Rekomendasi Film Serta Trik Berikut Akan Membuatmu Fasih Bahasa Inggris | Blog Ruangguru

Rekomendasi Film Serta Trik Berikut Akan Membuatmu Fasih Bahasa Inggris

Merasa sudah belajar Bahasa Inggris bertahun-tahun tapi belum berani juga buat speak in English? Kalian sudah coba memanfaatkan film untuk bisa fasih Bahasa Inggris belum, smart buddies? Jika belum, wah kamu harus segera mencobanya untuk mendapatkan hasil yang mengejutkan!

- Takut berbicara Bahasa Inggris

Takut berbicara Bahasa Inggris? (Sumber: vmcdn.ca)

Pada film, selain kekayaan frase dan kosa kata, kamu juga bisa membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Inggris sesuai konteks pembicaraan. Aksen dan pronounciation yang diucapkan pemainnya dapat membuat telingamu menjadi lebih peka.

Ruangguru punya beberapa tips menarik untuk membuatmu fasih berbahasa Inggris, nih. Simak yuk!

1. Menyenangkan bukan membosankan

Satu hal yang perlu diingat adalah kamu ingin belajar bahasa Inggris in a fun way. Film yang menarik tentu akan membuatmu betah mengikuti alurnya. Sebelum menentukan film yang ingin ditonton, coba cari ulasan atau trailer-nya terlebih dahulu. Bila kamu tidak tertarik dengan judulnya, mungkin gambaran ceritanya dapat membuatmu tertarik. Kalau kamu tidak suka film yang jalan ceritanya memiliki konflik yang kompleks, jangan langsung memilih judul The Big Short, smart buddies. Inside Out mungkin bisa jadi rekomendasi film yang cocok untuk kamu dan partner. Ingin coba belajar bahasa Inggris dengan aksen British? Coba saksikan film-film Harry Potter.

 

Inside Out. (Sumber: imdb.com)

Inside Out (2015). (Sumber: imdb.com)

Harry Potter #5. (Sumber: imdb.com)

Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007). (Sumber: imdb.com)

2. Mulai dari yang paling mudah

Menonton film yang bertema keseharian juga dapat membantu memperlancar speaking sesuai konteks sehari-hari. Coba lihat serial Glee yang menceritakan kehidupan seputar dunia sekolah menengah. Dari sini, kamu bisa belajar percakapan-percakapan ringan antar teman dengan luwes.

- Percakapan yang sesuai dengan kesseharianmu

Percakapan yang sesuai dengan keseharianmu. (Sumber: nydailynews.com)

3. Boleh kok pakai subtitle

Kalau biasanya melihat film Hollywood dengan subtitle Bahasa Indonesia, kali ini coba beralih ke subtitle Bahasa Inggris. Teks percakapan yang ditampilkan pastinya dapat memudahkanmu untuk mengetahui secara pasti kata yang sedang diucapkan dalam dialog. Hal ini juga berguna untuk membiasakan telingamu mengenali bagaimana suatu kata atau frase diucapkan. Kamu ingin yang lebih menantang? Coba hilangkan subtitle sama sekali.

Film The Hunger Games bisa jadi rekomendasi yang tepat sekaligus seru. Dengan logat Amerika Utara yang jelas, kamu bisa mengerti dialog antar pemain. Kalaupun ada dialog yang terlewat, kamu tetap dapat memahami ceritanya melalui visual yang memanjakan mata. 

The Hunger Games. (Sumber: imdb.com)

The Hunger Games (2012). (Sumber: imdb.com)

4. Jangan hanya ditonton

Selain menonton, tujuanmu adalah membuatmu fasih speaking, kan? Tiru cara sang aktor mengucapkan dialog. Sering kali kamu akan mendapati celetukan yang menarik. Jangan segan untuk menekan tombol pause dan menirukannya sampai terdengar sama. Kamu juga bisa seolah-olah berperan menjadi salah satu aktor yang mengobrol dengan lawan mainnya.

Tonton film The King’s Speech deh, smart buddies. Film ini bercerita tentang King George VI yang bicaranya gagap. Namun, karena akan dinobatkan menjadi raja, ia harus belajar bahasa Inggris untuk melancarkan bicaranya. Nah, seakan kalian jadi sama-sama sedang belajar, kan? 

The King's Speech. (Sumber: imdb.com)

The King’s Speech (2010). (Sumber: imdb.com)

5. Cari partner

- Menonton film dengan teman

Menonton film dengan teman. (Sumber: tqn.com)

Coba ajak temanmu untuk nonton film bersama. Selain bisa seseruan bareng, kalian bisa saling mengoreksi satu sama lain ketika melakukan peniruan dialog. Kalian bisa seolah-olah menjadi lawan main yang saling berinteraksi di dalam film. Saling bertanya dan beradu gagasan seperti dalam film semakin akan membiasakan lidah kamu untuk fasih Bahasa Inggris. 

Toy Story #2. (Sumber: imdb.com)

Toy Story 2 (1999). (Sumber: imdb.com)

Kalau bersama partner, kamu bisa menonton semua seri film Toy Story. Film animasi ini memiliki kosa kata yang tidak rumit, namun masih tetap menarik karena unsur humor di dalamnya. Kamu berperan menjadi Buzz Lightyear dan partner-mu menjadi Woody, tentu akan menyenangkan sekali, bukan? 

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa fasih bahasa Inggris. Perlu diingat juga, practice makes perfect. Yuk, tonton beberapa rekomendasi film yang Ruangguru berikan di atas. Selamat mencoba, smart buddies! (NM/TN)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.