Sekolahmu Termasuk Yang Mana? Yuk Kenali Jenis-Jenis Sekolah di Indonesia! | Blog Ruangguru

Sekolahmu Termasuk Yang Mana? Yuk Kenali Jenis-Jenis Sekolah di Indonesia!

Pendidikan merupakan sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang dahulu dicita-citakan founding fathers kita. Seiring perkembangan sejarah, telah banyak upaya penyempurnaan kurikulum pendidikan dan metode pembelajaran di sekolah. Nah, smart buddies tahu gak, ada beragam jenis sekolah yang ada di Indonesia? Yuk simak jenis-jenis sekolah di bawah ini dan tentukan sekolah kamu termasuk yang mana!

1. Sekolah Nasional

Sekolah nasional merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Menjadi sekolah nasional berarti terakreditasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kriteria. Beberapa kriteria tersebut salah satunya seperti kurikulum, fasilitas, pengelolaan sekolah, dan kompetensi alumni.

jenis sekolah - Sekolahmu Termasuk Yang Mana? Yuk Pelajari Jenis-jenis sekolah di bawah ini

Sekolah nasional. (Sumber: edumor.com)

Sekolah jenis ini menggunakan standar kurikulum nasional dalam proses belajar sehari-hari. Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Sekolah nasional seperti ini dapat berbeda penyelenggaranya, bisa saja oleh pemerintah ataupun swasta. Diselenggarakan oleh pemerintah berarti biaya operasional datang dari pajak. Baik begitu, siapapun penyelenggaranya harus selalu mengikuti perubahan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah.

2. Sekolah Nasional Plus

Tahukah smart buddies, kalau kata plus pada sekolah nasional plus bukan berasal dari pemerintah? Kata plus sebenarnya diberikan oleh Association of National Plus Schools (ANPS). ANPS sendiri didirikan pada tahun 2000 dan bertugas menetapkan kriteria sekolah nasional plus. Maka dari itu hanya sedikit regulasi pemerintah yang mengatur sekolah jenis ini.

jenis sekolah - Sekolahmu termasuk yang mana? yuk pelajari jenis-jenis sekolah di bawah ini

Sekolah nasional plus. (Sumber: mapio.net)

Sekolah nasional plus tetap mengikuti kurikulum dasar yang ditetapkan oleh Kemendikbud namun dengan beberapa perbedaan. Contohnya, ada beberapa mata pelajaran yang diantarkan dengan Bahasa Inggris. Selain itu terkadang juga ada tambahan mata pelajaran seperti Bahasa Mandarin. Native speakers juga didatangkan untuk membawakan kurikulum internasional. Kurikulum internasional tersebut salah satunya Cambridge International Examination (CIE) dan International Baccalaureate Organization (IBO). Selain itu sekolah nasional plus pada umumnya memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang lebih beragam dan terfasilitasi. Sarana prasarana juga dinilai lebih memadai dibandingkan sekolah nasional. Keunggulan-keunggulan tersebut wajar mengingat biaya masuk sekolah ini lebih mahal dari sekolah nasional.

3. Sekolah Internasional

Kalau sekolah yang satu ini sangat berbeda dengan sekolah nasional yang biasa kita kenal. Menjadi sekolah internasional berarti menggunakan kurikulum internasional yang telah terakreditasi. Berbeda dengan sekolah nasional plus, kurikulum internasional seperti International Baccalaureate Organization  dan Cambridge International Examination diadopsi total. Karena mengadopsi total kurikulum internasional, maka bahasa pengantar pelajaran sepenuhnya dalam Bahasa Inggris. Kerennya menjadi murid di sekolah internasional adalah kamu dapat menggunakan fasilitas yang super lengkap. Sebut saja kelas sepenuhnya menggunakan pendingin, pembelajaran selalu menggunakan multimedia, dan laboratorium serta ruang kelas yang sangat unggul.

jenis sekolah - Sekolahmu termasuk yang mana? yuk pelajari jenis-jenis sekolah di bawah ini!

Sekolah internasional. (Sumber: inquisitr.com)

Awalnya sekolah internasional di Indonesia didirikan untuk anak dari para pekerja asing yang menetap di negara kita. Namun seiring waktu, sekolah internasional juga dibuka untuk masyarakat umum. Guru-gurunya pun banyak yang lulusan dari luar negeri dan juga ada guru yang didatangkan dari luar negeri. Salah satu keseruan menjadi murid sekolah internasional adalah dapat merasakan budaya yang beragam dari banyak teman-teman pendatang.

