Tahukah Kamu? Akibat Berkelahi dapat Menurunkan IQ Lho! | Blog Ruangguru

Tahukah Kamu? Akibat Berkelahi dapat Menurunkan IQ Lho!

Sebagai remaja yang emosinya belum stabil, terkadang hal-hal kecil dapat memicu masalah yang berujung pada perkelahian fisik. Apakah smart buddies termasuk yang pernah berkelahi? Jangan dilakukan lagi ya, karena berkelahi  memiliki dampak yang buruk,  lho! Salah satunya adalah dapat menurunkan kecerdasan IQ. Nggak mau kan?

Hal ini terungkap melalui penelitian berjudul “Serious Fighting-Related Injuries Produce a Significant Reduction in Intelligence” yang dilakukan oleh Florida State University’s College of Criminology and Criminal Justice. Para peneliti menganalisa data dari 20.000 siswa tingkat SMP dan SMA di Amerika Serikat pada tahun 1994-2002. Hasilnya, 4% responden ternyata mengalami cedera fisik karena perkelahian antar teman setiap tahunnya.

Akibat Berkelahi - perkelahian

Perkelahian antar teman (Sumber: sciencenewsforstudents.org)

Para responden juga diminta mengikuti tes IQ secara berkala. Kesimpulannya, satu kali perkelahian yang dilakukan oleh remaja laki-laki mengakibatkan penurunan rata-rata 1,62 poin IQ. Sedangkan pada remaja perempuan menurun sekitar 3,02 poin IQ. Perempuan kehilangan lebih banyak karena kemampuan mereka menghadapi trauma fisik tidak sebaik laki-laki. Apakah itu berbahaya? Yap! Jumlah kehilangan poin IQ tersebut ternyata setara dengan tidak sekolah selama satu tahun, lho! Fyi, jika seorang anak tidak bersekolah selama satu tahun, maka ia akan kehilangan 2-4 poin IQ.

Mungkin, kelihatannya kehilangan 2-4 poin tidak banyak. Akan tetapi, jika luka fisik yang diderita lebih banyak lagi dan frekuensi berkelahinya terlalu sering, ternyata bisa sangat parah, lho! Pada penelitian tersebut, ada seorang responden yang mengalami cedera serius hingga 10 kali karena perkelahian.  Akibatnya, ia mengalami penurunan IQ sekitar 19 poin dalam kurun waktu 8 tahun. Wow, banyak juga ya.

Akibat Berkelahi - IQ

IQ (Sumber: news.psu.edu)

Penurunan IQ berhubungan dengan penurunan performa di sekolah, kinerja pekerjaan, gangguan mental, dan gangguan perilaku. Memiliki IQ tinggi memang bukan satu-satunya kunci meraih kesuksesan. Akan tetapi, kecerdasan inilah yang memberikan kita kemampuan untuk berpikir, berhitung, berimajinasi, memecahkan masalah, dan memiliki daya kreasi serta inovasi. Jadi, tetap penting untuk diasah, nih, smart buddies!

Nah, setelah mengetahui fakta tersebut, jangan suka berkelahi lagi ya smart buddies! Jika ada masalah dengan teman, coba selesaikan dengan berbicara baik-baik. Pasti akan terasa lebih damai dan kamu bisa mempertahankan pertemananmu. (NF/DR)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.