Wow, 5 Traveler Indonesia Ini Berhasil Mengubah Liburan Menjadi Uang Lho! | Blog Ruangguru

Wow, 5 Traveler Indonesia Ini Berhasil Mengubah Liburan Menjadi Uang Lho!

Sebentar lagi masa liburan datang, nih! Apakah smart buddies sudah memiliki rencana akan pergi ke mana? Selama ini, liburan identik dengan pengeluaran banyak uang. Namun sebaliknya, kamu juga bisa lho menghasilkan uang dari traveling. Enggak percaya? 5 traveler asal Indonesia ini sudah membuktikannya. Yuk simak cerita tentang mereka!

1. Trinity

Traveler Indonesia - Trinity

Trinity (Sumber: pergidulu.com)

Bisa dibilang Trinity-lah yang memelopori profesi travel writer di Indonesia menjadi hits dan menjanjikan seperti sekarang. Menulis dan traveling memang merupakan passion Trinity, hingga akhirnya pada tahun 2005 ia percaya diri untuk membuat travel blog yang diberi judul The Naked Traveler.  Pengalaman-pengalaman serunya menjelajahi banyak tempat yang ditulis dengan gaya bahasa santai berhasil mencuri hati banyak orang.

Dulu, Trinity sempat bekerja kantoran sebelum akhirnya memutuskan untuk keluar dan fokus menjadi  seorang travel writer. Keputusannya sempat dianggap aneh oleh banyak orang. Namun, Trinity membuktikan bahwa dengan ‘hanya’ menjadi seorang travel writer, ia tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Traveler Indonesia - The Naked Traveler

Buku-buku karya Trinity (Sumber: getscoop.com)

Bermula dari blog, pada tahun 2007 Trinity melebarkan sayapnya dengan menulis buku. Hingga kini, sudah ada 13 buku traveling yang ia tulis.  Serial The Naked Traveler telah mencapai 7 buku dan ada versi Bahasa Inggrisnya juga, lho! Dua di antaranya berisi kisahnya selama perjalanan keliling dunia yang ia lakukan setahun sejak bulan Oktober 2012. Pada bulan Maret 2017 yang lalu pun telah tayang film berjudul Trinity, The Nekad Traveler yang diadaptasi dari buku-buku Trinity. Wow, luar biasa sekali ya smart buddies!

2. Marischka Prudence

Traveler Indonesia - Marischka Prudence

Marischka Prudence (Sumber: marischkaprudence.blogspot.co.id)

Jika smart buddies melihat akun instagram @marischkaprue, bersiap-siaplah dibuat iri dengan ribuan foto traveling di berbagai tempat yang diunggah oleh Prue. Wah kok bisa ya jalan-jalan terus? Yap, Marischka Prudence adalah seorang travel blogger sehingga traveling adalah sumber penghasilannya. Sempat berkarir menjadi pembawa acara traveling di salah satu stasiun TV, Prue akhirnya memutuskan berhenti di tahun 2012 dan fokus menjadi travel blogger. Ia mengambil keputusan tersebut karena ingin menjadi full time traveler.

Blognya yang diberi judul Life is An Absurd Journey telah dikunjungi hampir 3 juta kali. Menurutnya, ada 3 tips terpenting untuk menjadi travel blogger yang sukses. Pertama adalah harus menjadi diri sendiri. Kedua, harus bisa konsisten dalam membuat tulisan. Prue sendiri menargetkan dalam sebulan minimal ada 8 artikel atau paling sedikit ada 5 di blog. Sedangkan yang ketiga adalah harus aktif juga di media sosial. Nah, bagaimana smart buddies, apakah kamu tertarik mengikuti jejak Marischka Prudence?

