9 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

9 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Wah, Ujian Nasional hanya tinggal menghitung minggu nih, teman‐teman! Deg‐degan pasti ya, apalagi bagi murid Sekolah Dasar yang baru pertama kali menjalankan Ujian Nasional. Pasti belum ada bayangan akan seperti apa ya kira‐kira?

Seperti sebelum‐sebelumnya, Ujian Nasional digelar di akhir semester genap, yaitu sekitar bulan April dan Mei. Apa saja yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapi ujian? Ruangguru.com akan memberikan tips dan trik bagi kamu agar lebih siap lagi menghadapi Ujian Nasional. Keep reading! ☺

1. Jaga kesehatan

Hal utama yang sangat perlu kamu perhatikan adalah kondisi kesehatan kamu. Mulai sekarang, konsumsi makanan yang lebih sehat dan bernutrisi yuk! Eits, tidak hanya mengatur asupan lho, kamu juga harus mengontrol waktu istirahatmu. Kurang‐kurangi deh begadang yang kurang penting. Kalau ada tugas, baiknya diselesaikan sesegera mungkin supaya kamu tidak perlu begadang. Jangan lupa dibarengi olahraga ya. Kalau tidak sempat di hari sekolah, ikut car free day di hari Minggu adalah ide yang menyenangkan lho. Efeknya bukan hanya untuk menghadapi Ujian Nasional, tapi jangka panjang. Siapa sih yang tidak ingin berumur panjang?

EP8

2. Ikuti semua program belajar yang disediakan di sekolah

shallnotpass

Foto: cantbesaturdaynow

Sekolah  akan  mengadakan  program  bimbingan  belajar, tryout, dan banyak  lagi.  Semua program ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapanmu menghadapi Ujian Nasional. Jadi, jangan bolos ya kalau ada bimbingan belajar.

3. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

studyin-uk

Foto: studyin-UK

Belajar  akan  menjadi  lebih  menyenangkan  jika  kondisi  mood‐mu  juga  sedang  baik. Oleh sebab itu, diperlukan suasana belajar yang nyaman sesuai dengan kepribadianmu.

ucdavis.edu

Foto: ucdavis.edu

Misalnya, belajar di taman belakang rumah, kamar yang bersih dan senyap ditemani aromaterapi, dan sebagainya. Ketika kamu sudah nyaman, pasti kamu bisa lebih betah juga untuk belajar.

4. Lahap semua soal

Dari tahun ke tahun, tipe soal untuk Ujian Nasional sama saja. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin terbiasa juga kamu menghadapi soal‐soal. Mulai sekarang, jadikan soal sebagai teman baikmu ya. Jika kamu merasa kesulitan dalam menjawab soal, kamu bisa mencoba aplikasi belajar online dari Ruangguru.com lho!

5. Belajar kelompok

Study group at university

Foto: collegeperfomancecoaching

Belajar sendiri mungkin terkadang agak membosankan ya. Coba deh ajak beberapa orang temanmu yang bisa membuat suasana belajarmu lebih santai dan menyenangkan. Tapi hal yang perlu diingat, jangan sampai terlalu banyak ngobrol dan bercanda  ya sampai lupa tujuan utama yaitu belajar.

6. Kurangi melakukan hal yang kurang bermanfaat

Dimulai  dari  sekarang,  kamu  harus  mengurangi  kebiasaan‐kebiasaan  kurang  penting  nih.  Misalnya nongkrong berjam‐jam setelah pulang sekolah, terlalu lama menghabiskan waktu di depan televisi, atau main game yang tidak kunjung usai. Semoga bisa jadi kebiasaan baik ya!

7. Fokus!

Foto: cdn.meme.am

Selama persiapan UN, belajar menahan diri yuk. Salah satunya, tidak terlalu sering buka media sosial. Sesekali boleh kok mengecek update‐an atau posting kegiatan terbarumu, tapi jangan sampai berjam‐jam larut ya! Hal ini  dilakukan agar perhatianmu tidak beralih ke hal lain. Kalau kamu memang tipe yang agak susah fokus, mungkin  ikut belajar intensif akan membantumu lebih fokus.

8. Jangan lupa bermain

Jalan‐jalan sesekali tidak ada salahnya lho untuk sekedar me‐refresh otak. Tidak perlu jauh‐jauh, coba saja berkeliling komplek atau mengurus binatang peliharaan. Menghirup udara segar akan membuat otakmu kembali fresh.

9. Berdoa

The last but not least, berdoa! Semakin banyaklah berdoa agar kamu diberikan kelancaran selama UN.  Baik  dari  kesehatan,  saat  mengerjakan,  hingga  hasilnya  nanti.  Jangan  lupa berdoa untuk kesuksesan teman‐temanmu juga ya.

www.artikelindonesia.web.id

Foto: artikelindonesia.web.id

Sekian beberapa tips yang bisa coba kamu aplikasikan untuk persiapan UN. Tapi, semua tips di atas akan percuma, jika kamu tidak mulai mempraktekkannya. Yuk, mulai dari sekarang! Semoga sukses ya, teman‐teman!

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.