4. Sekolah Alam

Sekolah alam merupakan sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Lendo Novo. Awal mula digagasnya sekolah alam adalah karena biaya pendidikan yang semakin tidak terjangkau oleh masyarakat. Dari latar belakang tersebut, Lendo Novo berambisi untuk mendirikan sekolah dengan kualitas tinggi tapi murah. Salah satu yang membuat sekolah mahal adalah infrastrukturnya. Muncullah konsep sekolah alam yang menggunakan alam sebagai sarana belajar.

jenis sekolah - Sekolahmu termasuk yang mana? yuk kenali jenis-jenis sekolah di bawah ini!

Sekolah alam. (Sumber: rosenmanmanihuruk.blogspot.co.id)

Pembelajaran pada sekolah jenis ini lebih banyak dilaksanakan di ruang terbuka. Ruang kelas tetap ada, namun tanpa dinding dan jendela. Sekolah alam dalam proses belajar mengajarnya lebih menekankan praktik lapangan dibandingkan pembelajaran konvensional. Banyak kegiatan lapangan yang menyesuaikan dengan tempat sekolah alam tersebut. Salah satunya seperti bertani, berternak, dan bercocok tanam. Sekolah jenis ini memang tidak umum, namun cocok untuk kamu yang cinta alam dan berjiwa petualang!

5. Madrasah

jenis sekolah - Sekolahmu termasuk yang mana? yuk pelajari jenis-jenis sekolah di bawah ini!

Madrasah. (Sumber: mantarakan.blogspot.co.id)

Madrasah pada dasarnya sama saja dengan jenjang sekolah pada umumnya seperti SD, SMP, dan SMA. Jenjang madrasah ada Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang setara dengan SD, Madrasah Tsawaniyah (MTs) setara dengan SMP, dan Madrasah Aliyah (MA) setara dengan SMA. Madrasah menggunakan kurikulum nasional seperti sekolah nasional. Perbedaannya adalah lembaga yang menaunginya. Sekolah nasional dinaungi oleh Kemendikbud, madrasah dinaungi oleh Kementrian Agama (Kemenag). Walaupun menggunakan kurikulum nasional, madrasah memiliki penekanan dalam pembelajaran agama islam.

6. Sekolah Rumah

jenis sekolah - Sekolahmu termasuk yang mana? yuk pelajari jenis-jenis sekolah di bawah ini!

Sekolah rumah. (Sumber: tribunterkini.com)

Sekolah rumah atau kerap dikenal sebagai homeschooling adalah sebuah konsep pendidikan yang berbeda dengan sekolah formal. Konsep ini dahulu dinilai buruk karena mengekang kemampuan anak dalam bersosialisasi, namun baru-baru ini semakin menjamur. Seperti namanya, kegiatan belajar tidak dilaksanakan di tempat formal tetapi di rumah. Murid homeschooling belajar di bawah pengarahan orang tua. Banyak orang tua yang takut untuk memberikan pendidikan jenis ini ke anaknya karena masalah kurikulum dan kemampuan orang tua dalam mengajar. Namun zaman ini kendala tersebut sudah dapat diatasi. Kurikulum pun dapat dengan mudah diakses untuk dipelajari. Orang tua yang tidak berani untuk mengajar sendiri juga dapat menyewa guru atau tutor privat. Contohnya kamu bisa menyewa guru atau tutor privat dengan Ruangguru.

Itulah beberapa konsep sekolah dan pendidikan yang ada di Indonesia? Walaupun berbeda-beda, semua jenis sekolah diatas memiliki misi yang sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Smart buddies, sekolahmu termasuk yang mana? Yuk ceritakan sekolahmu di kolom komentar dibawah ini! (SP/DR)

You may also like...

2 Responses

  1. Sheila says:

    Sekolah internasional

  1. August 11, 2017

    […] Sama seperti sekolah, bimbingan belajar (bimbel) juga memiliki banyak tipe lho. Tersedia berbagai fasilitas, paket, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal ini penting, karena tentunya paket yang cocok dapat mendukung kamu belajar dengan seru dan sepenuh hati. Keep scrolling ya! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.