3. Barry Kusuma

Traveler Indonesia - Barry Kusuma

Barry Kusuma (Sumber: youtube.com)

Apakah di antara smart buddies ada yang memiliki hobi fotografi? Yuk asah terus ya skill yang kamu miliki. Kemampuanmu menghasilkan foto ciamik dapat membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan dari liburanmu lho, seperti yang selama ini dilakukan oleh Barry Kusuma. Pada awal tahun 2000-an, Barry gemar melancong ke berbagai tempat. Akan tetapi, menurutnya traveling saat itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akhirnya ia memutuskan untuk belajar fotografi secara otodidak. Sejak saat itu, setiap pulang dari suatu trip, Barry mengirimkan hasil fotonya ke berbagai media. Dari sanalah jalannya menuju profesi travel photographer  terbuka.

Jika smart buddies ingin melihat foto-foto keren hasil Barry Kusuma, bisa dilihat di instagram dan blognya. Saat ini, Barry juga merupakan satu-satunya kontributor Getty Image bidang fotografi travel  dari Indonesia. Getty Image adalah salah satu agensi stok foto terbesar di dunia. Seleksi untuk menjadi kontributornya  tidak mudah, lho smart buddies! Tak cukup sampai disitu, Barry juga diminta oleh Kementrian Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menggunakan foto-foto yang ia abadikan. Foto-foto tersebut lalu dipublikasikan di semua akun media sosial milik Kementrian Pariwisata, yaitu Indonesia.Travel.

4. Claudia Kaunang

Traveler Indonesia -- Claudia Kaunang

Claudia Kaunang (Sumber: blog.pergi.com)

Banyak orang yang masih bingung bagaimana caranya traveling ke berbagai negara dengan budget hemat. Sebagai seorang traveler berpengalaman, Claudia Kaunang pun menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut lewat buku panduan traveling-nya. Sejak tahun 2009, sudah ada 10 buku yang ia tulis. Buku-buku Claudia digemari karena ia menulis informasi secara detail, termasuk berapa biaya yang dibutuhkan. Buku pertamanya yang berjudul ‘Rp 2 Juta Keliling Thailand, Malaysia, dan Singapura’ bahkan sudah terjual lebih dari 20.000 eksemplar lho smart buddies!

Traveler Indonesia - Claudia Kaunang

Buku-buku karya Claudia Kaunang (Sumber: twitter.com)

Kecintaan Claudia dengan dunia traveling sudah dimulai sejak kecil karena sering diajak orang tuanya. Hingga kini, ia telah mengunjungi lebih dari 60 negara di 5 benua. Tak hanya menulis buku, saat ini Claudia juga kerap mengadakan #TripBarengCK ke berbagai negara. Yang membedakan dengan paket tur lainnya adalah peserta  tidak hanya diajak ke tempat-tempat wisata mainstream naik bis, tapi juga diajak lebih mengeksplor tempat yang dikunjungi layaknya penduduk lokal. Trip bareng ini juga selalu full booked lho karena peminatnya yang banyak.

5. Alexander Thian

Traveler Indonesia - Alexander Thian

Alexander Thian (Sumber: brilio.net)

Di dunia media sosial, @amrazing adalah salah satu akun yang memiliki banyak followers dan influence yang besar. Apakah smart buddies adalah salah satu pengikutnya? Pemilik akun tersebut adalah Alexander Thian yang merupakan seorang penulis buku, travel blogger, dan Chief Digital Officer di sebuah agensi. Gaya penulisan cerita perjalanannya yang gaul dan mengalir apa adanya pun disukai banyak orang.

Tidak banyak yang tahu kalau Alex dulu sempat mengalami masalah ekonomi. Saat SMA, ia sempat membantu omnya di toko material untuk menambah uang saku. Alex mulai terjun sebagai seorang travel writer  ketika ditawari temannya untuk menulis sebuah cerita dan dijadikan antalogi bersama karya penulis lainnya. Di antara banyak aktivitasnya, ia merasa paling enjoy di bidang fotografi. Berkat hasil jepretannya yang memikat banyak orang, ia kerap diundang oleh tourism board banyak negara, seperti Australia dan Jepang.

Nah, itulah kelima orang Indonesia yang berhasil mengubah liburan mereka menjadi uang. Kelihatannya menarik ya smart buddies. Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejak mereka? (NF/DR)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.