Wah, 5 Jurusan Kuliah Ini Langka di Indonesia! | Blog Ruangguru

Wah, 5 Jurusan Kuliah Ini Langka di Indonesia!

Smart buddies, tentu kamu paham bahwa persaingan untuk dapat masuk ke jurusan impianmu di universitas tidaklah mudah. Terlebih lagi jika program studi yang kamu minati tidak tersedia di banyak universitas. Mau tahu apa saja jurusan kuliah yang hanya tersedia di universitas tertentu? Siapa tahu salah satunya adalah jurusan impianmu. Simak selengkapnya, yuk!  

Astronomi

jurusan kuliah

Jurusan astronomi. (Sumber: bilginturk.net)

Kamu tertarik mempelajari benda-benda yang ada di langit? Tandanya kamu cocok berkuliah di jurusan Astronomi. Namun, kamu hanya dapat mempelajari ilmu Astronomi di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jadi, kamu harus mempersiapkan dirimu sebaik mungkin agar kamu bisa lolos ke jurusan tersebut. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari asal-usul benda langit serta sifat-sifat kimia dan fisika dari benda tersebut. Setelah lulus, ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu geluti. Kamu bisa menjadi dosen, peneliti, dan astronom.

Teknik Nuklir

jurusan kuliah

Kuliah di jurusan teknik nuklir. (Sumber: youthmanual.com)

Nah, program studi yang satu ini hanya dibuka di Universitas Gadjah Mada. Nantinya kamu dapat memilih salah satu dari dua peminatan yang ditawarkan oleh universitas. Peminatan tersebut adalah Teknik Energi Nuklir dan Fisika Medik. Teknik Energi Nuklir fokus pada industri, sedangkan Fisika Medik fokus pada pemanfaatan nuklir di bidang medis. Selain di UGM, kamu bisa juga mempelajari ilmu tentang nuklir di Sekolah Tinggi Teknik Nuklir-BATAN. Namun, di sana hanya tersedia program berjenjang Diploma IV dan bersifat kedinasan. Profesi yang bisa dilakoni oleh lulusan Teknik Nuklir beragam, lho. Contohnya menjadi peneliti, bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, dan bekerja di bagian radiologi di rumah sakit.

Teknobiomedik

jurusan kuliah

Program studi teknobiomedik. (Sumber: wonderfulengineering.com)

Apakah kamu pernah mendengar jurusan Teknobiomedik? Mungkin program studi ini belum cukup familiar di telinga kita semua. Jurusan ini hanya bisa kamu pelajari di Universitas Airlangga, lho. Sebagaimana namanya, jurusan Teknobiomedik merupakan gabungan dari ilmu teknik dan ilmu medis. Kamu akan mempelajari ilmu Elektronika, anatomi tubuh, Fisika Medis, dan lain-lain. Nantinya, kamu diharapkan dapat menggunakan kedua ilmu tersebut untuk meningkatkan tingkat kesembuhan seorang pasien dan tingkat kesehatan seseorang secara umum. Setelah menyelesaikan studi di program tersebut, kamu bisa bekerja di perusahaan alat-alat kesehatan atau menjadi akademisi.

Oseanografi

jurusan kuliah

Jurusan oseanografi. (Sumber: beritasatu.com)

Kamu pasti tahu kan kalau Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh laut? Oleh sebab itu, ilmu mengenai laut tentunya sangat penting untuk dikuasai oleh bangsa ini. Nah, jika kamu mau menjadi salah satu orang yang ahli di bidang kelautan, kamu bisa belajar di jurusan Sseanografi. Saat ini, program studi Oseanografi tersedia di Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari sifat-sifat air laut, arus, pasang-surut, dan pergerakan sedimen dari laut. Jika sudah lulus kuliah, kamu bisa bekerja di perusahaan minyak atau kontraktor untuk membantu mereka membangun infrastruktur laut seperti oil rig.

Event

jurusan kuliah

Program studi event. (Sumber: smart-holiday.com)

Apakah kamu termasuk panitia pensi atau pertandingan olahraga di sekolahmu? Buat kamu yang senang mengkoordinir suatu acara, mungkin kamu akan cocok berkuliah di jurusan event. Jurusan ini bisa kamu pelajari hanya di Prasetya Mulya Business School. Selain itu, kamu juga bisa mendalami pelajaran sejenis di Politeknik Negeri Jakarta (D4) dan Universitas Indonesia (D3). Seusai berkuliah di program ini, kamu bisa bekerja sebagai event manager atau membuka usaha event organizer milikmu sendiri.

Itu dia lima jurusan yang hanya tersedia di beberapa universitas di Indonesia. Jika kamu benar-benar tertarik pada program studi tersebut, kamu harus belajar dengan rajin agar diterima di kampus impian. Semoga bermanfaat ya, smart buddies. Yuk, ceritakan jurusan impianmu di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

You may also like...

8 Responses

  1. Sabrina says:

    Oseanografi sm astronomi mah ada di jurusanku fisika. Emang terkenal sulit

  2. Sofi says:

    Oceanografi bisa ga si dari jurusan ips?

  3. Ahmed Raecky Baihaqy says:

    Teknobiomedik ada di ITS juga kok hm

  4. Adam says:

    Teknik biomedis juga ada di itb

  5. Amad says:

    Jurusan event juga bisa di dapat di Sekolah Tinggi Pariwisata nusa dua bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dan Politeknik Pariwisata Makassar, semuanya perguruan tinggi dibawah naungan kementerian pariwisata

  6. dj@moerano says:

    bukanya oceanografi masuk pelajaran geo ya..? berarti bisa dong dari jurusan ips.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.