Selain Gerhana Bulan, Ini Peristiwa Langit 2017 Paling Ditunggu! | Blog Ruangguru

Selain Gerhana Bulan, Ini Peristiwa Langit 2017 Paling Ditunggu!

Smart Buddies, apakah kamu senang mengamati langit? Memerhatikan hujan meteor atau gerhana merupakan aktivitas menarik, lho! Selama tahun 2016 kemarin, di langit Indonesia dapat terlihat gerhana matahari total dan supermoon terbesar di abad 21. Nah, bagaimana dengan tahun 2017? Apakah akan sama menakjubkan? Pastinya, tidak akan kalah menarik! Berikut fenomena langit yang akan terjadi mulai dari bulan Agustus ini sampai menjelang akhir tahun nanti. Siap-siap tandai kalendermu ya!

1. Gerhana Bulan Parsial (7-8 Agustus 2017)

gerhana bulan - Bentuk penampakan gerhana bulan parsial di langit.

Bentuk penampakan gerhana bulan parsial di langit. (sumber: timeanddate.com)

Ketika sebagian wajah bulan melewati bayangan bumi, maka kamu akan melihat bulan seperti sedang tergigit. Inilah yang dinamakan gerhana bulan parsial, saat matahari dan bulan berada pada satu garis lurus yang sama. Indonesia beruntung karena dapat melihat peristiwa ini pada 7 Agustus mendatang, mulai pukul 22:50 WIB. Puncak gerhana ini akan terjadi pada 8 Agustus pukul 01:20 WIB dan akan berakhir di pukul 03.50 WIB.

Jika kamu tertarik untuk mengamatinya, catat waktunya baik-baik ya! Alasannya, puncak gerhana ini hanya berlangsung selama 1 jam 55 menit. Apalagi fenomena ini merupakan satu-satunya gerhana yang dapat disaksikan di negara kita pada tahun 2017, lho! Menariknya, kamu sama sekali tidak memerlukan bantuan alat apapun untuk menyaksikannya. Selain Indonesia, ada beberapa lokasi juga lho yang dapat melihatnya, bahkan secara lebih jelas. Contohnya seperti di sebagian besar wilayah Afrika, Asia Tengah, Samudera Hindia, dan Australia.

2. Super Konjungsi Venus dan Jupiter (13 November 2017)

gerhana bulan - Venus dan Jupiter saling berdampingan.

Venus dan Jupiter saling berdampingan. (sumber: lifehacker.com.au)

Planet kedua dan kelima di tata surya ini akan saling berdampingan pada langit pagi hari di tanggal 13 November 2017. Kalau kamu tertarik menyaksikannya, bangunlah saat menjelang matahari terbit. Lalu perhatikanlah ke arah timur. Kamu akan melihat penampakan dua bintang yang terang namun tidak berkelap-kelip. Fenomena ini bisa dibilang langka, karena jarang sekali posisi keduanya bisa diperhatikan hanya dalam satu kali pandangan. Padahal radius venus dan jupiter memiliki perbedaan sebesar 670.000 km.

3. Supermoon (3 Desember 2017)

gerhana bulan - Potret fenomena supermoon 2016.

Potret fenomena supermoon 2016. (sumber: miguelcarlo.dom)

Ini dia peristiwa langit yang paling ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan. Mulai dari pakar astronomi, pengamat amatir, bahkan para fotografer. Pada peristiwa supermoon (bulan purnama perigee), bulan dan bumi akan sampai pada jarak terdekat. Oleh karena itu, cahaya bulan akan sangat terlihat terang pada malam hari tanggal 3-4 Desember 2017 di seluruh wilayah bagian Indonesia. Akan tetapi, menurut Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG), supermoon di tahun ini tidak akan sebesar di tahun lalu. Bagi kamu yang ingin membuktikannya, cobalah amati langit pada pukul 22:47 WIB ya.

Fenomena yang ditemukan tahun 1979 ini juga sering dijadikan sebagai ajang hunting karya foto bagi para fotografer profesional, lho! Biasanya pasca supermoon, para pengguna sosial media akan berlomba-lomba mengunggah hasil foto mereka. Fenomena ini tidak hanya ramai di Indonesia, tapi juga terjadi di negara-negara lain. Apakah tahun ini kamu mau jadi salah satu di antara mereka?

Nah, Smart Buddies, manakah peristiwa langit yang paling kamu tunggu? Bagikan juga pengalamanmu di kolom komentar, jika pernah mengamati fenomena serupa di tahun-tahun sebelumnya ya! (RE)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

2 Responses

  1. Lia pebriani says:

    selain gerhana bulan hari ini

  2. Torizo says:

    Yg supermoon abis dtembak sniper di GTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.