10 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Wah, Ujian Nasional benar-benar sudah di depan mata nih, smart buddies! Deg‐deg-an, nervous, susah tidur, dan berbagai macam gejala pasti kamu alami. Eits, jangan panik, jangan gugup! Ruangguru akan memberikan tips dan trik bagi kamu agar lebih siap lagi menghadapi Ujian Nasional. Keep reading! ☺

1. Jaga Kesehatan

Hal utama yang sangat perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan kamu. Mulai sekarang, konsumsi makanan yang lebih sehat dan bernutrisi yuk! Eits, tidak hanya mengatur asupan lho, kamu juga harus mengontrol waktu istirahatmu. Kurang‐kurangi deh begadang yang kurang penting. Kalau ada tugas, baiknya diselesaikan sesegera mungkin supaya kamu tidak perlu begadang. Jangan lupa dibarengi olahraga ya. Kalau tidak sempat di hari sekolah, ikut car free day di hari Minggu adalah ide yang menyenangkan lho. Efeknya bukan hanya untuk menghadapi Ujian Nasional, tapi jangka panjang. Siapa sih yang tidak ingin berumur panjang?

Tips Menghadapi Ujian

2. Ikuti semua program belajar yang disediakan di sekolah

 Tips Menghadapi Ujian

Foto: cantbesaturdaynow 

Sekolah  akan  mengadakan  program  bimbingan  belajar, tryout, pelajaran tambahan, dan banyak  lagi.  Semua program ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapanmu menghadapi Ujian Nasional. Jadi, jangan bolos ya kalau ada bimbingan belajar.

3. Ciptakan suasana belajar yang nyaman 

Tips Menghadapi Ujian Foto: studyin-UK 

Belajar  akan  menjadi  lebih  menyenangkan  jika  kondisi  mood‐mu  juga  sedang  baik. Oleh sebab itu, diperlukan suasana belajar yang nyaman sesuai dengan kepribadianmu. 

Tips Menghadapi Ujian Foto: ucdavis.edu 

Misalnya, belajar di taman belakang rumah, kamar yang bersih dan senyap ditemani aromaterapi, dan sebagainya. Ketika kamu sudah nyaman, pasti kamu bisa lebih betah juga untuk belajar.

4. Lahap semua soal

Dari tahun ke tahun, tipe soal untuk Ujian Nasional sama saja. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin terbiasa juga kamu menghadapi soal‐soal. Mulai sekarang, jadikan soal sebagai teman baikmu ya. Jika kamu merasa kesulitan dalam menjawab soal, kamu bisa mencoba aplikasi belajar online dari Ruangguru lho! Foto soal yang kamu rasa sulit, kemudian upload, dan nanti akan ada guru yang membantu memecahkan kesulitanmu. Selain itu, kalau kamu lupa dengan materi pelajaran pada soal, jangan khawatir! Tonton RuangVideo by Ruangguru yang menyajikan ribuan video belajar berisi materi persiapan Ujian Nasional. Nah, #BelajarJadiMudah kan, smart buddies?

5. Belajar kelompok 

Tips Menghadapi Ujian Foto: collegeperfomancecoaching 

Belajar sendiri mungkin terkadang agak membosankan ya. Coba deh ajak beberapa orang temanmu yang bisa membuat suasana belajarmu lebih santai dan menyenangkan. Tapi hal yang perlu diingat, jangan sampai terlalu banyak ngobrol dan bercanda  ya sampai lupa tujuan utama, yaitu belajar.

6. Bimbingan Belajar Privat

Kamu pernah nggak sih kesulitan untuk mengikuti pelajaran persiapan Ujian Nasional di kelas? Demi mengejar ketertinggalan, kamu biasanya bakal memutuskan untuk ikut bimbingan belajar, betul? Udah ikut bimbingan belajar, eh, ternyata kamu tetap belum paham juga karena tempo belajar di kelas yang nggak sesuai. Kan jadi serba salah ya.

Nah, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa kamu membutuhkan sistem bimbingan belajar privat, Squad. Dengan bimbingan belajar privat, kamu akan fokus dengan materi apa saja yang belum dikuasai atau yang mau kalian pelajari ulang, proses belajar akan efektif deh. Selain itu, sistem dan waktu belajar akan disesuaikan dengan kebiasaan belajar kamu, nggak ada lagi yang namanya malas belajar karena sistemnya nggak cocok.

7. Kurangi melakukan hal yang kurang bermanfaat

Dimulai  dari  sekarang,  kamu  harus  mengurangi  kebiasaan‐kebiasaan  kurang  penting  nih.  Misalnya nongkrong berjam‐jam setelah pulang sekolah, terlalu lama menghabiskan waktu di depan televisi, atau main game yang tidak kunjung usai. Semoga bisa jadi kebiasaan baik ya!

8. Fokus!

Tips Menghadapi Ujian Foto: cdn.meme.am 

Selama persiapan UN, belajar menahan diri yuk. Salah satunya, tidak terlalu sering buka media sosial. Sesekali boleh kok mengecek update‐an atau posting kegiatan terbarumu, tapi jangan sampai berjam‐jam larut ya! Hal ini  dilakukan agar perhatianmu tidak beralih ke hal lain. Kalau kamu memang tipe yang agak susah fokus, mungkin  ikut belajar intensif akan membantumu lebih fokus.

9. Jangan lupa bermain

Jalan‐jalan sesekali tidak ada salahnya lho untuk sekedar me‐refresh otak. Tidak perlu jauh‐jauh, coba saja berkeliling komplek atau mengurus binatang peliharaan. Menghirup udara segar akan membuat otakmu kembali fresh.

10. Berdoa

The last but not least, berdoa! Semakin banyaklah berdoa agar kamu diberikan kelancaran selama UN.  Baik  dari  kesehatan,  saat  mengerjakan,  hingga  hasilnya  nanti.  Jangan  lupa berdoa untuk kesuksesan teman‐temanmu juga ya. 

Tips Menghadapi Ujian Foto: artikelindonesia.web.id 

Sekian beberapa tips yang bisa coba kamu aplikasikan untuk persiapan UN. Tapi, semua tips di atas akan percuma, jika kamu tidak mulai mempraktekkannya. Yuk, mulai dari sekarang! Semoga sukses ya, teman‐teman! (TN)

Free modul

Ruangguru