Serba-Serbi Sertifikasi Guru 2016 yang Wajib Diketahui | Blog Ruangguru

Serba-Serbi Sertifikasi Guru 2016 yang Wajib Diketahui

Kemendikbud telah membuat surat edaran kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengenai pelaksanaan sertifikasi guru 2016. Tujuannya adaalah mensosialisasikan aturan baru yang akan diterapkan melalui jalur Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG).

sertifikasi guru 2016

Foto: unnes.ac.id

Ada beberapa aturan baru yang akan diterapkan, yaitu:

1. Menurut catatan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), total guru tetap (PNS dan GTY) yang belum memiliki sertifikat pendidik sekitar 500 ribu. Semua guru ini diagendakan untuk disertifikasi dengan pola PLPG dalam empat tahun antara 2016 – 2019.

2. Guru yang akan diprioritaskan menjadi peserta adalah guru TMT sebelum 2006. Selebihnya, akan ditentukan berdasarkan skor Ujian Kompetensi Guru (UKG), yaitu minimal 55. Skor tertinggi tentu akan diutamakan.

3. Tahun ini, kuota peserta adalah 69.259 orang. Guru yang diangkat sebelum 30 Desember 2005 berjumlah 53.883 orang dan yang diangkat setelah 30 Desember 2005 adalah 15.376. Jadwal dimulai dari Oktober sampai Desember 2016.

sertifikasi guru 2016

Foto: unnes.ac.id

4. Skor kelulusan mulai tahun 2016 adalah 80 (bandingkan tahun sebelumnya hanya 42).

5. Dikarenakan tingginya syarat kelulusan, guru yang akan ikut PLPG tahun 2016 diharap untuk  menyiapkan diri sebaik mungkin. Kisi-kisi soal serta bahan ajar PLPG yang dikeluarkan oleh Ditjen GTK dapat diunduh dari laman sertifikasiguru.id.

6. Pelaksanaan Ujian Tulis Nasional (UTN) pasca PLPG dilakukan secara online, dan hanya dilakukan sekali di tahun berjalan. Apabila skor tidak mencapai 80, maka dapat mengulang di tahun berikutnya sebanyak empat kali kesempatan selama periode dua tahun, tanpa perlu ikut PLPG lagi. UTN ulang secara online dilakukan tiap semester dan dapat diikuti di tempat terdekat yang ditunjuk oleh Ditjen GTK.

7. Guru yang belum menjadi peserta PLPG tahun ini agar lebih menyiapkan diri mengikuti UKG yang dilaksanakan oleh GTK tiap tahun, agar bisa mendapatkan skor yang tinggi. Sebaiknya coba menargetkan sampai di skor 80 ke atas agar tidak perlu lagi repot mengikuti UTN saat nanti mengikuti PLPG.

Berikut adalah tabel perbedaan PLPG 2016 dengan tahun sebelumnya:

sertifikasi guru 2016

Mau tahu cara penghitungan kelulusan PLPG? Check this out!

sertifikasi guru 2016

Guru yang dipanggil akan mengikuti PLPG di LPTK yang ditunjuk selama sepuluh hari dengan alokasi waktu 90 jam pembelajaran. Materi yang diberi berkaitan dengan kegiatan mengajar dan mata pelajaran. Beberapa di antaranya, pembuatan rencana pembelajaran, presentasi, pembuatan silabus, kemampuan mengajar, penugasan makalah, serta diskusi.

Jadi, apa bapak dan ibu guru sudah siap? Ayo persiapkan dengan maksimal agar dapat lulus dengan baik dan ‘sah’ menjadi guru profesional yang disertai konsekuensinya, yaitu tunjangan sertifikasi guru. (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. ariyanah says:

    Klw g ada NUPTK apa bisa ikut dan saya ingin tanya bgmn syarat membuat NUPTK diri sendiri tanpa tempat kita mengajar dan apakah diperbolehkan krn saya udh 6 thn bekerja jadi guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.