Ruangguru Blog

    [Siaran Pers] Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Bersama Ruangguru.com Gaungkan Pendidikan Berbasis Teknologi Lewat Inisiatif South Sumatera Smart School

    By Ruangguru · Jan 2, 2017

    Jakarta – Ruangguru.com, penyedia layanan jasa dan konten pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia – membuktikan kontribusi nyata bagi pendidikan Indonesia melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Lewat inisiatif yang diberi nama South Sumatera Smart School, Pemerintah Sumatera Selatan bertekad untuk meningkatkan kualitas pendiidkan, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi belajar.

    South Sumatera Smart School Peresmian South Sumatera Smart School oleh Alex Noerdin, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (7/10/2016).

    --

    Sesuai UU. No.23 Tahun 2014, mulai 1 Januari 2017, pengelolaan Pendidikan Menengah sepenuhnya akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi – sebelumnya dipegang Pemerintah Kota dan Kabupaten. Momentum tersebut dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk menampilkan wajah baru dalam dunia pendidikan dengan pemanfaatan teknologi dengan menggandeng perusahaan pengembang jasa dan produk teknologi pendidikan terkemuka, Ruangguru.com.

    Lewat inisiatif ini, pelajar dan guru SMA dan SMK di lingkup Sumatera Selatan secara bertahap dapat menggunakan Sistem Manajemen Belajar online, yang memungkinkan mereka untuk mengelola kelas, memberikan/mengerjakan tugas, latihan mandiri, melakukan tryout, maupun mengakses media belajar lainnya secara online. Selain itu, sebuah dasbor terpusat juga disediakan yang memungkinkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan untuk memonitor data dan analitis terkait performa akademik siswa, guru, dan sekolah. Inisiatif ini sendiri telah diresmikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin, pada tanggal 7 Oktober 2016 lalu di kediamannya, Griya Agung, dengan dihadiri oleh kurang lebih 850 kepala sekolah SMA/SMK dan sederajat di Sumatera Selatan.

    Drs. Widodo, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, mengungkapkan, “Salah satu yang saat ini sedang kita lakukan adalah menerapkan modernisasi proses belajar-mengajar. Bersama dengan Ruangguru.com, kita akan memperbarui proses belajar-mengajar yang futuristik. Dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan kita akan beralih ke proses belajar-mengajar yang futuristik dan virtual. Harapannya, sekolah, kepala sekolah, guru, dan siswa bersama-sama menyongsong era baru, yakni belajar secara digital di Sumatera Selatan.”

    South Sumatera Smart School Pelaksanaan Tryout Online di SMAN 1 Palembang.

    Belva Devara, Co-Founder dan CEO Ruangguru.com, memberikan tanggapannya, “Dari awal, Ruangguru.com selalu berkomitmen untuk mendorong kerjasama dengan sektor publik guna mendorong pendikatan kualitas pendiidkan secara menyeluruh. Pemerintah Sumatera Selatan adalah salah satu yang terdepan dalam inisiatif ini dan kami berharap agar kerjasama yang sudah berjalan baik selama ini, dapat ditingkatkan terus ke depannya”.

    Tryout Online Serentak Bersama Ruangguru.com

    Sebagai program awal dari inisiatif ini, sebanyak 197 SMA/SMK dan sederajat secara bertahap sudah melaksanakan tryout UN dan tryout UAS online yang difasilitasi oleh Ruangguru.com. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2017 dan ditargetkan terus berjalan hingga awal tahun 2017 ini. Selain itu, telah dilaksanakan pula tryout Uji Kompetensi Guru bagi para guru-guru SMA/SMK dan sederajat di Sumatera Selatan.

    Melalui dasbor untuk pemerintah, hasil dari berbagai tryout online tersebut dapat dipantau langsung oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa sekolah yang memperlihatkan nilai rata-rata dengan sangat baik, antara lain SMAN 1 Palembang, SMAN 1 Kayuagung Ogan Komering Ilir, dan SMAN 5 Palembang.

    Beberapa kendala sempat dihadapi selama pelaksanaan tryout online, misalnya stabilitas koneksi internet. Untuk mengatasinya, beberapa sekolah telah menaikkan bandwidth internet untuk melancarkan kegiatan tryout online. Antusias yang tinggi dari para siswa membuat guru di SMAN 1 Sungai Lilin mengizinkan siswa mengakses tryout online dari luar sekolah demi mendapatkan koneksi internet yang lebih baik. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan tryout online ini dilakukan secara gratis atau tidak menggunakan anggaran dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atau pun sekolah-sekolah yang terlibat.

    Program Selanjutnya

    Saat ini, program South Sumatera Smart School baru digunakan oleh siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat. Namun, ke depannya akan diimplementasikan kepada siswa secara keseluruhan. Selain tryout online, para guru dan siswa juga dapat menggunakan Ruang Kelas, salah satu layanan Ruangguru.com, yang dapat digunakan untuk mengelola kelas secara virtual; membuat, mengirimkan, dan mengumpulkan tugas, serta memantau analisis kemampuan para siswa.

    Hingga awal tahun 2017 mendatang, Ruangguru.com secara terus-menerus melakukan kerjasama strategis dengan berbagai Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/ Kabupaten di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Ruangguru.com telah membangun kemitraan dengan 16 provinsi dan 90 kota/kabupaten.

     

    Share this:

    Tags: Siaran Pers, Fitur dan Layanan

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!