Ruangguru Blog

    Tak Hanya Popularitas, Gelar Pendidikan Tinggi Mampu Diraih 13 Artis Ini

    By Ruangguru writer · Apr 21, 2017

    Dunia keartisan sering dikaitkan dengan orang-orang yang mengejar popularitas. Padahal, selain memiliki paras yang menarik, tak sedikit juga dari mereka yang memiliki pengetahuan luas. Lepas dari kesibukan mereka di dunia seni, mereka mengejar ilmu hingga ke jenjang pendidikan tinggi sampai ke negeri orang. Smart buddies ingin tahu siapa saja artis yang mendapat gelar pendidikan yang tak main-main? Simak ulasan Ruangguru berikut ya!

    1. Alyssa Soebandono 

    pendidikan tinggi - Alyssa Soebandono Alyssa Soebandono. (Sumber: wowkeren.com)

    Di usia yang masih relatif muda, 21 tahun, Alyssa Soebandono sudah berhasil mendapat gelar S2 Corporate Communication London School of Public Relation (LSPR) dengan predikat "Best of the best student". Meskipun menyelesaikan jenjang pascasarjana di dalam negeri, pengalaman pendidikan luar negerinya pun tak dapat diremehkan. Mengambil jenjang sarjana di Monash University jurusan Communication Art, istri Dude Herlino ini sempat mengikuti program pertukaran selama enam bulan di Sussex University, Inggris. Ada yang terpacu mengikuti jejaknya? 

    2. Andi Arsyil

    pendidikan tinggi - Andi Arsyil Andi Arsyil. (Sumber: wowkeren.com)

    Andi Arsyil, aktor yang memulai karir sebagai Furqon di film Ketika Cinta Bertasbih ini ternyata punya 3 gelar sarjana sekaligus lho. Pada 2010, ia mendapat gelar sarjana dari jurusan Geofisika, Manajemen Ekonomi dan Teknik Informatika. Tidak hanya dunia akademik, pria asal Makassar ini juga berkesempatan menjadi duta International Youth Forum on Climate Change (IYFCC) 2011. 

    3. Annisa Pohan 

    pendidikan tinggi - Annisa Pohan Annisa Pohan. (Sumber: beritahati.com)

    Biasa tampil di televisi sebagai presenter, pemilik nama lengkap Annisa Larasati Pohan ini menyandang dua gelar pendidikan juga, lho. Bagi perempuan kelahiran 20 November 1981, memulai karier sejak sekolah tidak lantas membuatnya menyepelekan pendidikan. Sambil menjadi penyiar Radio OZ Bandung, ia menyelesaikan studi hingga mendapat gelar sarjana ekonomi dari Universitas Padjajaran. Bahkan ketika sudah berperan sebagai istri sekaligus ibu bagi satu orang putri pun Annisa Pohan bertekad menempuh jenjang magister. Akhirnya, dengan predikat summa cum laude ia dapat menuntaskan program magister manajemen Universitas Indonesia selama 18 bulan.

    4. Cinta Laura 

    pendidikan tinggi - Cinta Laura Cinta Laura. (Sumber: hello-pet.com)

    Terkenal dengan jargon "becek, ga ada ojek", Cinta Laura ternyata punya tekad kuat untuk meraih gelar pendidikan tinggi juga lho. Perempuan Indo-Jerman ini mampu menuntaskan dua gelar sarjana sekaligus di salah satu universitas, Ivy League. Istilah yang merujuk pada asosiasi perguruan tinggi yang terkenal dengan kesempurnaan dan elitis akademik. Tak hanya mampu menyelesaikan pendidikan selama 3,5 tahun, ia juga mampu meraih predikat cum laude. Disiplin dan tekad kuat patut dijadikan panutan ya, smart buddies

    5. Dian Sastro 

    pendidikan tinggi - Dian Sastro Dian Sastro. (Sumber: nyoozee.com)

    Bisa dibilang, Dian Sastro merupakan paket lengkap. Tak hanya memiliki paras yang cantik, pengetahuannya pun tak dapat dianggap remeh. Memperoleh gelar sarjana dari jurusan Filsafat Universitas Indonesia tak membuat ibu dari dua anak ini merasa puas. Predikat cum laude mengiringi gelar Magister Manajemen UI perempuan bernama lengkap Diandra Paramita Sastrowardoyo ini. Bahkan perempuan ini ingin menempuh pendidikan hingga jenjang doktoral, smart buddies

    6. Gita Gutawa 

    pendidikan tinggi - Gita Gutawa Gita Gutawa. (Sumber: tribunnews.com)

    Dua gelar pendidikan tinggi Gita Gutawa berasal dari Inggris, lho. Gelar Sarjana Ekonomi ia peroleh dari Birmingham of University, sementara dari London School of Economics and Political Science, LSE Inggris ia mendapat gelar Master. Mimpi penyanyi berkarakter sopran ini ingin memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Mari kita amin-kan, smart buddies!

