Yuk, Simak Tips Mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri! | Blog Ruangguru

Yuk, Simak Tips Mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri!

Smart buddies ingin mengikuti student exchange atau conference di luar negeri? Jangan hanya dijadikan sekadar mimpi, ayo diwujudkan jadi kenyataan. Apalagi, saat ini ada beragam program yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, teman baru dari negara lain, menjadi wakil Indonesia di tingkat internasional, dan tentunya banyak pelajaran berharga. Menarik kan? Peminatnya tentu saja banyak, karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk seleksinya. Kali ini, Ruangguru akan memberikan tips mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri, nih. Yuk disimak!

1. Kenali dengan baik program yang ingin kamu ikuti

Program Pertukaran Pelajar

(Sumber: dubayblog.com)

Saat ini, ada banyak student exchange dan conference yang bisa kamu ikuti, satu sama lainnya tentu saja memiliki perbedaan. Oleh karena itu, kamu harus tahu visi dan misi program yang kamu inginkan. Pilihlah program yang sesuai dengan minatmu, smart buddies. Jangan sampai saat sudah berangkat kamu merasa terbebani dan tidak niat, sehingga nantinya malah menjatuhkan nama negara kita.

2. Persiapkan segala persyaratan dengan baik

Program Pertukaran Pelajar

(Sumber: businessnewsdaily.com)

Setiap program memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Langkah pertama, smart buddies harus tahu kriteria peserta yang mereka cari. Kalau kamu memenuhi kriterianya, siapkanlah segala persyaratan yang diminta dengan baik. Jangan remehkan pengisian formulir dan berkas, ya. Isi dengan lengkap, teliti, dan jujur.

3. Percaya diri saat wawancara

Program Pertukaran Pelajar - Interview

(Sumber: advice.milkround.com)

Biasanya, setelah smart buddies lolos tahap seleksi berkas, akan ada wawancara. Tahap yang satu ini penting, lho! Pertanyaan yang sering diajukan biasanya seputar kepribadian dan keseharian, motivasi mengikuti program tersebut, dan langkah yang akan kamu lakukan setelah program. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan percaya diri. Kamu bisa berlatih sebelumnya dengan meminta temanmu untuk pura-pura menjadi si pewawancara. Terkadang, wawancara juga dilakukan dalam bahasa Inggris. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik ya! Kamu bisa latihan secara otodidak atau kalau ingin lebih fasih dan ada partner untuk belajar, kamu bisa  mencari guru privat di RuangLes

4. Tetap optimis dan teruslah berdoa

Jangan kalah sebelum bertanding, smart buddies! Terkadang kamu mungkin merasa minder karena banyak yang ikut seleksinya juga. Namun, tetaplah percaya diri, optimis, dan terus berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Cari sponsor jika diperlukan

Beberapa program memang menawarkan program yang meng-cover semua keperluanmu. Akan tetapi, ada pula yang tidak sehingga kamu masih membutuhkan mengeluarkan biaya pribadi. Jangan khawatir, smart buddies! Jika memang diperlukan, carilah sponsor seperti perusahaan tertentu. Buatlah proposal lengkap yang menjelaskan tujuan keikutsertaanmu. Kamu harus bisa meyakinkan mereka mengapa dirimu layak untuk diberi sponsor.

6. Persiapkan dirimu dengan baik sebagai wakil dari Indonesia

Program Pertukaran Pelajar - Delegasi Indonesia

Delegasi Indonesia pada event internasional (Sumber: indonesiamengglobal.com)

Selamat smart buddies jika kamu telah lolos semua tahap seleksi! Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk keberangkatanmu. Siapkan dokumen yang kamu perlukan, seperti tiket pesawat dan visa. Jika kamu mengikuti conference, pelajari terlebih dulu topik yang kira-kira akan dibahas. Saat berada di luar negeri, kamu akan menjadi wakil Indonesia. Karena itu, perluas wawasan mengenai Indonesia dan pelajari beberapa budaya tradisional, seperti tarian atau lagu daerah. Oh ya, bawa juga beberapa suvenir atau makanan khas Indonesia untuk dibagikan ke teman-teman barumu di sana.

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan sebelum berangkat mengikuti program pertukaran pelajar atau conference ke luar negeri. Apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai. Jadi, jika ingin mendapat banyak pengalaman dan pelajaran berharga, Smart Buddies juga harus aktif selama program. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga nama baik Indonesia. Sekembalinya ke tanah air, terapkan dan sebarkan ilmu positif yang kamu dapat selama program ke teman-temanmu, ya. (NF/DR)

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.