5 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi | Blog Ruangguru

5 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi

tempat wisata edukasiWaktu kecil, tentu kamu sudah pernah mengikuti semacam field trip dari sekolah bersama guru dan teman-teman sekolah. Kegiatan ini merupakan sesuatu yang dianggap sebagai standar untuk sekolah-sekolah dan institusi pendidikan di berbagai negara. Ini dikarenakan field trip berguna sebagai suatu perjalanan wisata yang memiliki nilai tambah edukasi. Tidak hanya dapat bepergian dan bersenang-senang, siswa juga dapat menambah ilmu dengan mengobservasi segala hal secara langsung. Berikut Ruangguru.com berikan lima rekomendasi tempat wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi.

tempat wisata edukasi

Jika kamu tinggal di Jakarta, kemungkinan besar kamu sudah pernah mengunjungi Kota Tua. Kota Tua adalah salah satu tempat wisata teramai di Jakarta. Setiap hari, jalanan Kota Tua penuh dengan pedagang dan atraksi dari street performers. Namun, pada dasarnya Kota Tua dimaksudkan sebagai sebuah tempat wisata edukasi.

tempat wisata edukasi

Foto: republika

Kota Tua memiliki lima museum yang menceritakan sejarah dan memamerkan artefak-artefak budaya dan kehidupan di Jakarta pra-kemerdekaan. Ada Museum Bank Mandiri, Bank Indonesia, Fatahillah, Seni Rupa dan Keramik Indonesia, serta Wayang. Selain itu, banyak juga bangunan-bangunan tua seperti Gedung Pos Indonesia, Gedung Kerta Niaga, dan Kafe Batavia. Kalau berjalan sedikit lagi, ada Museum Bahari, Toko Merah, Jembatan Kota Intan, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Di luar Fatahillah Square juga terdapat lokasi lain, seperti daerah Glodok yang dijuluki Indonesia’s Chinatown.

tempat wisata edukasi

tempat wisata edukasi

Foto: wikimedia.org

Di Sumatera Barat, ada Rumah Puisi Taufik Ismail. Lokasinya di daerah Padang Panjang, cukup jauh dari daerah kota. Di sekeliling Rumah Puisi, terdapat tiang-tiang dengan banner bertulisan puisi-puisi Taufiq Ismail sendiri. Rumah Puisinya sendiri memiliki perpustakaan kecil dengan koleksi buku dan sastra yang cukup bervariasi. Dari buku novel dan puisi, sampai buku yang ditulis oleh mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev pun ada. Rumah Puisi Taufiq Ismail akan memberi kamu kesempatan untuk lebih mendalami sastra. Juga, kalau kamu beruntung, kamu dapat bertemu dengan Taufiq Ismail sendiri!

tempat wisata edukasi

Dalam wilayah dengan luas 1 km persegi, TMII mampu merangkum hampir 2.000 km persegi wilayah Indonesia. TMII berisi replika-replika rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap provinsi memiliki anjungan masing-masing. Di dalamnya, kamu bisa melihat pakaian adatnya, benda bersejarah, senjata, alat musik, dan sebagainya. Selain anjungan, juga ada bangunan keagamaan yang tidak kalah menarik.

tempat wisata edukasi

Foto: miner8.com

Di dalam TMII, juga ada banyak museum. Beberapa diantaranya, museum prangko, prajurit, pusaka, transportasi, listrik dan energi baru, asmat, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan alam. Coba saja kunjungi Pusat Peragaan IPTEK, taman Apotek Hidup, Akuarium Ikan Air Tawar, atau Taman Burung. Mau belajar yang lebih seru? Nonton deh di Teater Keong Mas, Teater Tanah Airku, dan Teater 4D. Karena keindahannya, TMII dijadikan International Civilization dan World Peace Theme Park oleh World Peace Committee.

tempat wisata edukasi

Taman Pintar adalah sebuah taman bermain sekaligus sarana edukasi di kota Yogyakarta. Taman Pintar ini memiliki tema modern yang dapat dilihat dari arsitektur bangunannya dan permainannya. Kenapa disebut Taman Pintar? Di kawasan ini, nantinya siswa dari pra sekolah hingga sekolah dapat memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang diterima di sekolah dengan leluasa, sekaligus berekreasi tentunya. Ini dikarenakan Taman Pintar memiliki fokus untuk mendidik dan mencerahkan pengunjungnya tentang ilmu pengetahuan teknologi.

tempat wisata edukasi

Foto: tripjogja.co.id

Harapannya, kreativitas lebih terasah, sehingga bangsa Indonesia tidak menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka. Dengan kemajuan teknologi pada zaman ini, tentu menjadi penting untuk mempelajari teknologi dari usia dini. Nantinya, bisa menciptakan teknologi sendiri.

tempat wisata edukasi

Sangiran adalah sebuah situs ekskavasi yang merupakan salah satu World Heritage Site UNESCO. Sangiran dianggap sebagai salah satu situs terpenting di dunia untuk mempelajari manusia purbakala. Nah, di Museum Purbakala Sangiran kamu dapat menikmati sarana audio visual yang memberikan berbagi penjelasan seputar purbakala. Misalnya proses ditemukannya situs purbakala, evolusi manusia, gugusan gunung berapi, dan proses alam raya. Pokoknya semua yang terkait dengan proses dari adanya kejayaan manusia purba.

tempat wisata edukasi

Foto: indotravelguides.com

Di sini, kamu dapat mengunjungi tiga ruangan utama. Ruangan pertama berisi diorama manusia dan hewan purbakala yang berada di Sangiran sekitar 1 juta tahun yang lalu. Ruangan kedua berisi variasi fosil-fosil yang terdapat di Sangiran dan juga sejarah dari eksplorasi di Sangiran. Sedangkan, di ruangan ketiga terdapat sebuah diorama wilayah Sangiran sebagaimana diperkirakan 1 juta tahun yang lalu. Jika kamu tertarik dengan sejarah arkeologi, ini adalah tempat kunjungan yang tepat untuk kamu!

Apakah kamu sudah pernah mengunjungi tempat-tempat wisata yang disebutkan di atas? Bagaimana menurutmu? Apa kamu memiliki rekomendasi yang lain? Ayo, tuliskan di kolom komentar!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

4 Responses

  1. Sekolah Pariwisata Yogyakarta says:

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Tempat-tempat yang bagus di Indonesia sebenarnya banyak yang belum tereksplorasi untuk diolah menjadi tempat wisata.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

  2. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta says:

    wah sangat mengispirasi artikel ini,
    banyak sekali tempat tempat wisatawan yang ada di Indonesia.
    Indonesia itu Indah

  3. uun says:

    Wisatawan tempat pundak gunung merapi di kali adem cangkringan, museum gunung merapi (mgm) di benteng pakem,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.