    7. Isyana Sarasvati 

    pendidikan tinggi - Isyana Sarasvati Isyana Sarasvati. (Sumber: newsth.com)

    Tahukah kamu, musikalitas Isyana Sarasvati juga dibentuk melalui perguruan tinggi? Kesukaannya mengikuti berbagai kompetisi seni mengantarkan Isyana memeroleh beasiswa diploma di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura. Tak sampai di situ, perempuan kelahiran 2 Mei 1993 ini melanjutkan pendidikan sarjana di Royal College of Music, Inggris. 

    8. Maudy Ayunda 

    pendidikan tinggi - Maudy Ayunda Maudy Ayunda. (Sumber: babatpost.com)

    Sukses membintangi beberapa film tak lantas membuat Maudy Ayunda mengesampingkan pendidikannya, lho. Dara kelahiran 19 Desember 1994 ini mendapat gelar sarjana jurusan Politics, Philosophy, and Economics di Oxford University pada 2016 lalu. Bahkan wanita bersuara merdu ini sempat berbicara di depan forum pemimpin dunia pada Regional Meeting and Stakeholder Consultation on the Post-2015 Development Agenda di Nusa Dua, Bali. 

    9. Okky Lukman 

    pendidikan tinggi - Okky Lukman Okky Lukman. (Sumber: vemale.com)

    Meskipun sering bertingkah konyol yang mengundang tawa, Okky Lukman tetap mengutamakan pendidikan. Buktinya, ia dapat menuntaskan jenjang Magister di jurusan Hukum Pidana Universitas Padjajaran. Wanita berdarah Minang ini menegaskan bahwa selebritis tak hanya mengejar popularitas. Salut!

    10. Sherina Munaf 

    pendidikan tinggi - Sherina Munaf Sherina Munaf. (Sumber: instagram.com)

    Mendapatkan gelar Bachelor of Science dari University of Sidney, Australia, Sherina Munaf tengah semangat menimba ilmu di Negeri Sakura. Kecintaannya pada manga Jepang membuat perempuan ini mengambil kursus intensif Bahasa Jepang selama 40 minggu. Bahkan bila diikuti sosial medianya, sekarang ia sedang asyik mempelajari animasi. Smart buddies berniat banting setir juga setelah S1? 

    11. Tasya Kamila 

    pendidikan tinggi - Tasya Kamila Tasya Kamila. (Student: twitter.com)

    Ada yang masih ingat lagu "Libur T'lah Tiba"? Nah, pelantun lagu bocah ini sudah bertumbuh menjadi perempuan yang cantik dan cerdas. Lulus S1 selama 3,5 tahun dengan IP 3,58 tak menyurutkan semangat perempuan ini mengenyam pendidikan. Demi mewujudkan impian menjadi Menteri Lingkungan Hidup, Tasya Kamila kini sedang menempuh pendidikan di School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University. Fyi, perempuan berwajah imut ini salah satu awardee LPDP juga lho. 

    12. Tompi 

    pendidikan tinggi - Tompi Tompi. (Sumber: koranbabel.com)

    Setelah menerima tawaran manggung di mana-mana, Tompi masih sempat menyelesaikan program pendidikan spesialisnya. Bahkan, penyanyi dengan nama lengkap Teuku Adifitrian ini mendapat gelar dokter spesialis bedah plastik di Universitas Indonesia. Bersama beberapa temannya, Tompi mendirikan klinik kecantikan di kawasan Kebayoran Baru. Ada di antara smart buddies yang ingin mencoba konsultasi? 

    13. Vidi Aldiano 

    pendidikan tinggi - Vidi Aldiano Vidi Aldiano. (Sumber: dream.co.id)

    Oxavia Aldiano atau Vidi Aldiano menamatkan S2 Universitas Manchester jurusan Bisnis. Keputusan ini ia ambil karena menyadari bahwa gelar sarjana tak cukup bersaing di keadaan sekarang. Selain pertimbangan itu, penyanyi yang melejit lewat Nuansa Bening ini ingin meneruskan usaha yang dirintis ayahnya. Semoga sukses, Vidi!

    Nah, itu tadi artis-artis yang mengutamakan pendidikan di samping kesibukannya di dunia showbiz. Semoga memberi inspirasi kamu untuk mengejar impian juga ya! (NM)

    Share this:

    Tags: fun facts, Tokoh

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!