Ruangguru Blog

    Yuk, Ketahui 5 Fakta Menarik dari Instagram!

    By Ruangguru · Aug 18, 2017

    Apa kabar, Smart Buddies? Siapa di sini yang punya akun Instagram? Atau kamu malah sudah kecanduan dengan media sosial satu ini? Sekali cekrek, langsung update di stories, cekrek lagi, tambah emoji, tambah caption, dan upload! Hampir sebagian dari kamu, pasti sudah terbiasa dengan hal ini, bukan? Ternyata, dilansir dari Jakarta Globe, aplikasi yang diluncurkan pada Oktober 2010 ini sudah memiliki 700 juta pengguna aktif. Sementara itu, 45 juta penggunanya berasal dari Indonesia dan merupakan komunitas terbesar di wilayah Asia Pasifik. Wow!

    Nah, sebelum menjadi media sosial seperti sekarang, banyak lho fakta menarik di balik media sosial yang diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini. Apa saja ya? Cus, cekidot simak penjelasannya dulu!

    1. Bukan aplikasi photo-sharing
    fakta menarik - Interface aplikasi Burbn
    Interface aplikasi Burbn. (Sumber: kissmetrics.com)

    Sebelum menjadi Instagram, aplikasi ini bernama Burbn yang hanya terdapat di perangkat iOS dan menghubungkan jejaring tempat seperti Foursquare. Para user dapat check-in di suatu lokasi dan berbagi foto bersama teman-temannya. Setelah diteliti lebih lanjut, dibanding menggunakan fitur check-in, pengguna lebih sering berbagi foto. Sejak saat itulah, Kevin dan Mike mulai fokus untuk membangun infrastruktur aplikasi berbagi foto.

    2. Hanya digunakan sebagai photo editor
    fakta menarik - Berbagai filter yang tersedia di Instagram Berbagai filter yang tersedia di Instagram. (Sumber: papasemar.com)

    Awalnya, pengguna Instagram hanya memanfaatkan berbagai filter yang tersedia. Setelah itu, hasil foto malah diunggah di platform lain seperti Twitter atau Facebook. Tentu saja dengan begitu, user-nya belum mencapai 700 juta seperti sekarang.

    3. Logo Instagram

    Masih ingat dengan logo Instagram terdahulu yang terlihat seperti kamera berlapis kulit coklat? Logo yang dirancang oleh Cole Rise ini hasil penyempurnaan dari Kevin yang lebih mirip lagi dengan kamera Polaroid.

    fakta menarik - Logo awal Instagram Logo awal Instagram. (Sumber: Logo awal Instagram)

    Setelah diakuisisi Facebook pada 2012, Instagram mengumumkan logo terbaru. Hal ini berlaku seiring perubahan yang juga terjadi di dalam aplikasinya. Dari yang awalnya hanya tersedia di sistem operasi iOS, kemudian perangkat ini juga dikembangkan untuk Android dan web. Selain itu, home timeline yang awalnya diatur berdasarkan waktu posting, kini juga ditampilkan berdasarkan popularitasnya.

    4. Sempat dituduh meniru fitur Snapchat

    Pada Agustus 2016, Instagram meluncurkan fitur stories. Gambar atau video yang diunggah pada stories akan tidak dapat lagi diakses setelah 24 jam. Banyak yang menuduh fitur ini merupakan jiplakan dari aplikasi Snapchat, media sosial yang sudah menerapkan sistem serupa. Meskipun begitu, saat ini jumlah pengguna Instagram Story 25% lebih banyak daripada Snapchat, lho.

    5. Negara dengan pengguna Instagram Story terbanyak: Indonesia

    Hayo, ngaku! Berapa kali dalam sehari kamu update stories? Di antara fitur boomerang, hyperlapse, hingga rewind, mana nih yang paling sering kamu gunakan?

    fakta menarik - Tampilan Instagram Story Tampilan Instagram Story. (Sumber: techcrunch.com)

    Bahkan, Jakarta Globe juga mengungkapkan bahwa pengguna Instagram di Indonesia mampu mengunggah momen melalui stories dua kali lebih banyak daripada rata-rata pengguna lainnya lho

    Well, meskipun itu media sosial kamu sendiri, gunakan secara bijak ya! Selain sebagai hiburan, tentunya kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk membuat #BelajarJadiSeru, lho. Yuk, gabung juga di ruangguru digital bootcamp (RGDB) sebelum terlambat. Temukan teman belajar dari seluruh Indonesia! (NM)

    Share this:

    Tags: fun facts, fakta menarik

    Tulis Komentarmu

    Dapatkan Notifikasi Artikel Ruangguru, Yuk!