9 Tips Seru Nan Jitu Bagi yang Mudah Lupa dan Sulit Konsentrasi | Blog Ruangguru

9 Tips Seru Nan Jitu Bagi yang Mudah Lupa dan Sulit Konsentrasi

 Sulit konsentrasi saat menerima materi pelajaran di sekolah.

☑ Jalan-jalan di suatu tempat dan berpapasan dengan teman lama, ingin menyapa namun lupa nama.

☑ Kemarin malam baru menonton film X, tapi malam berikutnya sudah lupa jalan ceritanya.

 ☑ Hendak berbelanja keperluan memasak, namun ada satu bahan penting yang terlupa.

Pernah mengalami hal-hal di atas? Well, kamu nggak perlu khawatir karena itu normal kok, smart buddies. Semakin kita bertumbuh, daya ingat kita memang menurun, tidak setajam sebelumnya. Namun, hal ini bisa diatasi kok. Simak 7 cara seru berikut ya!

#1. Doodle

Waktu kamu sedang bosan di dalam kelas, pernah nggak iseng gambar-gambar? Nah, tanpa disadari, coret-coretan yang kamu buat itulah yang namanya doodle. Ciri khas doodle adalah spontan. Katanya sih, orang yang hobinya doodling itu kurang memperhatikan keadaan sekitar. Pada kenyataannya, kegiatan ini dapat membantu kita agar otak tetap aktif lho.

sulit konsentrasi - doodling

Doodling. (Sumber: thumbs-mic.com)

Di tahun 2009, seorang profesor bernama Jackie Andrade melakukan sebuah studi yang membuktikan bahwa doodler mampu mengingat fakta 30 persen lebih baik ketimbang non-doodlers. Pada studi tersebut, peserta diminta untuk mendengarkan pesan tentang sebuah pesta yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Nah, peserta harus menuliskan nama semua orang yang bisa menghadiri pesta, dan mengabaikan nama-nama yang tidak dapat hadir. Setengah dari peserta diminta untuk mengisi kotak dan lingkaran pada secarik kertas, kemudian menuliskan nama-nama tersebut. Sebagian lagi hanya diminta untuk mendengar pesan dan menuliskan nama, tidak boleh mencoret-coret pada lingkaran. Hasilnya? Kelompok yang mengisi kotak dan lingkaran mampu mengingat sedikit lebih baik daripada mereka yang hanya menuliskan nama.

Selain itu, kemampuan akan meningkat pesat lho, di antaranya visual, karena melihat apa yang digambar. Kinestetik, karena menggunakan tangan untuk menggambar. Terakhir, pendengaran, karena memproses informasi dengan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

#2. Rosemary

Peneliti menemukan fakta bahwa menghirup aroma tumbuhan rosemary dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat sebesar 60-75 persen lho. Cara ini dilakukan pada orang yang sering lupa minum obat tepat waktu dan juga mengingat tanggal. Sebuah tim psikologi di Northumbria University melakukan uji coba minyak rosemary pada 66 orang dengan membagi peserta menjadi dua ruangan. Satu ruangan sudah disemprot aroma rosemary, sedangkan satunya lagi tidak.

sulit konsentrasi - tumbuhan rosemary

Tumbuhan rosemary. (Sumber: thefamilyceoblog.com)

Lalu, mereka diminta melakukan serangkaian tes yang ditujukan untuk menguji daya ingat. Hasilnya, orang yang berada dalam ruangan beraroma rosemary memiliki performa lebih baik dibanding yang tidak. Selain meningkatkan daya ingat, tanaman ini juga bermanfaat untuk mengatasi migrain, antibakteri, peningkat imunitas, keluhan pencernaan, nafas segar dan detoksifikasi liver.

Psst, coba tempatkan tanaman rosemary di tepi jendela dan hiruplah setiap hari.

#3. Mengepalkan tangan

Tahukah kamu kalau mengepalkan tangan berpengaruh dengan daya ingat? Sejumlah ahli di Amerika Serikat melakukan sebuah eksperimen terhadap 50 orang dewasa. Para ahli tersebut mengemukakan bahwa hanya dengan mengepalkan tangan kanan, maka dapat membantu meningkatkan keampuan mengingat sesuatu, misalnya daftar belanja atau nomor telepon. Kemudian, mengepalkan tangan kiri dapat membantu mengingat peristiwa yang terjadi di masa lalu.

sulit konsentrasi - Mengepalkan tangan

Mengepalkan tangan. (Sumber: menshealth.co.uk)

Nah, dari penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa ketika melakukan gerakan mengepal, mereka lebih mudah mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang. Well, mengepalkan tangan memang ada kaitannya dengan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan ingatan. Sedikit tips untuk kamu, beli stress ball.

