Tahun Ajaran Baru, Ruangguru.com Perbaharui Fitur dan Layanan | Blog Ruangguru

Tahun Ajaran Baru, Ruangguru.com Perbaharui Fitur dan Layanan

Memasuki tahun ajaran baru 2016/2017, Ruangguru.com menghadirkan banyak hal baru bagi penggunanya. Perubahan terlihat jelas pada tampilan situs Ruangguru.com, yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang memudahkan penggunanya. Selain itu, juga terjadi perubahan dalam struktur kepemimpinan. Iman Usman yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO), kini menangani produk, kerjasama strategis, dan komunikasi sebagai Chief Product Officer (CPO), sementara posisi CEO digantikan oleh Co-Founder, Adamas Belva Syah Devara.

Ada Apa Saja di Situs Terbaru Ruangguru.com?

Ruangguru.com perbaharui fitur dan layanan

Ruangguru.com mengintegrasikan berbagai layanan yang sebelumnya terpisah menjadi satu, sehingga pengguna bisa memperoleh berbagai benefit hanya dengan melakukan sekali pendaftaran dan sign-in – mulai dari pencarian dan pemesanan guru privat, mengerjakan konten bank soal, hingga melakukan tutoring online on-demand lewat aplikasi. Aplikasi mobile untuk on-demand tutoring yang sebelumnya hanya tersedia untuk Android, kini juga tersedia bagi pengguna iOS.

Pencarian dan Pemesanan Guru Jadi Lebih Mudah

Pencarian guru privat kini sudah didukung dengan kolom pencarian ‘pintar’. Pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci (seperti mata pelajaran, jenjang pendidikan, atau pun lokasi), maka rekomendasi pilihan langsung dapat terlihat. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk mencari konten bank soal. Tentu saja akan memudahkan pengguna untuk memperoleh informasi yang dicari jauh lebih cepat.

Pengguna pun kini dapat berkomunikasi langsung dengan lebih dari 45.000 guru privat yang tersedia di Ruangguru.com lewat fitur “Messaging”. “Sebelumnya, pengguna harus selalu difasilitasi oleh customer service kami untuk setiap pemesanan. Namun kini, guru privat secara mandiri sudah dapat menyiapkan tagihan dan mengatur jadwal pertemuan dengan calon orang tua (murid)”, ujar Adamas Belva. Selain itu, lewat fitur “Pesan Instan”, pengguna hanya perlu mengisi form yang telah disediakan, maka Konsultan Pendidikan Ruangguru.com akan membantu pengguna untuk mencarikan guru terbaik.

Untuk meningkatkan akuntabilitas performa guru dan evaluasi terhadap perkembangan belajar murid, pengguna juga dapat mengakses “Dokumen Evaluasi Belajar” yang akan dirilis oleh guru pasca setiap pertemuan belajar. Sebaliknya, orang tua (murid) pun juga dapat memberikan rating dan review terhadap performa guru pasca setiap pertemuan belajar.

Aplikasi Mobile Ruangguru Kini Tersedia di App Store

Ruangguru.com perbaharui fitur dan layanan

Walaupun dalam versi beta, aplikasi Android tutoring on-demand Ruangguru sudah diunduh oleh lebih dari 20.000 orang. Aplikasi ini memungkinkan murid untuk memotret soal yang ditemui saat mengerjakan latihan/PR dan kemudian mengirimkannya ke guru yang tersedia. Murid akan terhubung dengan guru terbaik dan mereka bisa melakukan aktivitas tutoring lewat fasilitas live chat dan audio call. Kini layanan ini juga sudah tersedia di App Store bagi pengguna iOS.

Belajar Lebih Mudah dengan Tes Online di Ruangguru.com

Ruangguru.com perbaharui fitur dan layanan

Ruangguru.com perbaharui fitur dan layanan

Selain mencari guru privat, pengguna juga dapat memanfaatkan situs Ruangguru.com untuk mengakses ribuan soal yang sudah disusun berdasarkan kurikulum dan topik belajar secara gratis. Tampilan dan konten Tes Online telah distandardisasi sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer. Usai mengerjakan latihan, pengguna pun akan disuguhkan dengan pembahasan soal, skor penilaian, sekaligus analisis pemahaman – dengan tampilan yang jauh lebih menarik. Segera, pengguna juga akan dapat menggunakan layanan ini dari aplikasi mobile Ruangguru.

Adamas Belva Syah Devara, CEO Ruangguru.com

Ruangguru.com kini juga makin kuat, dengan bergabung secara penuhnya salah satu Co-Founder, Adamas Belva Syah Devara dalam manajemen. Belva Devara menggantikan Iman Usman yang sebelumnya menjabat sebagai CEO. Sementara, Iman kini memegang kendali terhadap pengembangan produk, kerjasama strategis (khususnya dengan pemerintah), dan komunikasi. “Penekanan pada kualitas produk tercermin pada perubahan manajemen. Kami ingin membangun pendidikan yang lebih baik, yang menawarkan pengajaran dan konten berkualitas, yang memungkinkan komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik antara guru, orangtua, dan murid,” ujar Belva Devara.  

Belva Devara sebelumnya bekerja sebagai konsultan di McKinsey Indonesia dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana di Stanford Graduate School of Business (MBA) dan Harvard Kennedy School (MPA). Sementara Iman Usman sebelumnya aktif berkecimpung di sektor pembangunan dan non-profit di Indonesia dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana di bidang Perencanaan Pendidikan di Columbia University.

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.