Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer! | Blog Ruangguru

Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer!

Di tengah pesatnya perkembangan komputer dan teknologi saat ini, rasanya aneh yah smart buddies jika menemui seseorang yang tidak tahu dan tidak pernah menggunakan komputer. Komputer sekarang sudah mengisi seluruh relung kehidupan kita, mulai dari untuk kerja dan belajar sampai untuk bermain. Komputer sekarang ini juga sudah dilengkapi fitur dan aspek yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sejarah perkembangan komputer, yuk kita definisikan dulu apa itu komputer. Sederhananya, komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama untuk menerima data, mengolah data, dan menampilkan data untuk pengguna. Bentuk dan fitur komputer yang sekarang kita gunakan sudah jauh berbeda lho dengan komputer zaman dahulu. Perkembangan komputer dari pertama memasuki pasar hingga sekarang dapat dibagi menjadi lima generasi yang berbeda. Tiap generasi memiliki terobosan serta inovasinya yang memungkinkan komputer dapat berkembang pesat. Menarik bukan? Yuk kita simak, smart buddies!

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1956)

Perangkat komputer yang pertama ternyata dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Digagas oleh Konrad Zuse, seorang insinyur asal jerman, komputer generasi pertama menggunakan tabung hampa udara sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memori. 

perkembangan komputer -

Komputer generasi pertama. (sumber: fahmirahman.wordpress.com)

Komputer generasi pertama ini sangat mahal dan besar, hingga mengisi seluruh ruangan. ENIAC komputer elektronik pertama di dunia mempunyai bobot 30 ton, panjang 30 M, dan tinggi 2,4 M. Komputer generasi pertama mengandalkan machine language, level bahasa pemrograman paling rendah yang dimengerti komputer. Bahasa pemrograman ini hanya bisa menyelesaikan satu perhitungan setiap waktu serta butuh berhari-hari atau berminggu-minggu untuk menyetel perhitungan baru.

2. Komputer Generasi Kedua (1956-1963)

Diciptakannya transistor pada generasi ini mengubah wajah komputer yang dikenal generasi pertama. Transistor menggantikan tabung hampa dan memulai perkembangan komputer generasi kedua.

perkembangan komputer - Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer!

Komputer generasi kedua. (Sumber: keywordsuggests.com)

Transistor jauh mengungguli tabung hampa dan memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, cepat, murah, dan hemat energi dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, pada generasi ini juga dilakukan pengembangan memori inti magnetik. Secara umum komputer generasi ini sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, kapasitas memori sudah lumayan besar, tidak membutuhkan terlalu banyak listrik, dan proses operasi sudah cepat.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan integrated circuit menjadi penanda komputer generasi ketiga. Dalam pemakaian komputer generasi kedua, transistor membuat komputer cepat panas, maka komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. 

perkembangan komputer - Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer!

Komputer generasi ketiga. (Sumber: jdhise.wordpress.com)

Kemudian pada tahun 1958 Jack Billy menciptakan integrated circuit chip atau IC, kepingan kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Komputer pada generasi ini menjadi lebih kecil dan cepat serta murah, memungkinkan juga menjadi tersedia untuk khalayak umum.

4. Komputer Generasi Keempat (1971-sekarang)

Mikroprosesor menjadi terobosan dalam mendatangkan komputer generasi keempat dengan menyatukan ribuan IC ke dalam satu keeping silicon

perkembangan komputer - Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer!

Komputer generasi keempat. (Sumber: computerhistoryinformation.weebly.com)

Komputer generasi pertama yang mengisi seluruh ruangan sekarang sudah muat dalam genggaman manusia. Muncullah laptop yang sangat portable dan dapat dibawa kemana-mana. Seiring komputer-komputer kecil ini menguat, mereka dapat dihubungkan untuk membentuk jaringan yang pada akhirnya mengawali perkembangan internet.

5. Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan) 

Komputer generasi kelima ini adalah komputer yang kita gunakan ditandai dengan dengan munculnya LSI atau large scale integration yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosesor kedalam satu mikroprosesor. Komputer generasi ini ditandai juga dengan munculnya semi konduktor. 

perkembangan komputer - Yuk Ingat Kembali Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer generasi kelima. (Sumber: yonnysite.wordpress.com)

Komputer quantum dan penggunaan nano technology juga akan merubah besar-besaran wajah komputer yang kita kenal. Tujuan dari komputer generasi kelima adalah mengembangkan komputer yang dapat merespon suara bahasa dan dapat belajar secara sadar.

Ternyata jauh sekali yah smart buddies, wajah dan fungsi komputer yang kita gunakan saat ini dengan komputer pada awalnya. Sekarang komputer menjadi sesuatu yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tapi jangan lupa yah smart buddies, selalu gunakan sarana teknologi dengan pintar salah satunya adalah menggunakan teknologi sebagai saran pembelajaran agar belajar jadi mudah! (SP/DR)

You may also like...

7 Responses

  1. Howdy! This blog post couldn’t be written much better! Going through this article reminds me
    of my previous roommate! He continually kept preaching about this.
    I will forward this article to him. Fairly certain he will have a very good read.
    I appreciate you for sharing!

  2. Henry b says:

    Omg.. Perangkst komputer pertama itu bukan dr konrad, tp penemu pertama itu adalah itu Allan Turing.. Ter kegunaannya bukan membuat pesawat tp untuk digunakan untuk memcahkan code nazi pada perang dunia..

  3. Afica delavega says:

    This article highly favorable

  4. whoah this blog is magnificent i love reading your posts. Keep up the good work! You know, lots of people are hunting around for this information, you can help them greatly.

  5. Why some of the comments are in english

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.