Ruangguru Blog

    10 Alasan Kamu Wajib Menguasai Bahasa Asing

    By Ruangguru · May 8, 2016

    Hidup di era multikultural tentu saja membuatmu ingin mudah berkomunikasi dengan siapa pun. Sering kali kamu kedatangan teman dari luar kota tempat kamu tinggal atau mungkin luar Indonesia. Nah, bahasa merupakan salah satu alat pemersatu kamu dengan meraka. Kamu tentu saja ingin berkomunikasi dengan lancar kan dengan teman-temanmu tersebut?

    Selain menjadi alat komunikasi satu sama lain. Menguasai bahasa lain selain Bahasa Indonesia atau bahasa sehari-hari yang kamu gunakan, masih ada banyak alasan mengapa kamu wajib menguasai bahasa asing. Inilah 10 alasan di antaranya.

    Meningkatkan kemampuan belajar

    Mempelajari sebuah bahasa akan melatih ingatanmu untuk berpikir dengan cara tertentu. Bahkan tanpa kamu sadari, kamu akan menemukan cara baru pada saat mempelajari sesuatu yang baru.

    Mempermudah mendapatkan beasiswa

    Berbagai persyaratan diajukan oleh berbagai institusi pendidikan ketika mereka membuka lowongan beasiswa. Penguasaan terhadap bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, atau Bahasa Jepang, tentu saja akan menarik perhatian mereka. Ini akan menjadi nilai lebih dari kemampuan lain yang kamu miliki.

    Stay up-to-date

    Tentu saja, kamu tidak akan ketinggalan zaman dengan kemajuan berbagai hal di seluruh dunia, seperti fashion, musik, teknologi, ilmu pengetahuan, dan semacamnya. Sebab, tidak ada yang menghalangi kamu untuk dapat memahami berita-berita terbaru yang terjadi di berbagai negara, bila kamu menguasai bahasa asing.

    Menghargai perbedaan

    Menguasai bahasa asing Foto: themcc.com

    Mempelajari bahasa asing akan membuatmu turut memahami sedikit demi sedikit budaya dari tempat bahasa tersebut berasal. Dengan begitu, kamu pun akan memiliki jiwa tenggang rasa yang besar terhadap perbedaan kultur.

    Meningkatkan kepercayaan diri

    Ternyata menguasai bahasa asing dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu. Terutama pada saat berhadapan dengan teman yang menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia. Kamu akan lebih pede untuk ngobrol panjang lebar dengannya atau mungkin tak malu untuk mulai mengajaknya pergi bersama.

    Pesan makanan apa pun yang kamu mau

    Menguasai bahasa asing Foto: cook-wise.com

    Pergi makan ke restoran kuliner asing? Tidak jadi masalah karena kamu dapat membaca menunya yang menggunakan bahasa asing. Sebenarnya, bila kamu perhatikan, menu makanan tersebut terlihat familiar bila kamu artikan ke dalam Bahasa Indonesia. Namun, karena penulisannya menggunakan bahasa asing, menunya pun terkesan asing bagi kamu.

    Meningkatkan pengalaman traveling

    Lebih asik traveling ke Jerman ketika kamu telah menguasai atau mempelajari Bahasa Jerman. Kamu tidak akan takut tersesat bila berjalan-jalan sendirian atau bahkan membantumu pada saat tawar menawar dengan pedagang setempat.

    Memahami keindahan lirik lagu

    Menguasai bahasa asing Foto: lessonsinyourhome.net

    Jangan sampai ketika menyanyikan sebuah lagu berbahasa asing, kamu hanya sekedar melafalkannya saja tanpa tahu artinya. Padahal, ketika kamu memahami arti dari lirik lagu tersebut, kamu pasti akan lebih meresapi keindahan lagunya secara keseluruhan.

    Meningkatkan kreativitas

    Hal ini terjadi karena pada saat kamu berusaha untuk mengingat bahasa asing, kamu akan mengerahkan segala daya pikirmu untuk menemukan keberhasilan. Kamu akan mulai mencatat kata yang sudah diingat atau pun melatih percakapan menggunakan bahasa asing dengan lawan bicaramu.

    Bahasa ‘kode’ juga bahasa asing

    Ingatkah kamu ketika tren bahasa ‘G’ muncul? Bagi kamu yang tidak mengerti, mungkin akan mendengarnya seperti bahasa asing. Padahal ada ‘kode’ tersendiri yang terdapat dalam Bahasa Indonesia yang digunakan. Kuncinya adalah menyisipkan huruf G pada setiap pemenggalan katanya. Nah, kamu bisa menciptakan bahasa ‘kode’ sendiri? Tentu saja ini akan menjadi rahasia antara kamu dan temanmu saja.

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Hiburan

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru