Sekolah Idaman di Indonesia yang Bikin Kamu Jadi Pelajar Keren | Blog Ruangguru

Sekolah Idaman di Indonesia yang Bikin Kamu Jadi Pelajar Keren

Kali ini, Ruangguru.com akan sharing ke kamu tentang salah satu sekolah idaman di Indonesia. Kalau kamu masuk sekolah ini, dijamin akan jadi pelajar yang keren! Baik dari segi akademis, non akademis, maupun karakter. Penasaran? Simak yuk!

sekolah idaman

Foto: magelangonline

SMA Taruna Nusantara atau dikenal dengan nama Tarnus atau TN adalah SMA berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namanya sendiri memiliki filosofi yang artinya adalah “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Disebut demikian karena memang siswa yang bersekolah di sini berasal dari berbagai penjuru di Indonesia. Nah, kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikanmu ke Tarnus, baca 10 hal unik dari sekolah ini dulu yuk!

#1. Sekolah ini termasuk ke dalam lima besar sekolah terbaik se-Indonesia tahun 2015 menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

#2. SMA ini memiliki visi yaitu sekolah yang membentuk Kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan kebangsaan, kejuangan, kebudayaan. Juga, bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing nasional maupun internasional. Oleh karena itu, sekolah ini berbasis semi-militer. Di sini kamu akan dididik layaknya seorang tentara karena harus selalu disiplin. Salah satu bentuk disiplinnya adalah baris-berbaris, yang merupakan jantung dari SMA Tarnus. Mau makan atau masuk ke dalam kelas? Kamu harus baris terlebih dahulu.

Sekolah idaman

Foto: Facebook official Tarnus

Di SMA ini juga ada yang namanya belajar malam lho, smart buddies. Jadi, jam 7 sampai 9 malam seluruh siswa wajib belajar di kelas. Akan ada guru yang bertugas mengajar. Kalau pun tidak ada, siswa tetap belajar secara mandiri. Ini adalah bentuk lain disiplin siswa-siswi Tarnus.

Kamu juga akan sering menemukan laki-laki berambut cepak dan perempuan berambut tidak lebih dari bahu. Wah, layaknya seorang tentara ya. Jadi kalau kamu berminat masuk ke sekolah ini, kamu juga harus siap kehilangan helaian rambutmu ya

Selain itu, di sekolah yang sudah berusia 26 tahun ini bukan hanya siswa saja yang dituntut untuk disiplin, lho. Kamu tidak akan pernah menemukan guru yang terlambat datang ke kelas. Oleh karena siswanya dituntut untuk selalu disiplin, maka guru-guru yang mengajar pun juga harus disiplin. Adil kan?

#3. Meskipun dididik secara semi-militer, bukan berarti setelah lulus harus melanjutkan pendidikan atau pekerjaan ke dunia militer. Banyak juga lulusan TN yang memilih jenjang pendidikan lain selain militer, seperti UI, ITB, UGM, Unair, dan lain-lain.

#4. Saat menjadi siswa TN, kamu berkesempatan memiliki teman dan keluarga baru yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Hal unik lainnya adalah kamu diwajibkan untuk menghafal semua nama yang ada di lingkungan sekolah. Mulai dari teman seangkatan, kakak dan adik kelas, guru, hingga petugas sekolah. Satu angkatan biasanya terdiri dari 300 siswa. Jadi kebayang kan berapa banyak nama yang harus kamu hafal saat menjadi siswa di sini?

#5. Pernah mendengar Ruang Komunikasi Bersama (RKB)? Sebetulnya RKB ini adalah ruang makan biasa. Lalu mengapa disebut ruang komunikasi?

Sekolah idaman

Foto: Facebook Official Tarnus

Di sinilah keakraban antar siswa akan semakin terjalin. Pada setiap meja terdapat campuran antara siswa kelas satu hingga kelas tiga. Meskipun berada dalam satu atap, namun ruang makan anak laki-laki dan perempuan terpisah. Psst, kalau ada sesama anak TN yang pacaran, RKB inilah yang biasanya jadi tempat mereka bertemu setelah selesai makan.

#6. Selain itu, juga ada Pendidikan Dasar Kepemimpinan (PDK). Kalau di sekolah lain, kegiatan ini dikenal dengan nama MOS. Jika MOS di sekolah lain biasanya berlangsung selama satu minggu saja, di TN berlangsung selama tiga bulan. Sepanjang waktu tersebut, kamu akan dilatih untuk menjadi sosok pemimpin. Adabeberapa kegiatan seperti Persami dan RPS (Rute Panglima Sudirman). Kegiatan Persami di sini hampir sama dengan kegiatan Persami pada umumnya.

Nah, berbeda dengan RPS yang caranya unik nih. RPS adalah rute sepanjang 17 km yang dilalui oleh Jendral Sudirman saat Perang Gerilya. Jadi, para siswa harus melalui rute ini dengan berjalan kaki sambil memikul tandu. Hal ini dilakukan agar memiliki daya juang yang tinggi dan semangat pantang menyerah. Ya, terinspirasi dari Bapak Jendral Sudirman. Selama kegiatan ini, kamu juga tidak diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman lain di luar lingkungan sekolah.

#7. Korsa (Koordinasi Bersama) merupakan suatu pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari seluruh kegiatan yang dlakukan di Tarnus. Kegiatan sehari-hari seperti makan, baris berbaris, dihukum, hingga tidur pun kamu lakukan bersama-sama dengan teman-temanmu. Hal tersebut dapat membentuk rasa peduli dan saling memiliki satu sama lain. Dengan demikian, terciptalah rasa kekeluargaan yang sangat erat. Dengan korsa kamu tidak akan punya sifat egois atau apatis terhadap lingkungan sekitar. Bagus sekali untuk pembentukkan karaktermu bukan?

#8. Seperti sekolah pada umumnya, jika menjadi siswa Tarnus, kamu dibebaskan untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minatmu. Di sekolah ini tersedia berbagai macam ekskul, mulai dari bidang seni, oleh raga, dan kepemimpinan. Dua kegiatan ekskul dan organisasi yang paling terkenal di Tarnus adalah Gita Bahana Nusantara Marching Band dan Peleton. Peleton merupakan ekskul perwujudan latihan kepemimpinan dalam organisasi. Peleton sendiri ada 4 macam, yaitu:

  • Tonpara (Peleton Upacara)
Sekolah idaman

Foto: Kompasiana

Ini merupakan peleton yang pertama kali berdiri di Tarnus. Anggotanya terdiri dari 34 orang (24 siswa dan 10 siswi) di setiap angkatan. Tugas dari peleton ini berkaitan dengan kegiatan upacara. Mulai dari upacara umum pada hari Senin, khusus pada hari kemerdekaan, hingga pelatihan baris berbaris (PBB) siswa. Kalau di sekolah lain, Tonpara ini dikenal dengan nama Paskibra. Tonpara sendiri telah mengharumkan nama Tarnus dalam berbagai lomba. Salah satu contohnya adalah lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.

  • Bantara (Ambalan Taruna Nusantara)

Kalau peleton yang satu ini, di sekolah lain dikenal dengan nama Pramuka. Anggotanya terdiri dari kurang lebih 30 siswa dari setiap angkatan. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengasah kemampuan kepramukaan yang kuat. Selaiin itu juga mengasah kemampuan untuk bertahan hidup di alam. Setiap tahunnya Bantara mengadakan kegiatan Persami yang wajib diikuti oleh siswa kelas sepuluh.

  • PKS (Patroli Keamanan Sekolah)
Sekolah idaman

Foto: Kompasiana

PKS ini bertugas untuk mengendalikan ketertiban, keamanan sekolah, dan memeriksa kerapian siswa. Anggotanya terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi dari setiap angkatan. Salah satu kegiatannya adalah apel pengecekan rutin yang biasanya dilaksanakan pada hari Selasa.

  • Pataka (Pasukan Tanda Kehormatan)
Sekolah idaman

Foto: FB Official Tarnus

Peleton ini merupakan pasukan khusus yang berperan sebagai pembawa lambang Tarnus, yaitu Satya Pataka Wira Negara. Lambang tersebut berat tiangnya mencapai 18 kilogram, lho. Biasanya dihadirkan saat ada acara penting di Tarnus, salah satunya adalah Upacara Pembukaan Pendidikan. Anggota Pataka terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi dari setiap angkatan.

#9. Di Tarnis, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan tokoh nasional idola. Ada salah satu kegiatan bernama Jumpa Tokoh Nasinal (JTN). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan para siswa dengan tokoh-tokoh inspiratif. Para tokoh akan berbagi kisah bagaimana perjuangan mereka hingga berada di posisi puncak. Bisa berasal dari bidang politik, militer, bisnis, hingga olahraga. Hal ini untuk menunjukkan bahwa siswa Tarnus memiliki medan pengabdian yang beragam. Ada banyak cara untuk mewujudkan janji memberikan karya terbaik.

#10. Balairung Pancasila merupakan bangunan persegi lima. Biasanya, dipakai untuk menampung tiga angkatan di berbagai macam acara. Bangunan ini juga terbilang “sakral” dan sangat berkesan bagi setiap siswa Tarnus. Mengapa? Di sanalah tempat dilaksanakannya segala kegiatan penting. Beberapa di antaranya, Pembukaan Pendidikan, Jumpa Tokoh Nasional, Renungan Suci, dan Prasetya Alumni.

Demikianlah 10 hal unik dari Tarnus. Bagaimana? Jadi semakin tertarik untuk bersekolah di sini kah? ☺ (LP/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.