahun pertama kuliah

    Saat kuliah, kamu akan fokus pada jurusan yang kamu ambil, dengan berbagai macam mata kuliah yang belum familiar. Jadi, kamu memerlukan ekstra fokus dan usaha supaya tidak keteteran. Intip caranya yuk!

    1. Get organized

    Waktu SMA, guru tidak pernah bosan untuk mengingatkan dan membimbing kamu untuk menuntaskan tugas-tugas. Bahkan, kadang kamu jadi malas karena ‘diteror’ guru perihal tugas terus-menerus. Tapi jangan harap hal ini berlaku di dunia perkuliahan ya. Dosen itu sebatas memberikan tugas, selebihnya kembali padamu. Kalau kamu tidak mengerjakan tugas, dosen tidak akan marah atau menagih, tapi konsekuensinya nilaimu kosong. Artinya, kamu dituntut untuk belajar mandiri dan disiplin. Bayangkan kalau kamu tidak dapat mengontrol diri, bisa keteteran kuliahmu, padahal baru saja memulai tahun pertama. Coba deh beli organizer atau gunakan aplikasi seperti Google Calendar. Tempel sticky notes di tempat sering kamu lihat. Catat semua hal penting di sana jadi akan meminimalisir salah jadwal atau lupa janji.

    menghadapi tahun pertama kuliah Foto: neuropharmlabs

    Bagi anak kuliah, laptop, flashidsk atau hardisk adalah elemen penting sebagai tempat mengerjakan sekaligus penyimpanan tugas. Selain itu, rapikan juga database pada laptop atau komputermu. Buatlah folder demi folder tertata rapi sehingga kamu tidak perlu kesulitan dalam mencari. Bersihkan data-data yang sudah tidak penting agar memori tidak kepenuhan. Rajin membersihkan folder spam dan trash pada e-mail juga penting lho. Lalu, kalau ada channel yang tidak pernah kamu buka, mending unsubscribe daripada inbox-mu makin penuh.

    2. Find your own 'throne'

    Banyak spot di kampus yang bisa digunakan untuk belajar seperti perpustakaan. Tapi, kadang kamu malah menemukan spot favorit yang meningkatkan mood untuk belajar dan mengerjakan tugas. Mulailah explore segala sudut di kampusmu yang nyaman. Misalnya taman kampus, bawah pohon, ruang serbaguna, dan masih banyak lagi. Selama tidak ramai, nyaman, jauh dari gangguan, spot tersebut bisa dijadikan tempat yang tepat.

    3. Sedia payung sebelum hujan

    menghadapi tahun pertama kuliah Foto:cdn.klimg.com

    Virus adalah ancaman terbesar bagi gadgetmu, baik laptop, HP, flashdisk, hardisk, you name it. Namanya juga virus, pasti sifatnya tidak terduga, dan bisa datang dari mana pun. Sebelum virus datang, lindungi dulu seluruh data-data kepunyaanmu. Kamu bisa coba upload data penting ke Dropbox agar tetap ada cadangan. Penting sekali melakukan back-up agar tidak kehilangan data. Selain itu, ads di internet bisa jadi merupakan virus lho. Segera install Adblock juga ya. Beware!

    menghadapi tahun pertama kuliah

    Kebiasaan di kampus juga akan sangat berbeda dengan di sekolah. Saat kuliah, sebagian besar waktumu akan dihabiskan di kampus daripada rumah. Kesibukan ini akan bikin kamu rindu saat sudah lulus nanti. Dunia kampus adalah tempat yang tepat untuk mengarahkanmu bertemu dengan hal-hal yang kamu suka. Jadi, kalau selama ini belum menemukan apa passionmu, kuliah adalah kesempatan yang sangat baik. Let's find out how!

    1. Kegiatan non-akademik

    Bagi kamu yang sudah sering aktif ekskul di SMA biasanya akan lanjut ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sama pada waktu kuliah. Di awal masuk, bahkan sebelum, coba deh cek ada komunitas apa saja di kampus. Cari mana yang paling membuat kita tertarik mengikutinya.

    menghadapi tahun pertama kuliah

    Tidak masalah kok kalau ingin melanjutkan di bidang yang sama dengan ekskul sekolah. Ilmu kamu tentunya akan semakin bertambah dalam bidang tersebut. Tapi, tidak ada salahnya juga mencoba kegiatan yang benar-benar baru buatmu. Entah itu sinematografi, pecinta alam, tari, teater, dan banyak lagi. Ikut UKM akan membuatmu banyak belajar berorganisasi yang jadi bekal untuk dunia kerja nanti. Selain itu juga akan memperluas pergaulanmu lho!

    2. Seminar, workshop, kompetisi

    Fase kuliah adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan bakat dan kepribadian. Banyak juga seminar, workshop dan kompetisi yang diadakan guna mendukung peningkatan ilmu di luar akademik. Rajin-rajin cari tahu ada seminar, workshop terdekat dan beranikan diri untuk ikut.

    menghadapi tahun pertama kuliah Foto: capcomfcu.org

    Berbagai kegiatan ini tentunya akan sangat menyenangkan. Kamu jadi belajar banyak hal baru, juga bertemu orang-orang baru yang inspiratif dan punya kesamaan interest. Berani ikut kompetisi pun akan membuatmu berlatih keluar dari comfort zone. Tidak hanya itu, tapi skill tentu bertambah. Kamu akan jadi orang yang lebih percaya diri ke depannya.

    Hal-hal yang sering luput dari perhatian:

    1. Denah

    Kamu tidak mau kan menghabiskan waktu keliling kampus untuk mencari di mana gedung X, Y atau Z? Jadi, sebelum memulai hari pertama, pastikan kamu sudah pelajari denahnya ya. Kalau tidak diberikan dari pihak kampus saat ospek, coba cek di official website. Jika tidak ada juga, saat H-1 atau H-2, jalan-jalan deh di sekitar kampus. Meskipun tidak langsung hapal, setidaknya kamu sudah sedikit familiar dengan letaknya.

    2. Balance life issues

    menghadapi tahun pertama kuliah Foto: pbs.org

    Bagaimana agar kehidupanmu di kampus dapat berjalan dengan menyenangkan? Kuncinya adalah keseimbangan. Tidak harus jadi kupu-kupu kok. Boleh rajin bersosialisasi dan organisasi, tapi jangan lupa belajar. Intinya, semua harus dijalankan secara seimbang ya.

    Share this:

    Tags: Cerita Perkuliahan, Studi

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!