Ruangguru Blog

    Strategi Mengerjakan UN IPA yang Perlu Kamu Ketahui

    By Ruangguru · Apr 21, 2016

    Memang, tidak bisa dipungkiri kalau IPA dapat terasa sulit bagi sebagian orang, terutama Fisika atau Kimia yang membutuhkan pengerjaan dengan rumus-rumus. Namun, sering kali rasa panik yang menjadi hambatan terbesar untuk menjawab soal-soal tersebut. Namun, pernahkah kamu memikirkan bahwa pada dasarnya mengerjakan soal IPA, seperti Fisika, terdiri dari langkah-langkah yang sederhana?

    strategi mengerjakan un ipa Foto: businessinsider.com

    Membaca Soal

    Baca soal dengan teliti dan berusahalah untuk tidak panik terlebih dahulu. Temukan konteks soal tersebut atau masalah apa yang harus kamu pecahkan, misalnya bola yang memantul atau pesawat di udara. Soal IPA umumnya memiliki kata-kata kunci yang bisa kamu temukan untuk mempermudah pengerjaan.

    Organisir Informasi

    Kata-kata dalam soal juga memiliki variabel-variabel penting. Tulislah variabel-variabel mendasar itu. Manfaatkan kertas buram atau kertas coret-coretan, contohnya:

    UN IPA

    Dengan menulis variabel-variabel secara sederhana, kamu bisa melihat informasi apa yang sudah ada dan apa yang perlu kamu temukan.

    Buat Ilustrasi

    Visualisasi soal bisa membantu kamu memahami soal. Sejumlah soal biasanya mencantumkan gambar, terkadang tidak. Mintalah bantuan guru privat kamu untuk menjelaskan soal dengan ilustrasi apabila kamu memerlukannya untuk kamu contoh di kemudian hari. Selain membuat soal lebih sederhana, ilustrasi tersebut berguna pula untuk menyaring informasi-informasi yang kurang penting.

    Konversi Satuan

    Jangan terburu-buru menggunakan rumus! Terkadang, suatu soal dimaksudkan untuk menguji kemampuan kamu mengubah satuan, contohnya adalah mengubah unit “menit” menjadi “jam”.  Pastikan satuan kamu sudah benar, lalu gunakan rumus yang sesuai untuk menjawab soal.

    Menggunakan Rumus

    Rumus berguna setelah kamu bisa memahami soal dengan baik. Jangan terburu-buru menghapal rumus dari awal, akan tetapi berusahalah untuk banyak mengerjakan latihan. Dengan begitu, kamu akan familiar dengan jenis soal dan rumus yang perlu kamu gunakan. Ingat! Bisa karena terbiasa.

    Menjawab Soal

    Setelah kamu menggunakan rumus untuk menjawab soal, jangan lewatkan satu tahap yang penting namun sering dilupakan, yaitu verifikasi. Pastikan pertanyaan dengan proses pengerjaan soal yang sudah kamu lakukan sesuai. Terkadang, kamu juga bisa menggunakan logika untuk memastikan jawaban kamu benar.

    Untuk menguasai strategi di atas, kamu hanya memerlukan satu hal, yakni latihan. Dengan latihan mengerjakan soal IPA, kamu akan semakin terbiasa dan berpengalaman dalam memecahkan masalah atau soal cerita. Tentunya, rasa takut atau ketidakpercayaan diri kamu akan hilang dalam waktunya. Selamat mengerjakan teman-teman!

    Share this:

    Tags: fun facts, Belajar Cerdas

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!