“Gerakan tubuh sederhana dapat mengubah cara kerja fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat, kata salah satu peneliti, Dr. Ruth Propper.

4. Permainan asah otak

Untuk menjaga agar otak tetap bekerja sebagaimana mestinya, maka harus terus  diasah. Otak kita itu seperti mesin. Apabila mesin terlalu sering didiamkan, tidak bergerak, maka lama-kelamaan akan rusak. Sebaliknya, ketika mulai dipanaskan, lalu digunakan, maka akan menjadi lebih lincah.

sulit konsentrasi - Teka-teki silang

Teka-teki silang. (Sumber: ems-solutionsinc.com)

Kamu bisa coba permainan klasik seperti Sudoku atau teka-teki silang yang dapat memperbaiki ingatan dan menunda kepikunan. Permainan asah otak dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kognitif, menguji kemampuan otak dalam hal perhatian dan juga kecepatan. Kamu bisa coba berbagai macam permainan di gadget yang didesain khusus untuk membantu orang-orang berumur meningkatkan daya ingat, konsentrasi, bahkan mood.

5. Menguasai skill dan bahasa baru

sulit konsentrasi - Belajar merajut

Belajar merajut. (Sumber: lifehack.org)

Peneliti mengatakan bahwa setiap aktivitas yang rajin dilakukan secara rutin akan memperbaiki ingatan. Kamu bisa mulai dari belajar Bahasa Perancis, merajut, memasak, menjadi relawan, dan sebagainya. Lakukan dengan disiplin dan coba lihat perubahan setelahnya. Pelajari satu hal baru setiap harinya. Kamu bisa belajar dengan guru privat, ikut komunitas, atau cari referensi melalui channel Youtube yang menyajikan konten-konten berkualitas.

6. Keluar dari zona nyaman

sulit konsentrasi - Nyemplung ke air yang lebih dalam

Nyemplung ke air yang lebih dalam. (Sumber: forbes)

Ketika kita berada di zona nyaman, tentu enggan rasanya untuk keluar. Namun, justru di luar zona nyaman itulah kamu bisa berkembang, smart buddies. Kalau terus-menerus ada di kondisi nyaman, hidup kamu tentu tidak berwarna. Menjalani rutinitas itu-itu saja, tidak menemukan tantangan baru, tidak akan membentukmu jadi pribadi yang lebih berkualitas. Coba deh beranikan diri untuk nyemplung di air yang lebih dalam lagi, dan nikmati sensasi yang kamu dapatkan. Tidak usah terlalu muluk-muluk mikirnya, mulai saja dari menekuni sebuah hobi baru. Cermati, pelajari, dan serap semua ilmu yang kamu dapat.

7. Menggunakan font unik

Ketika membaca buku, koran, majalah, atau apa pun yang ada di internet, tentu kita menginginkan font yang mudah dibaca, kan? Eits, tapi peneliti berpendapat lain lho. Cara terbaik untuk mengingat sesuatu yang sudah kamu baca adalah membacanya dengan font yang tidak biasa. Pasalnya, jika kamu membaca sesuatu yang agak sulit dibaca, kamu ‘dipaksa’ untuk berkonsentrasi penuh pada bacaan tersebut. Dengan demikian, cara ini akan lebih memudahkanmu untuk mengingat. Wow, unik juga ya, smart buddies!

8. Neurobics

sulit konsentrasi - Mencoba rute baru berangkat ke sekolah

Mencoba rute baru berangkat ke sekolah. – (Sumber: signal.co)

Neurobics ini melibatkan perubahan rutinitas. Jadi, otak melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, coba gunakan tangan kirimu untuk menyikat gigi. Jika kidal, lakukan dengan cara sebaliknya. Kemudian, mengubah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah/kampus/kantor juga tampak seru.

9. Mengajar

sulit konsentrasi - mengajar

Mengajar. (Sumber: pharmacyforme.org)

Coba kamu perhatikan guru, dosen, atau mentor sedang menjelaskan materi. Bagaimana mereka mampu mengingat setiap materi yang diajarkan dengan baik? Ya, mereka mengajar kamu semua. Dengan mengajar, kamu akan terus-menerus transfer ilmu kepada orang lain.

Itu dia 9 cara seru untuk meningkatkan daya ingatmu. Jangan lupa untuk beri otak asupan yang baik, olahraga teratur, serta istirahat cukup. Dicoba satu-persatu yuk, smart buddies! Kemudian, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya. (TN)

Ruangguru

Situs Pencarian Guru Privat & Konten Pembelajaran #1 di Indonesia

You may also like...

2 Responses

  1. yanyan says:

    Thankyou thankyou, semoga cara ini bener bener worht it👍

  2. Arrayya Yerin says:

    Pengen nyoba..makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.