Ruangguru Blog

    [Siaran Pers] Ruangguru Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Pengajar Indonesia

    By Ruangguru · Nov 25, 2015

    Ruangguru.com Berambisi Terus Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Pengajar di Indonesia

    Gandeng Microsoft Indonesia, Ruangguru.com latih para guru privat untuk tingkatkan kualitas mengajar dan makin melek teknologi melalui Teachers Development Program

     

    Para Pemateri dan Pengajar dalam Teachers Development Program

     

    Jakarta, 24 November 2015 – Bertepatan dengan momentum Hari Guru Nasional, Ruangguru.com, startup teknologi lokal yang berfokus dalam penyediaan layanan pendidikan dan konten belajar yang berkualitas, mempertegas ambisinya untuk terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pengajar di Indonesia. Ambisi tersebut diwujudkan melalui berbagai inisiatif, baik berupa program pelatihan maupun program apresiasi yang telah dirancang khusus bagi para pengajar yang tergabung di platform Ruangguru.com.

    Sejak rilis pada April 2014, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22,000 pengajar privat yang terdiri dari guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama, serta kaum profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar dan ingin mencari penghasilan tambahan. Jenis mata ajar yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandarisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan masih banyak lagi. Para pengajar di Ruangguru.com juga sudah cukup terkenal karena tingkat kualitasnya, terbukti dari sebanyak 95 persen pengajar yang bergabung dan mengajar di Ruangguru.com memperoleh rating sangat baik dari para murid.

    Rosmiyana, Product Manager Ruangguru.com berkata, ”Salah satu visi utama kami adalah meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar. Kami meyakini bahwa tanggung jawab mendidik itu bukan hanya ditanggungkan kepada guru di sekolah saja namun siapapun. Selama ini kami mencoba memfokuskan upaya kami di area ini guna membuka akses kepada lebih banyak masyarakat umum maupun pendidik profesional agar bisa lebih terlibat aktif dalam mencerdaskan bangsa. Sayangnya, persepsi yang berkembang di masyarakat adalah bahwa kompensasi bagi profesi pengajar relatif tidak semenarik profesi lainnya. Menyadari hal tersebut, kami terus berupaya agar memunculkan berbagai mekanisme sumber penghasilan lain yang lebih adil dan juga menarik - seperti yang kami lakukan lewat marketplace guru privat Ruangguru.com.”

    “Selain itu, kami juga meningkatkan kualitas para guru melalui berbagai inisiatif, seperti pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka. Misalnya, lewat platform tes.ruangguru.com dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional yang berlangsung selama November ini,” tambah Rosmiyana.

    Andika, salah satu pengajar bidang Bahasa Inggris dan Perpajakan di Ruangguru.com berkata, “Saya memang sudah senang mengajar sejak dulu, dan semangat mengajar ini terus muncul bahkan ketika saya sudah lulus kuliah dan bekerja. Saya sangat tertarik dengan program mengajar yang ditawarkan oleh Ruangguru.com, karena adanya seleksi kualitas pengajar berupa verifikasi latar belakang dan jadwal mengajarnya dapat disesuaikan dengan waktu kosong saya.”

    “Setelah memutuskan untuk bergabung pada September 2015, saya dapat menyalurkan passion saya dalam mengajar, serta mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp 12 juta/bulan. Bayangkan penghasilan tambahan yang mungkin diperoleh guru-guru berpengalaman, yang punya waktu lebih untuk mengajar. Ini akan sangat mendukung kesejahteraan mereka,” tambah Andika.

    “Secara umum para pengajar di Ruangguru.com memang mendapatkan kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan tempat lainnya. Pada umumnya, upah guru privat di lembaga lain sangat flat dan ditetapkan oleh lembaga, rata-rata berkisar antara Rp 40.000 hinga Rp 65.000 per jam untuk kelas berkelompok. Sementara di Ruangguru.com, upah guru ditetapkan oleh guru sendiri, mulai dari Rp 50.000,- per jam. Saat ini secara agregat para pengajar di Ruangguru.com memperoleh upah sebesar Rp 98,000 per jam”, ujar Rosmiyana.

    Program Pelatihan Guru Bersama Microsoft Indonesia

    Ruangguru.com secara berkala juga menggandeng berbagai pihak untuk mengadakan pelatihan guna mengembangkan kualitas ajar para guru, misalnya melalui Teachers Development Program yang direncanakan akan diselenggarakan secara berkala setiap bulannya di berbagai daerah di Indonesia. Dalam putaran pertama Teachers Development Program yang diadakan pada Sabtu 14 November lalu, Ruangguru.com bekerja sama dengan Microsoft Indonesia untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru akan pemanfaatan teknologi terkini untuk mendukung proses mengajar dan belajar agar semakin efektif dan produktif. Lebih dari 100 orang pengajar telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    Benny Kusuma, selaku Education Lead Microsoft Indonesia mengatakan, “Pelaksanaan Teachers Development Program oleh Ruangguru.com sejalan dengan komitmen Microsoft untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Memasuki pendidikan abad ke-21 saat ini, kemampuan guru dalam menguasai teknologi yang dapat mendukung produktivitas mengajar dan belajar akan menjadi kompetensi berarti bagi mereka. Microsoft berharap dapat terus mendampingi para guru di Indonesia untuk memiliki kompetensi tersebut.”

    Program Apresiasi Untuk Guru

    Bulan ini, Ruangguru.com juga meluncurkan “Teacher Awards” serta “Teachers’ Rewards and Referral Program”. Inisiatif tersebut merupakan program apresiasi bagi guru-guru pengajar Ruangguru.com agar dapat memperoleh bonus tambahan dan meningkatkan kesejahteraan mereka, yang diukur dari performa mengajar mereka setiap bulannya. Apresiasi tambahan di luar upah reguler yang diperoleh bisa bernilai hingga Rp 1,000.000,- untuk setiap guru aktif.

    Share this:

    Tags: Siaran Pers, Media

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!