Sibuk Organisasi Tapi Ingin Pertahankan Prestasi? Ikuti 5 Langkah Mudah Berikut! | Blog Ruangguru

Sibuk Organisasi Tapi Ingin Pertahankan Prestasi? Ikuti 5 Langkah Mudah Berikut!

“Aktif organisasi namun tetap berprestasi, apa mungkin?”

Bagi kamu mahasiswa yang aktif berorganisasi di lingkungan kampus, akan menjadi nilai tambah bila dapat menjaga keseimbangan antara akademis dan non akademis. Kegiatan organisasi memang menyita banyak waktu. Hal ini yang terkadang menjadi kendala, karena membuat beberapa mahasiswa tidak dapat membagi waktu untuk akademisnya. Bagaimana caranya menyeimbangkan keduanya, sibuk organisasi tapi tetap berprestasi? Yuk, coba langkah-langkah berikut untuk mengatasinya!

sibuk organisasi

(Sumber: pinterest.com)

1. Awali dengan membuat agenda

sibuk organisasi

(Sumber: everylibrary.com)

Kesibukan akan membuat sebagian mahasiswa membutuhkan perencanaan yang matang untuk menyusun jadwal kegiatannya sehari-hari. Pembuatan agenda dapat menjadi tips agar kamu tidak melewatkan rapat, kegiatan kepanitiaan, acara kampus lainnya maupun tugas-tugas kampus yang menumpuk.

2. Jangan salah pilih organisasi

sibuk organisasi

(Sumber: sarahberson.com)

Setiap kampus memiliki organisasi yang sangat bervariasi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang cerdas harus dapat memilih mana yang sesuai. Jumlah organisasi yang dipilih dapat diperkirakan dengan kesesuaian jumlah mata kuliah yang diambil. Organisasi memang sangat penting untuk meningkatkan pengalaman kalian selama menjadi mahasiswa dan sebagai media pembelajaran di luar materi kuliah. Namun tetap saja tujuan awal kalian adalah untuk kuliah. Jadi tetap seimbangkan antara kuliah dan organisasi dengan skala prioritas.

3. Manfaatkan waktu belajar di kelas

sibuk organisasi

(Sumber: collegemagazine.com)

Agar tidak ketinggalan materi kuliah, efektifkan waktu untuk menyerap ilmu dengan beberapa cara. Membuat catatan selengkap mungkin, merekam diskusi yang dilakukan di kelas, dan jangan lupa bertanya kepada dosen kalau ada materi yang tidak dimengerti. Carilah tempat duduk yang membuat kalian nyaman untuk menerima seluruh materi kuliah yang disampaikan dosen dengan baik.

4. Tetap jaga kesehatan

sibuk organisasi

(Sumber: dacadoo.com)

Kesibukan tidak boleh menghalangi kamu untuk tetap menjaga kesehatan. Konsumsi asupan yang bergizi, tetap menyempatkan waktu berolahraga, dan tidak memaksakan diri apabila sudah merasa kondisi badan terlalu lelah. Badan yang sehat akan mempermudah kamu agar tetap melakukan kegiatan akademis dan berorganisasi.

5. Baca ulang materi kuliah 

Di sela-sela kesibukan, sempatkan untuk mengerjakan tugas kuliah dan mengulang materi meskipun hanya sebentar. Berusahalah serius dengan keterbatasan waktu yang kamu miliki. Lebih baik sedikit tetapi teratur daripada belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Hindari untuk menerapkan belajar SKS dalam menghadapi UTS maupun UAS yang malah membuatmu tergesa-gesa dalam belajar.

sibuk organisasi

(Sumber: cdn.com)

Mulai sekarang pahami dan prioritaskan kegiatan yang paling utama dengan selalu melihat jadwal yang telah direncanakan. Ayo jadilah mahasiswa yang hebat dalam akademis maupun non-akademis. Sadari kekurangan yang kamu punya dan manage waktumu dengan baik apabila ingin mengikuti banyak aktivitas. Ingat, kesuksesan ada di tanganmu sendiri. Cheers! (DNI/TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

2 Responses

  1. Twinfang says:

    Pada dasarnya semua organisasi itu mengajarkan kita hal yg sama, yaitu public speaking, leadership, dan teamwork. Jadi pendapat saya adalah di organisasi apapun kamu berada selama kamu bisa fokus memahami setiap permasalahan yang ada di organisasi tersebut, jauh lebih baik daripada kamu ikut terjun dibanyak organisasi dan hanya jadi babu.

  2. Theresia Elfrida says:

    kapan ya ada artikel judulnya “Sibuk fangirling tapi ingirn pertahankan prestasi?” huft nasib jd fangirl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.